Aplikasi Al Quran 30 Juz yang Lengkap untuk Smartphone

Aplikasi Al Quran 30 Juz yang Lengkap untuk Smartphone
unsplash

Aplikasi Al Quran 30 Juz menjadi sebuah inovasi pada aspek keagamaan di era digital. Hadirnya aplikasi tersebut tentu sangat memberi kemudahan para umat muslim. Terutama dalam memfasilitasi aktivitas membaca Al Quran yang jauh lebih praktis dan mudah. Sehingga pengguna di berbagai kalangan dapat membacanya kapanpun dan dimanapun mereka berada.

Rekomendasi Aplikasi Al Quran 30 Juz Lengkap dengan Terjemahan

Al Quran adalah kitab suci agama Islam yang menjadi petunjuk hidup bagi seluruh umat muslim di seluruh dunia. Seiring berkembangnya teknologi, saat ini hadir Al Quran digital yang bisa diinstal di smartphone. Bahkan aplikasi ini menyediakan teks arabic dan terjemahan secara lengkap. Berikut ini beberapa rekomendasi Al Quran digital yang tersedia di market app Android maupun iOS.

Al Quran Indonesia

Aplikasi ini tersedia secara gratis untuk ponsel Android maupun iOS. Memiliki terjemahan dalam bahasa Indonesia. Sehingga memudahkan pengguna untuk mempelajari tiap ayatnya.

Lalu ada fitur tajwid warna yang dapat berfungsi untuk pelafalan hukum bacaan yang lebih tepat. Selain memiliki fitur fungsional, aplikasi ini juga memungkinkan pengguna dapat menggunakannya dalam keadaan offline. Sehingga pengguna tidak perlu khawatir ketika sedang tidak terkoneksi dengan internet. Aplikasi ini juga menyediakan jadwal sholat dan penentuan arah kiblat.

Qur’an Kemenag

Aplikasi Al Quran 30 Juz ini merupakan produk resmi dari Kementerian Agama Republik Indonesia. Untuk tulisan ayatnya memakai Mushaf Standar Indonesia.

Aplikasi Al Quran ini menyediakan tafsir ringkas dan tafsir tahlili. Sehingga pengguna bisa mempelajari secara lebih detail.

Kemudian ada pula Asbabun Nuzul yang memberikan uraian latar belakang dari turunnya ayat-ayat tertentu. Aplikasi Qur’an Kemenag ini juga menyediakan kalender Hijriyah dan jadwal sholat lengkap.

QuranBest

Aplikasi Al Quran yang satu ini memiliki banyak fitur-fitur menarik. Pertama, pengguna dapat memilih berbagai format mushaf. Lalu ada jadwal sholat dan kalender Hijriyah yang lengkap.

Untuk pengingat waktu sholat, ada juga fitur adzan dengan nada yang bisa pengguna pilih sesuai preferensi. Tidak absen pula kompas arah kiblat untuk memastikan arah sholat yang tepat.

Tidak sampai di situ saja, masih ada fitur infaq yang memudahkan pengguna untuk bersedekah. Lebih unik lagi, tersedia fitur interaktif bagi pengguna yang ingin bersilaturahmi secara virtual. Fitur grup ini memungkinkan pengguna untuk saling berkomunikasi dengan pengguna lainnya.

My Quran

Aplikasi Al Quran 30 Juz ini menjadi salah satu karya anak bangsa yang populer. Sempat mendapatkan penghargaan dari Wakil Presiden RI tahun 2016 silam.

Saat ini sudah tersedia baik di Google Play Store dan App Store. Menariknya, pengguna tetap dapat menggunakannya meskipun tanpa koneksi internet.

Layaknya aplikasi Al Quran lainnya, My Quran juga menyediakan fitur jadwal dan waktu sholat lengkap. Untuk tampilannya, aplikasi ini bisa disesuaikan dengan preferensi pengguna. Tersedia pula fitur MyDoa yang merupakan kumpulan berbagai doa-doa sehari-hari.

Muslim Pro

Aplikasi ini sudah terunduh dari Google Play Store sebanyak lebih dari 100 juta kali. Selain memberikan terjemahan lengkap, aplikasi ini juga bisa melantunkan murotal bacaan Al Quran.

Aplikasi ini juga menyediakan banyak pilihan bahasa seperti Inggris, Belanda, Melayu, Turki, mandarin, Jepang, Rusia, Thailand, dan masih banyak lagi. Ada pula fitur kalkulator zakat yang berfungsi untuk menghitung besaran zakat yang harus pengguna bayar.

Itulah beberapa rekomendasi aplikasi Al Quran 30 Juz yang lengkap. Selain memiliki terjemahan dan tanda baca interaktif, berbagai aplikasi juga menyediakan banyak fitur menarik. Sehingga sangat memudahkan pengguna untuk menjalankan ibadah sehari-hari dengan praktis.