Contoh Jaringan LAN yang Memiliki Cakupan Wilayah Lokal

Contoh Jaringan LAN
pixabay.com

Contoh jaringan LAN merupakan beberapa jaringan yang mencakup wilayah terbatas. Salah satu jaringan komputer ini memiliki manfaat yang penting dalam kehidupan sehari-hari. Banyak orang yang memanfaatkan jaringan baik dengan kesadaran ataupun tidak. Walaupun begitu, bagi orang awam belum mengetahui keberadaan salah satu jaringan komputer yang bermanfaat ini.

Contoh Jaringan LAN, Kelebihan dan Kekurangannya

Saat ini telah dikenal banyak jaringan komputer yang memiliki peran penting untuk setiap pengguna. Salah satu yang umum digunakan yaitu jenis LAN atau Local Area Network. Jaringan ini hanya akan mencakup wilayah lokal atau terbatas saja.

LAN merupakan sebuah sistem komunikasi komputer yang memiliki jarak dengan batasan tertentu. Umumnya jarak jaringan ini hanya beberapa kilometer saja dan tidak terlalu jauh. Jaringan komputer dengan cakupan wilayah terbatas ini menggunakan koneksi high speed antara 2 sampai 100 mbps.

Setiap komputer memiliki akses sumber daya yang terdapat pada LAN sesuai dengan pengaturan sebelumnya. Jaringan komputer ini bisa memungkinkan setiap pengguna untuk bertukar data menggunakan sebuah printer secara bersama dalam satu waktu. Sehingga ketika menerapkan teknologi ini tidak perlu menghubungkan komputer atau lainnya menggunakan kabel.

Contoh Jaringan

Jaringan LAN umum digunakan untuk berbagai kebutuhan dalam setiap harinya. Banyak yang menggunakan jaringan ini untuk menemani kegiatan sehari-hari tanpa mereka sadari. LAN memiliki cakupan di wilayah lokal atau terbatas, jaringan komputer ini akan membuat seseorang terpenuhi kebutuhannya.

Banyak yang menggunakan jaringan lokal pada berbagai wilayah seperti jaringan komputer perkantoran, rumah, sekolah, sampai rumah sakit. Contoh jaringan LAN banyak ditemukan dalam kegiatan sehari-hari yaitu seperti internet, sharing data, telepon, sambungan laptop atau PC ke televisi, sampai setting router atau access point. Kehadiran jaringan ini bisa membantu setiap orang memenuhi kebutuhan mengenai jaringan komputer.

Kelebihan Jaringan LAN

Jaringan LAN memiliki kelebihan yang bisa membuat pengguna merasa untung. Walaupun hanya mencakup area lokal saja dan umumnya terbatas, jenis jaringan ini memiliki beberapa kelebihan. Berikut ini merupakan beberapa kelebihan jaringan LAN:

  1. Bisa berbagai sumber daya pada setiap komputer dan koneksi dalam waktu yang cepat.
  2. Tidak membutuhkan operator telekomunikasi dalam pembuatan jaringan.
  3. Tidak memerlukan biaya besar karena hanya mencakup area kecil.
  4. Tidak membutuhkan perangkat yang mahal seperti satelit.
  5. Sifat data terpusat yang hanya tersimpan pada suatu komputer server.

Kekurangan Jaringan LAN

Tidak hanya kelebihan saja contoh jaringan LAN juga memiliki beberapa kekurangan. Dengan beberapa kekurangan tersebut bukan berarti membuat jenis jaringan komputer ini tidak bisa memenuhi kebutuhan para penggunanya. Berikut ini merupakan beberapa kekurangan dari jaringan LAN:

  1. Memiliki area koneksi yang terbatas.
  2. Jika terjadi masalah padahal komputer server utama akan berdampak pada seluruh jaringan.
  3. Memiliki tingkat keamanan rentan karena bisa diakses setiap pengguna.

Ideal untuk Penggunaan Pribadi

Jaringan komputer LAN memang ideal apabila digunakan untuk pribadi. Hal ini sesuai dengan cakupan wilayah jaringan yang hanya terbatas. Apabila menggunakan jaringan pribadi, maka para pengguna bisa merasakan berbagai kelebihan yang menguntungkan.

Misalnya di wilayah rumah, penggunaan jaringan LAN akan cocok karena pengelolaan melalui administrator lokal. Apabila pengguna tidak banyak juga memungkinkan akses pertukaran data lebih maksimal.

Itulah beberapa contoh jaringan LAN dalam penggunaan sehari-hari. Jaringan LAN hanya mencakup area yang terbatas dalam jangkauan. Walaupun begitu jaringan ini penting untuk memenuhi kebutuhan pada wilayah rumah, sekolah, sampai perkantoran.