Tekno  

Backup WhatsApp Dilindungi Lho!

Di tengah kontroversi kebijakan privasi terbarunya, WhatsApp terus mengembangkan fitur baru untuk meningkatkan keamanan penggunanya. Aplikasi messaging itu dilaporkan sedang mengembangkan fitur yang bisa melindungi backup percakapan di cloud menggunakan password.

Dengan fitur ini, percakapan yang dicadangkan di cloud akan terlindungi oleh enkripsi dan bisa diakses menggunakan password.

Fitur ini pertama kali ditemukan oleh WABetaInfo yang sering membocorkan fitur-fitur terbaru WhatsApp. WABetaInfo sebenarnya telah melaporkan keberadaan fitur ini sejak tahun lalu, tapi kali ini cara kerjanya terungkap dengan lebih jelas.

“Untuk mencegah akses tidak berizin ke backup iCloud Drive, Anda bisa mengatur password yang digunakan untuk mengenkripsi backup . Password akan dibutuhkan ketika Anda memulihkan backup,” tulis salah satu screenshot, seperti dikutip dari The Verge, Selasa (9/3/2021).

WhatsApp kemudian meminta pengguna untuk memasukkan nomor telepon yang digunakan dan memasukkan password dengan panjang minimal delapan karakter. WhatsApp juga mengingatkan pengguna bahwa mereka tidak bisa membantu memulihkan password jika pengguna lupa.

Meski percakapan di WhatsApp dilindungi dengan enkripsi end-to-end, perlindungan ini tidak mencakup data yang dicadangkan di Google Drive atau iCloud.

Begitu data di-backup dan masuk ke server cloud, keamanannya menjadi tanggung jawab penyedia layanan cloud. Penegak hukum pun bisa mengakses data WhatsApp yang telah disimpan di cloud jika memiliki surat izin untuk menggeledah.

Dengan menambahkan enkripsi di backup menggunakan password yang hanya diketahui pengguna berarti secara teori akan mencegah orang lain untuk mengakses riwayat percakapan WhatsApp kalian tanpa izin.

Selain perlindungan untuk backup di cloud, WABetaInfo juga melaporkan backup lokal di Android akan kompatibel dengan update baru ini. Artinya pengguna bisa menggunakan password untuk melindungi backup yang disimpan secara lokal di ponsel Android.