Tekno  

File Adalah, Berikut Pengertian dan Contoh Jenisnya

File Adalah
pixabay.com

File adalah salah satu istilah yang cukup sering kita gunakan dan juga ucapkan untuk menyebutkan berbagai hal hampir pada setiap harinya. Apalagi kata file memang bisa berhubungan dengan banyak hal yang ada di sekitar kita seperti file komputer, file dokumen perusahaan, file video, file gambar dan berbagai file lainnya.

File sendiri merupakan kata Bahasa Inggris yang dalam bahasa Indonesia berarti data, berkas atau catatan jika melihatnya sebagai kata benda. Namun juga melihatnya sebagai kata kerja maka file memiliki arti mengajukan atau menyimpan. Namun di Indonesia sendiri file lebih merujuk pada data, berkas dan juga catatan.

Meskipun sering menggunakan kata file dalam berkomunikasi, namun beberapa orang termasuk Anda mungkin masih belum memahami dengan pasti apa arti sebenarnya dari file. Hal tersebut juga yang akhirnya membuat banyak orang merasa penasaran. Karenanya berikut akan kita bahas mengenai pengertian file.

File Adalah, Berikut Pembahasan Pengertiannya

Secara umum, pengertian file yaitu kumpulan informasi dan data yang saling berhubungan dan tersimpan dalam ruang penyimpanan sekunder. Arti lainnya dari sebuah file yaitu arsip atau data yang tersimpan dalam komputer. Selain itu ada pula beberapa pengertian lain mengenai file dari beberapa ahli di bidang ilmu komputer.

Misalnya yaitu menurut Hendrayudi, file merupakan data yang tersimpan di dalam media yang memiliki informasi besar mengenai file termasuk tanggal dan jam penyimpanan, nama, atribut serta ciri file tersebut. Menurut Edi S. Mulyanta, file merupakan urutan data untuk encode informasi digital yang berguna dalam pertukaran dan penyimpanan data.

Menurut Raymond McLeod, pengertian file yaitu koleksi rekaman yang saling berhubungan satu sama lain seperti file dari seluruh rekaman yang berisi bidang kode mata kuliah dan namanya. Semetara itu, menrut Rachmad Hamim S. definisi dari file adalah kumpulan dokumen yang berisikan informasi tertentu yang bisa dibuka oleh program tertentu.

Dari berbagai pengertian di atas bisa kita simpulkan bahwa file merupakan salah satu istilah yang diperuntukkan dalam bidang komputerisasi. Dalam komputer sendiri, file tersimpan dalam folder tertentu. Tergantung dengan keinginan dari pemilik file sendiri. Masing-masing file tersebut bahkan memiliki ekstensi berbeda sesuai jenisnya.

Contoh Jenis File dalam Komputer

Setelah memahami pengertian mengenai file, berikut akan kita bahas mengenai contoh file yang ada di dalam komputer. Berikut adalah beberapa contohnya:

  • File Gambar

Ekstensi file gambar contohnya yaitu jpg, jpeg, png, gif, tiff dan lain sebagainya. Gambar yang berasal dari kamera digital maupun kamera manual umumnya akan bereksistensi jpg atau jpeg. Gambar yang berasal dari hasil penyimpanan software tertentu seperti photoshop, AutoCad, CorelDraw dan lainnya akan berekstensi tiff atau png.

  • File Dokumen

Contoh lain dari file adalah dokumen yang memiliki eksistensi doc, pdf, ppt, txt, odt dan juga xls. Eksistensi tersebut menunjukkan jenis dari file dokumennya sendiri. Dokumen tersebut juga bisa Anda buka jika perangkat komputer Anda sudah terinstal aplikasi atau software yang sesuai dengan eksistensi dokumen tersebut.

  • File System

Berikutnya terdapat file sistem yang memiliki beberapa eksistensi seperti sys, exe, tmp, com dan bak. Fungsi dari file sistem ini yaitu untuk menjalankan program yang ada di dalam komputer sekaligus untuk menjalankan berbagai aplikasi yang terinstal di dalam komputer. Selain itu masih ada contoh jenis file lainnya.

Demikianlah pembahasan mengenai pengertian file hingga contohnya. Dengan pembahasan ini kita paham jika file adalah data yang tersimpan dalam komputer dan memiliki banyak sekali jenis.