Gadget  

HP Vivo V30 Pro, Mengusung Performa Tangguh dan Kamera Oke

HP Vivo V30 Pro
gizmochina.com

Vivo kembali merilis smartphone kelas menengah terbaru, yakni HP Vivo V30, yang siap bersaing di pasar internasional. Menurut informasi dari GSM Arena, Vivo V30 akan dipasarkan di 30 negara, termasuk Indonesia. Untuk lebih mengenalnya, berikut adalah spesifikasi dari Vivo V30 yang dapat kita simak.

Performa HP Vivo V30

Vivo V30 telah dikonfirmasi akan menggunakan chipset Snapdragon 7 Gen 3 dari Qualcomm. Chipset ini dianggap sebagai salah satu yang terbaik dan terbaru dalam kategori kelas menengah. Selain itu, chipset ini juga mendukung jaringan internet 5G, menawarkan koneksi yang lebih cepat dan stabil.

Untuk meningkatkan kinerjanya, Vivo V30 akan didukung oleh RAM sebesar 8GB dan 12GB yang tersedia. Adapun memori internalnya memiliki kapasitas yang bervariasi antara 128GB, 256GB, dan 512GB.

Meskipun demikian, belum dapat dipastikan varian mana yang akan tersedia di Vivo V30 untuk pasar Indonesia.

Layar

Vivo V30 membawa sejumlah peningkatan yang signifikan. Smartphone ini menampilkan layar berukuran 6,78 inci dengan tepian melengkung, menggunakan panel AMOLED yang memukau.

Layar Vivo V30 memiliki resolusi sebesar 2800 × 1260 pixel dengan refresh rate 120Hz. Dengan dukungan HDR10+, tingkat kecerahan layarnya mencapai 2.800 nits, sehingga gambar akan tetap jelas bahkan dalam kondisi cahaya matahari yang terik sekalipun. Selain itu, desain lengkung pada layar HP Vivo V30 menambah kesan mewah pada tampilannya.

Kamera

Mari kita bahas bagian kamera yang menjadi daya tarik utama dari Vivo V30. Smartphone ini hadir dengan tiga kamera utama, masing-masing berkekuatan 50MP.

Kamera pertama dengan resolusi 50MP dilengkapi dengan fitur wide angle dan Optical Image Stabilization (OIS) sebagai stabilizer. Menariknya, Vivo V30 juga menjadi smartphone pertama yang dilengkapi dengan sensor OmniVision OV50E.

Kamera kedua dengan resolusi 50MP memiliki fitur ultra-wide angle dan sensor auto fokus yang memastikan kualitas foto yang optimal.

Sementara itu, kamera ketiga dengan resolusi 50MP terletak di bagian depan, dirancang khusus untuk memanjakan pecinta selfie.

Daya

HP Vivo V30 didukung oleh baterai berkapasitas 5.000 mAh yang dilengkapi dengan teknologi fast charging 80W. Menurut pernyataan resmi dari Vivo, teknologi ini mampu mengisi daya dari 0 hingga 100% hanya dalam waktu 48 menit saja. Ini menjadi nilai tambah yang signifikan untuk mendukung semua performa yang ditawarkan oleh perangkat ini.

Fitur

Vivo V30 telah dilengkapi dengan sejumlah fitur tambahan yang memperkaya pengalamannya. Fitur-fitur tersebut meliputi perlindungan tahan debu dan cipratan air dengan sertifikasi IP54, kemampuan Dual SIM, NFC, konektivitas USB Type-C, serta sensor sidik jari di bawah layar. Namun, perlu diperhatikan bahwa Vivo V30 tidak lagi dilengkapi dengan jack audio 3.5mm.

Ketersediaan dan Harga

Vivo V30 hadir dalam empat varian warna yang menarik, masing-masing dengan finishing yang berbeda. Varian Bloom White menampilkan pola kelopak 3D yang dihasilkan dengan mengukir 13 juta garis singgung ke permukaan menggunakan litografi foto. 

Sedangkan varian Waving Aqua menampilkan warna biru kehijauan dengan efek pola riak air pada permukaan kaca. Varian Lush Green memiliki kemampuan berubah warna menjadi rona biru tua di bawah sinar UV, sementara varian Noble Black dilengkapi dengan Fluorite AG Glass.

HP Vivo ini akan hadir di 30 pasar, termasuk India, Indonesia, Thailand, Malaysia, Hong Kong, Singapura, Pakistan, Mesir, dan UEA. Namun, informasi mengenai ketersediaan, harga, dan spesifikasi untuk setiap pasar akan diumumkan nanti oleh Vivo.

Kabarnya, Vivo V30 dengan kode V2318 sudah memenuhi TKDN dan telah lolos uji Postel Kominfo. Selain itu, terdapat satu varian lagi yang akan hadir, yaitu Vivo V30 Pro, meskipun spesifikasinya belum diungkap oleh Vivo.