Gadget  

Dampak Buruk Pengguna Gadget yang Berlebihan

Dampak Buruk Pengguna Gadget yang Berlebihan
pixabay

Dampak buruk pengguna gadget yang akan timbul bermacam-macam, hal tersebut sesuai dengan tingkat pemakaian. Gadget di era sekarang ini menjadi salah satu perangkat penting yang hampir semua orang di dunia memilikinya. Gadget merupakan perangkat alat canggih.

Istilah gadget berasal dari bahasa Inggris memiliki arti perangkat elektronik kecil yang mempunyai fungsi khusus dan selalu mengalami perubahan. Dalam bahasa Indonesia gadget disebut dengan gawai.

Seiring berkembangnya teknologi di dunia ini, gadget selalu berubah dengan teknologi yang semakin maju. Perkembangan gadget inilah menjadi salah satu faktor utama pengguna gadget untuk kebutuhan sehari-hari yang semakin meningkat dan berhubungan dengan media sosial.

Teknologi gadget ini mempermudah seseorang untuk melakukan berbagai aktivitas yang berhubungan dengan jaringan internet. Karena bisa menggunakan bermacam-macam aplikasi sesuai dengan kebutuhan.

Pembahasan sejarah dari perangkat handphone, dahulu belum dikenal dengan istilah handphone karena perangkat komunikasi ini masih menggunakan kabel telephone. Sekarang dinamakan dengan istilah Walkie Talkie. Walkie Talkie merupakan alat komunikasi genggam dua orang atau lebih dengan bantuan gelombang radio.

Kemajuan teknologi era sekarang ini sangat mempengaruhi kehidupan, gadget memudahkan kita dalam melakukan komunikasi maupun menyelesaikan pekerjaan dan kebutuhan lainnya. Dalam artian tidak bisa jauh dari gadget yang sekarang lebih dikenal dengan handphone.

Memang dengan kemudahan tersebut tak jarang menyebabkan dampak buruk bagi pengguna karena menggunakan terlalu lama. Apa saja dampak buruk tersebut, simak ulasan berikut ini

Dampak Buruk Pengguna Gadget Karena Pemakaian Berlebihan

Berikut merupakan dampak buruk pengguna gadget jika pada pemakaiannya terlalu berlebihan

1. Kepala Pusing dan Mual

Terlihat sepele namun karena terlalu lama melihat layar handphone akan memperburuk penglihatan sehingga mengakibatkan pusing. Sering disebut dengan screen headache.

2. Pegal-Pegal

Biasanya rasa pegal ini timbul di bagian sekitar pelipis, alis, dan leher. Meskipun rasa pegal ini seringkali diabaikan, namun jika dibiarkan saja akan menimbulkan dampak yang sangat buruk.

3. Gangguan Penglihatan

Seringkali terjadi penglihatan buram dan tidak jelas, mata terasa sakit, serta berair jika berlebihan menggunakan gadget.

4. Berdampak Buruk pada Anak-Anak

Meskipun gadget dapat membantu anak-anak dalam perkembangan motorik halusnya, namun juga harus diperhatikan sisi negatif jika menggunakan terlalu lama. Lebih banyak menghabiskan waktu untuk bermain gadget dengan game online atau game lainnya hingga lupa waktu, maka bisa mengakibatkan rabun jauh pada anak. Siasati dengan memberikan batasan waktu untuk anak-anak bermain handphone demi kesehatan.

Penggunaan gadget memang sangat penting untuk memudahkan dalam pekerjaan maupun ilmu pengetahuan semakin luas, tetapi harus bijak dalam menggunakan gadget dan memperhatikan kesehatan. Itulah dampak buruk pengguna gadget yang ditimbulkan jika pemakaian tidak sesuai atau berlebihan.

Gadget dalam Kehidupan Sehari-hari

Apa saja sih yang termasuk jenis gadget? berikut beberapa contoh gadget beserta fungsinya.

1. Handphone

Tentu saja handphone menjadi salah satu gadget yang sangat penting dan populer di kalangan masyarakat.

2. Laptop

Laptop memiliki fungsi yang hampir sama dengan handphone, berfungsi sebagai informasi, wawasan dan memudahkan pekerjaan-pekerjaan yang berhubungan dengan media sosial.

3. Modem

Gadget satu ini semakin dibutuhkan orang untuk mengakses internet yang mudah dan efisien dibawa dengan mudah di berbagai tempat.

4. Televisi

Jangan salah, gadget tidak hanya handphone maupun laptop, televisi juga termasuk gadget. Televisi juga berpengaruh negatif dan positif dalam kehidupan sehari-hari jika penggunaannya tidak tepat.

Demikian beberapa informasi tentang gadget pengertian, jenis, fungsi, serta dampak buruk pengguna gadget yang akan terjadi. Sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa gadget memang sangat penting untuk menambah wawasan serta ilmu jika kita menggunakan dengan bijaksana.
Sebaliknya, gadget akan menimbulkan bahaya bagi kesehatan kita jika penggunaannya asal-asalan. Gunakan gadget sebagaimana mestinya agar terhindar dari dampak buruk yang mempengaruhi kesehatan.