Pengertian Router, Fungsi, Cara Kerja, Jenisnya

Pengertian Router
pixabay.com

Pengertian router pastinya penting untuk kamu ketahui. Router ini memiliki kaitan dengan teknologi saat ini. Khususnya adalah internet.

Nah, pastinya kita harus mengetahui semua atau sebanyak mungkin istilah yang berkaitan dengan Internet. Mengingat internet menjadi salah satu hal yang selalu bersanding dengan kita. Bahkan, saat ini hampir semua orang menggunakan yang namanya internet.

Internet sudah menjadi salah satu kebutuhan. Mengingat, tidak jarang juga orang yang harus bekerja dengan menggunakan internet ini. Bahkan saat ini anak sekolah juga harus selalu mengakses internet untuk kebutuhan pendidikan.

Pengertian Router Penting untuk Kita Ketahui

Dunia teknologi semakin hari memang semakin berkembang. Perkembangannya ini pun tidak bisa dibilang lambat. Perkembangannya terjadi cukup cepat sehingga kita juga harus cepat juga beradaptasi.

Kita harus memahami tentang perkembangan-perkembangan yang ada. Dengan begitu, kita akan mampu mengikuti teknologi terbaru. Jika kita tertinggal sedikit saja bisa membuat kita rugi.

Bahkan dalam belajar pun juga bisa tertinggal. Nah, pastikan kamu mengetahui istilah-istilah yang berkaitan dengan teknologi. Salah satunya adalah dengan memahami pengertian router.

Hal pertama yang bisa kamu ketahui adalah pengertian dari Router ini. Router adalah sebuah perangkat keras pada komputer yang digunakan untuk menghubungkan jaringan komputer. Dalam pengertian lain router ini bisa dibilang sebuah perangkat keras yang menghubungkan jaringan internet dari satu perangkat ke perangkat lainnya.

Fungsi Router

Setelah memahami pengertiannya pastinya kita juga harus memahami fungsi dari Router ini. Router sendiri memiliki banyak fungsi. Fungsinya antara lain adalah menghubungkan beberapa jaringan ke jaringan lainnya,  mentransmisikan data, dan juga menghubungan jaringan lokal dengan koneksi DSL (Digital Subscriber Line).

Cara Kerja

Hal selanjutnya yang bisa kita ketahui adalah cara kerja dari Router ini. Seperti fungsinya, Router ini memang digunakan untuk menghubungkan jaringan. Nah, setidaknya Router harus memiliki dua kartu jaringan atau NIC (Network Interface Car).

Kita ambil contoh ketika kita akan menghubungkan 3 jaringan. Ada dua cara yang bisa kita lakukan, yakni dengan menggunakan dua router yang dipasang secara paralel atau menggunakan 3 router yang langsung dibagi satu-satu. Namun, untuk jaringan yang besar pastinya membutuhkan pengaturan yang lebih kompleks dan rumit.

Jenis

Pengertian Router, fungsi, dan cara kerjanya sudah kita ketahui. Selanjutnya adalah jenis dari Router ini. Pastinya kita harus memahami jenis-jenis dari router agar bisa tepat dalam memilih atau menggunakannya.

Jenis router dibedakan menjadi dua kategori. Yakni, berdasarkan pengaplikasiannya dan berdasarkan mekanismenya. Nah, masing-masing kategori ini juga memiliki jenis yang berbeda-beda.

Berdasarkan pengaplikasiannya router dibagi menjadi 3 jenis. Yakni, Router aplikasi, hardware, dan PC. Router aplikasi yakni adalah aplikasi yang bisa kamu gunakan menjadi sebuah router.

Router hardware yakni hardware yang memiliki kemampuan layaknya router. Sedangkan router PC adalah PC dengan kualitas tinggi dan dimodifikasi sehingga bisa digunakan sebagai router.

Berdasarkan mekanismenya, router ini dibagi menjadi 3 jenis. Yakni Router statis, Dinamis, dan Wireless. Router statis adalah router yang proses routingnya dilakukan secara manual.

Router dinamis adalah router yang proses routing bisa dilakukan secara otomatis. Sedangkan wireless adalah proses yang mengandalkan media udara atau nirkabel.

Nah, itulah pengertian router, fungsi, cara kerja, dan jenisnya. Dengan mengetahui hal ini pastinya wawasan atau ilmu kamu mengenai teknologi sudah semakin banyak. Dengan begitu kamu tidak akan tertinggal dari adanya kemajuan teknologi.