Perangkat Jaringan Komputer Dukung Proses Transformasi Data

Perangkat Jaringan Komputer
pixabay.com

Perangkat jaringan komputer memiliki peran penting sebagai pendukung proses transformasi data. Keberadaan beberapa perangkat jaringan pada komputer bisa membuat perangkat saling terhubung satu sama lain. Hal ini akan mendukung kebutuhan pengguna komputer dalam berbagai proses pengolahan data. Tanpa adanya perangkat ini mungkin proses pengiriman data tidak akan lancar.

Perangkat Jaringan Komputer dan Fungsinya

Komputer memiliki beberapa perangkat jaringan pendukung yang bisa membuat transformasi data lebih mudah. Alat pendukung untuk menjalankan proses transformasi data ini akan memberikan dukungan pengoperasian komputer data atau terkoneksi dengan internet. Perangkat ini juga akan memberikan dukungan sambungan satu komputer ke komputer lainnya.

Berikut ini merupakan beberapa pendukung perangkat jaringan pada komputer:

Wireless Card

Perangkat jaringan komputer yang pertama yaitu wireless card. Fungsi dari wireles card yaitu dapat menghubungkan dua macam device atau alat tanpa kabel. Keberadaan alat ini juga bisa menghubungkan jual perangkat komputer atau lebih.

Nantinya perangkat komputer tersebut akan saling terhubung melalui jaringan wifi. Saat ini perangkat laptop juga sudah banyak yang mengadopsi wireless card untuk kemudahan penggunaan. Maka dari itu para pemilik laptop tidak perlu membeli wireless card secara terpisah untuk memenuhi kebutuhan.

Router

Router juga memiliki peran penting terhadap komputer yaitu sebagai penghubung dua jaringan ataupun lebih. Melalui router bisa melakukan berbagai data banyak dari satu jaringan ke jaringan lainnya. Perangkat jaringan ini bisa menghubungkan dua jaringan yang berbeda-beda.

Router memiliki cara kerja yang hampir sama seperti bridge. Cara kerja dari perangkat ini yaitu untuk meneruskan data dan membagi pada beberapa bagian dan akan menyatukan bagian jaringan tersebut.

Modem

Modem menjadi salah satu perangkat jaringan komputer yang bisa merubah data sinyal menjadi analog. Nantinya data akan kembali lagi sampai menjadi sinyal digital sehingga bisa membuat komputer berjalan. Apabila modem berubah menjadi sinyal analog dan menjadi bentuk sinyal digital kembali maka modem bisa menghantarkan dalam komputer.

Perangkat jaringan ini bisa membuat komputer terkoneksi dengan internet. Sehingga pemilik komputer bisa melakukan akses berbagai platform yang membutuhkan koneksi internet.

Switch

Switch memiliki fungsi sebagai pembagi server ke jaringan lain. Perangkat switch lebih baik untuk membagi sinyal koneksi daripada perangkat lain. Perangkat ini juga bisa mengatasi sebuah masalah seperti collision pada data atau jika terjadi tabrakan data.

Switch memiliki beberapa kelebihan seperti dalam kecepatan pengiriman data. Perangkat ini juga memiliki jaringan yang lebih luas pada perangkat lain seperti hub. Perangkat jaringan ini juga bisa melakukan filter pada paket data dan meneruskannya ke jaringan tujuan.

Repeater

Perangkat repeater memiliki peran penting untuk membuat sinyal lebih kuat dalam jarak jauh. Repeater juga bisa memperluas jangkauan sinyal wifi sehingga perangkat lain bisa terhubung dengan mudah. Perangkat ini memiliki sistem kerja yaitu dengan menerima berbagai sinyal satu server. Kemudian repeater akan memancarkan sinyal kembali dengan jangkauan yang lebih kuat dan luas.

Proses Transformasi Data Lebih Cepat

Beberapa perangkat jaringan pada komputer bisa membuat proses transformasi data lebih cepat. Dengan beberapa perangkat tersebut para pengguna bisa melakukan pengiriman data lebih cepat tanpa menunggu waktu lama. Selain itu, perangkat juga akan mendukung penggunaan internet yang cepat. Dengan begitu, para pengguna komputer merasa lebih untung apabila menikmati kecepatan dalam proses pengiriman data.

Itulah beberapa perangkat jaringan komputer yang memiliki peran penting dalam penggunaan. Beberapa perangkat tersebut bisa mendukung komputer untuk mengirim data atau terhubung dengan internet lebih baik.