Cara Menggunakan WiFi Repeater, Menambah Jangkauan WiFi

Cara Menggunakan WiFi Repeater
pixabay.com

Cara menggunakan WiFi repeater sebenarnya cukup mudah dan tidak memakan waktu yang lama. WiFi repeater sendiri merupakan suatu alat yang berfungsi menambah jangkauan sinyal router WiFi. Alat ini akan menangkap sinyal dari router WiFi lalu menyebar kembali sinyal tersebut ke area yang lebih luas dan jauh lagi.

Dengan penggunaan alat ini maka sinyal WiFi bisa menjangkau pengguna yang jaraknya jauh sekalipun. Sehingga pengguna tidak perlu repot mendekat ke router agar bisa mendapat sinyal WiFi yang bagus. Hal itu tentunya cukup menguntungkan baik memasang repeater di rumah sendiri, maupun di tempat umum yang luas.

Repeater memungkinkan semua orang di rumah maupun di tempat umum mendapatkan sinyal WiFi meskipun lokasinya jauh atau terhalang dari router. Mereka bisa lanjut internetan menggunakan WiFi tanpa menemui masalah sinyal hilang yang pasti menyebalkan. Dengan begitu pun kenyamanan pengguna semakin meningkat.

Cara Menggunakan WiFi Repeater dengan mudah

Untuk menggunakan WiFi repeater sebenarnya bisa berbeda antara satu merek dengan merek lainnya. Meskipun begitu biasanya cara untuk memasang dan menggunakannya tidak jauh berbeda. Nah, berikut ini adalah cara memasang WiFi repeater secara umum yang bisa diterapkan dengan mudah dan cepat.

  • Pertama siapkan WiFi repeater yang bagus dan bisa berfungsi dengan baik.
  • Pasanglah WiFi repeater tersebut pada stop kontak. Pastikan jika jarak WiFi repeater tersebut berada di area tengah antara router WiFi dan juga jarak maksimal jangkauan WiFi. Dengan begitu, repeater masih bisa menerima sinyal dengan baik. Jangan sampai jaraknya terlalu jauh sehingga repeater sulit bahkan tidak menerima sinyal WiFi.
  • Cara menggunakan WiFi repeater selanjutnya buka browser pada laptop dan masuklah ke alamat IP addressnya.
  • Setelah berhasil masuk maka login terlebih dahulu.
  • Jika sudah berhasil login maka akan terlihat menu bertuliskan “Repeater”, klik menu tersebut.
  • Selanjutnya akan muncul menu Wireless Repeater Mode, pilihlah “Select” dan masukkan nama serta password WiFi lalu klik “Apply”.
  • Selesai, WiFi repeater akan berfungsi dan bisa digunakan.

Setelah mengatur WiFi Repeater, maka cobalah untuk menghubungkan perangkat lain ke WiFi repeater. Lalu cek apakah koneksi WiFi-nya lancar atau tidak. Jika lancar maka WiFi repeater sudah siap digunakan. Jika dalam mengatur repeater terjadi masalah maka cobalah reset WiFi repeater dan mengaturnya kembali dengan benar.

Kapan Penggunaan WiFi Repeater yang Tepat?

Meskipun cara menggunakan WiFi repeater mudah namun bukan berarti kita bisa menggunakannya sembarangan. Sebab alat ini sebenarnya bisa mengurangi bandwidth WiFi asli sampai 50 persen sehingga lebih lembat. Ada beberapa kondisi yang mana sebaiknya kita baru bisa mempertimbangkan untuk menggunakan WiFi repeater.

Misalnya ketika memasang WiFi di rumah dan ingin memperluas jangkauannya hingga ke dapur, taman belakang, maupun area lainnya maka bisa menggunakan alat ini. Kemudian ketika router WiFi dan pengguna terhalang oleh tembok yang tebal sehingga penerimaan sinyal perangkat lemah, maka juga bisa menggunakan repeater.

Kondisi lain yang bisa menggunakan WiFi repeater yaitu ketika lokasi pengguna berada di dead spot area yang tidak terjangkau oleh sinyal router WiFi atau sinyalnya lemah. Dengan penggunaan WiFi Repeater maka berbagai masalah di atas bisa terselesaikan dan perangkat bisa menerima sinyal WiFi yang kencang dengan mudah.

Cara menggunakan WiFi repeater tentu sangat mudah dan akan sangat bermanfaat jika menggunakanya ketika mengalami kondisi tepat. Dengan bantuan alat ini maka banyak orang akan terbantu dan bisa memanfaatkan WiFi dengan lebih maksimal serta nyaman.