Pengertian Sistem Operasi Jaringan dan Jenis-jenisnya

Sistem Operasi Jaringan
www.istockphoto.com

Jika Anda belajar tentang ilmu komputer, Anda pasti juga akan mengenal tentang apa itu sistem operasi jaringan dan apa saja jenis-jenisnya. Secara pengertian sistem operasi merupakan interaksi antarmuka antara perangkat keras, seperti komputer, dengan pengguna.

Sistem operasi inilah yang biasanya kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari, terutama dalam kegiatan multimedia dan telekomunikasi. Sebagai contoh, sebuah perangkat komputer dapat saling terhubung dan berkomunikasi satu sama lain untuk bertukar data, berbagi informasi, dan lain sebagainya. Hal tersebut dapat terjadi karena pemanfaatan dari peranan sistem operasi ini.

Seputar Sistem Operasi Jaringan

Sistem operasi jaringan adalah suatu sistem sumber daya yang ada pada sistem komputer dan menyediakan serangkaian pengaturan ke pengguna sehingga memudahkannya untuk mengakses berbagai perangkat yang terhubung dalam jaringan tersebut. Sederhananya, sistem ini menghubungkan berbagai jenis perangkat agar bisa berinteraksi satu sama lain.

Selain itu, sistem ini merupakan perantara untuk menghubungkan perangkat gadget dengan jaringan internet, yakni HTTP dan DTS. Dalam kata lain, tanpa sistem ini kita juga tidak akan bisa mengakses atau mengoperasikan sebuah perangkat.

Sistem ini juga berfungsi sebagai pengendali sumber daya jaringan sebuah perangkat. Bahkan, dengan sistem ini pengguna bisa terhubung dengan jaringan internet dengan keamanan yang terjamin. Sistem ini menawarkan back up data atau penyimpanan data sehingga pengguna bisa dengan mudah untuk mengaksesnya kembali.

Jenis Sistem Operasi Jaringan

Perlu Anda ketahui, sistem ini terbagi ke dalam dua kategori, yaitu sistem yang berbasis text dan grafis. Untuk sistem yang berbasis text atau Command Line Interface (CLI) merupakan sistem operasi yang menampilkan antarmuka berupa angka, huruf dan karakter khusus. Sementara, sistem yang berbasis grafis atau Graphical User Interface (GUI) merupakan sistem operasi yang menggunakan grafis sebagai dasar pengoperasiannya.

Adapun beberapa jenis sistem operasi jaringan yang perlu Anda ketahui adalah sebagai berikut:

Windows

Windows merupakan salah satu sistem yang sering digunakan hampir setiap orang di dunia. Hal ini karena sistem ini dinilai memiliki pengoperasian yang sangat mudah dan ramah pengguna.

Sebagai informasi, Windows merupakan hasil pengembangan dari Ms-DOS yang termasuk dalam kategori sistem berbasis grafis. Windows juga memiliki berbagai versi meliputi, Windows 7, Windows 8, Windows 10, Windows Vista, dan Windows XP.

Novell Netware

Sistem operasi besutan Novel ini menggunakan protokol Xerox XNS dalam pengoperasiannya. Dulu, sistem ini lebih populer dengan sebutan NOS. NOS memiliki dasar kerja berupa file sharing yang menggunakan layanan modul file dan pencarian lokasi fisik yang pada server.

MAC

Setiap mendengar istilah ini Anda mungkin akan langsung mengaitkannya dengan produk raksasa teknologi, Apple. Ya, memang MAC merupakan sistem operasi jaringan khusus untuk rangkaian produk keluaran Apple Computer.

MAC atau Macintosh Operating System juga termasuk dalam kategori sistem berbasis grafis. Selain terkenal karena kestabilan dan ketangguhannya mencegah malware, MAC juga dapat melakukan berbagai perintah dalam satu waktu dengan lancar.

Linux

Hampir sama dengan Windows dan MAC, Linux juga masih termasuk dalam jajaran sistem berbasis grafis. Sistem operasi besutan UNIX yang satu ini memiliki banyak peminat karena ketahanannya yang tangguh terhadap serangan Malware. Biasanya, Linux banyak digunakan sebagai sistem pada sebuah lembaga pendidikan atau perusahaan.

Free BSD

Berikutnya ada Free BSD yang merupakan salah satu sistem operasi dari UNIX. Pemakaian sistem ini khusus untuk menyediakan berbagai jenis software. Sistem ini merupakan ciptaan David Greenman pada tahun 1993.

Itulah pembahasan seputar apa itu sistem operasi jaringan lengkap dengan jenis-jenisnya. Masing-masing jenis sistem operasi tersebut merupakan yang paling populer dan banyak digunakan dari zaman dahulu hingga sekarang ini.