Tekno  

Cara Membuat Email Baru di Laptop Anti Ribet

Cara Membuat Email Baru di Laptop
pixabay.com

Cara membuat email baru di laptop ternyata tidak sesulit yang kita bayangkan. Sarana komunikasi era sekarang ini banyak yang menggunakan media digital salah satunya email. Email merupakan sarana komunikasi yang praktis dan efektif untuk surat menyurat. Email sendiri disebut dengan surat elektronik yang pengirimannya bisa menggunakan komputer, tablet, maupun smartphone dengan koneksi internet.

Cara Membuat Email Baru di Laptop dengan Mudah

Sebelum kita membahas lebih lanjut mengenai bagaimana membuat email baru di laptop, terlebih dahulu bisa harus tahu apa fungsi dan manfaat email itu sendiri. Email berfungsi untuk membantu beraneka ragam pekerjaan pengguna, terutama berhubungan dengan komunikasi. Beberapa fungsi tersebut seperti:

Mengirim undangan penting. Pengguna email dapat mengirim pengumuman penting untuk  penyelenggaraan suatu acara. Selain itu, email juga bisa bermanfaat untuk mengirim dan menerima file. Misalnya berbagai jenis dokumen digital seperti foto, video, dan data lainnya.

Mengirim notifikasi pemberitahuan. Menerima kode verifikasi akun yaitu, menerima link verifikasi email untuk memastikan kebenaran suatu alamat setelah perubahan data atau pada saat pendaftaran.

Manfaat lain dari email yaitu bisa digunakan untuk memasarkan produk ke konsumen, sering disebut dengan email marketing. Email Marketing sangat membantu untuk mendapatkan informasi penawaran tentang produk terbaru. Begitu banyaknya manfaat email tak jarang orang-orang mempunyai tidak hanya satu email saja.

Membuat Email di Gmail Laptop

Meskipun pembuatan email di laptop sangat mudah, tetapi ada sebagian orang yang masih kesulitan. Simak beberapa langkah untuk mempermudah cara membuat email baru di laptop.

Buka browser terlebih dahulu kemudian kunjungi halaman mail.google.com di pencarian. Selanjutnya, isi nama depan dan belakang, terutama email dan sandi pada kolom-kolom yang tersedia.  Apabila sudah terisi langsung klik berikutnya. Google akan menampilkan beberapa pilihan untuk alamat email yang tersedia, bisa memilih nama alamat email yang direkomendasikan google.

Membuat alamat email bisa sesuai dengan keinginan, menggunakan gabungan antara huruf dan angka. Usahakan menggunakan alamat email yang mudah terbaca. Selanjutnya mengisi nomor telepon yang masih aktif, tanggal lahir, serta jenis kelamin. Jika data sudah terisi, maka akan muncul tentang privasi dan persyaratan kemudian klik setuju. Langkah selesai dan sudah bisa menggunakan email sesuai kebutuhan.

Langkah Membuat Email Baru di Yahoo

Langkah pertama login terlebih dahulu ke yahoo.com. Jika sudah klik buat akun, kemudian isi kolom nama baik yang di bagian depan maupun belakang. Tinggal membuat alamat email sesuai yang diinginkan.

Jangan lupa memilih kata sandi berupa huruf, angka, atau simbol agar lebih unik. Tujuannya untuk melindungi keamanan dari akun email akun tersebut. Langkah selanjutnya masukan nomor telepon untuk verifikasi serta pemulihan akun kemudian, masukan tanggal lahir sebagai persyaratan usia membuat akun yahoo ini. Selanjutnya klik lanjutkan dan ikuti petunjuk untuk memverifikasi hp. Selesai dan email baru di Yahoo bisa dipergunakan.

Email Baru di Outlook

Pertama buka outlook.com terlebih dahulu, kemudian memilih Create Free Acount. Membuka alamat email sesuai dengan keinginan bisa outlook.com, Hotmail.com, maupun outlook.co.id.

Berikutnya membuat kata sandi dan masukkan nama depan dan nama belakang. Langkah berikutnya memasukan negara dan tanggal lahir. Selanjutnya memecahkan teka-teki yang menerangkan bahwa pengguna bukan robot dan selesai.

Dari ketiga cara membuat email baru di laptop yang disampaikan diatas, dapat kita ambil kesimpulan bahwa cara yang lebih mudah dan simple itu menggunakan Outlook. Namun kebanyakan orang pada umumnya lebih sering menggunakan gmail. Alasannya, kapasitas penyimpanan gmail besar sehingga pengguna tidak khawatir akan kehabisan ruang penyimpanan. Berikutnya Yahoo, meskipun sudah semakin canggih namun untuk keamanannya mudah diretas.