Gadget  

Cara Mengetahui Aplikasi yang Boros Baterai di Ponsel Android

Cara Mengetahui Aplikasi yang Boros Baterai
pixabay.com

Cara mengetahui aplikasi yang boros baterai bisa dilakukan dengan mudah melalui beberapa langkah di bawah ini. Pada HP Android terdapat beberapa aplikasi yang pengguna install untuk memenuhi kebutuhan. Bahkan di dalam HP Android juga sudah menjadi hal wajar apabila terdapat aplikasi yang memiliki ukuran besar. Keberadaan aplikasi tersebut bisa untuk memenuhi kesibukan harian dengan memanfaatkan ponsel.

Cara Mengetahui Aplikasi yang Boros Baterai dengan Akurat

Seiring penggunaan ponsel yang meningkat setiap harinya mungkin bisa membuat baterai menjadi lebih boros. Apalagi ketika terdapat beberapa aplikasi yang mendukung partai menjadi terkuras banyak.

Pada HP Android juga umumnya terdapat beberapa aplikasi yang bisa menguras baterai sehingga bisa menghambat aktivitas. Aplikasi bisa menguras daya baterai pada ponsel karena berjalan pada latar belakang atau fitur yang terus aktif.

Hal ini tentu bisa membuat baterai semakin cepat habis walaupun penggunaan ponsel jarang. Baterai yang boros juga bisa memberikan dampak negatif pada ponsel itu sendiri. Baterai HP boros bisa membuat masa pakai semakin menurun sehingga komponen mudah rusak.

Tidak perlu khawatir, terdapat beberapa langkah untuk memeriksa aplikasi yang membuat daya terkuras seperti berikut ini:

Cek Melalui Pengaturan

Cara mengetahui aplikasi yang boros baterai pertama yaitu bisa melalui menu Pengaturan. Pada ponsel Android tentunya terdapat menu Pengaturan yang bisa pengguna manfaatkan untuk mengatur beberapa hal termasuk aplikasi.

Melalui menu ini para pengguna bisa melakukan cek aplikasi yang boros baterai. Cara caranya mudah yang perlu mengikuti langkah seperti berikut ini:

  1. Langkah pertama, bukalah menu Pengaturan pada ponsel Android terlebih dahulu.
  2. Apabila menu Pengaturan sudah berhasil terbuka, scroll ke bawah dan pilih menu apps.
  3. Kemudian klik salah satu aplikasi yang ingin Anda cek pemakaian baterainya.
  4. Selanjutnya para pengguna bisa menemukan opsi usage pemakaian data, baterai, memori, sampai penyimpanan.
  5. Setelah itu, lihat pada rincian pemakaian baterai pada aplikasi tersebut.

Cek Melalui Fitur Baterai Usage

Pada ponsel Android umumnya sudah memiliki fitur baterai usage yang bisa dimanfaatkan pemilik. Pemilik ponsel bisa memanfaatkan fitur ini untuk melihat data kita aplikasi yang telah menggunakan daya baterai tertinggi.

Hal ini tentu menguntungkan untuk mengatasi baterai boros dengan segera uninstall aplikasi. Berikut ini merupakan cara mengetahui aplikasi yang boros baterai melalui fitur baterai usage:

  1. Pertama bisa langsung membuka menu pengaturan pada HP Android.
  2. Selanjutnya scroll ke bawah dan pilih menu baterai and device care. Setiap HP Android memiliki opsi yang berbeda-beda sehingga bisa menyesuaikan.
  3. Kemudian pilih menu baterai, lalu klik opsi Usage Since Last Full Charge.
  4. Setelah itu akan muncul daftar aplikasi yang menggunakan baterai paling banyak. Pada halaman ini pemilik ponsel juga bisa melihat durasi pemakaian aplikasi setiap harinya.

Jangan Gunakan Ponsel Secara Berlebihan

Supaya baterai ponsel tetap hemat, maka bisa menggunakannya sesuai dengan kebutuhan saja. Sebaiknya jangan menggunakan ponsel secara berlebihan bahkan sampai tidak ingat waktu. Apalagi jika melakukan kegiatan yang tidak penting maka hanya membuang-buang waktu saja.

Menggunakan ponsel sesuai kebutuhan juga bisa menjaga performa tidak hanya hemat daya saja. Performa ponsel bisa tetap hemat sehingga penggunaan lebih nyaman.

Itulah beberapa cara mengetahui aplikasi yang boros baterai pada ponsel Android. Setelah mengetahui aplikasi yang menggunakan daya paling banyak bisa segera melakukan uninstall supaya baterai ponsel tetap awet. Dengan begitu, tidak perlu khawatir lagi baterai boros karena aplikasi terlalu menguras daya.