Network Interface Card, Komponen Penting Dalam Jaringan Komputer

Network Interface Card, Komponen Penting dalam Jaringan Komputer (pixabay.com)
Ilustrasi gambar pixabay.com

Network Interface Card atau NIC adalah sebuah komponen yang penting untuk penyediaan jaringan pada komputer atau server. NIC ini dikenal dengan Network Interface Controller dengan bentuk circuit board atau chip. Biasanya chip ini bertempat di dalam komputer agar dapat terhubung ke jaringan. Berikut ini beberapa informasi dan ulasan tentang NIC secara lengkap.

Network Interface Card, Komponen Penting dalam Jaringan Komputer

NIC ini merupakan sebuah perangkat keras jaringan, yang dalam bentuk fisiknya seperti sebuah kartu ekspansi. Hal tersebut dapat memungkinkan untuk setiap komputer dapat terhubung dengan suatu jaringan menggunakan kabel jaringan.

NIC memiliki slot tersendiri di dalam semua jenis motherboard di dalam komputer. Tugas utama dari NIC ini adalah untuk mengubah aliran data berbentuk paralel di dalam bus sebuah komputer. Kemudian akan berubah menjadi aliran data dengan bentuk serial.

Hal inilah yang kemudian aliran data berbentuk serial tersebut dapat saling ditransmisikan di dalam media jaringan komputer.

Fungsi NIC

Memiliki fungsi utama sebagai pengubah aliran data berbentuk parallel menjadi aliran data berbentuk serial atau converter, NIC memiliki sejumlah fungsi dari Network Interface Card ini, diantaranya:

  • NIC sendiri dapat menerima data maupun informasi yang sudah ditransmisikan oleh service dalam jaringan. Dengan demikian, setiap data yang mengalir juga ditransmisikan akan diterima dengan baik oleh komputer klien atau user.
  • Kemudian perangkat ini juga menjadi media untuk mengirim data dari dari satu computer ke computer lainnya. Tidak hanya sebagai penerima, tetapi bisa juga sebagai media untuk mengirim. Karena perangkat ini, server dapat mengelola data yang dibutuhkan oleh klien atau user. Selanjutnya akan dikirimkan ke user.
  • NIC memiliki kemampuan dalam menerjemahkan data menjadi bentuk bit. dengan demikian akan lebih mudah untuk dimengerti oleh komputer penerima.
  • NIC berfungsi sebagai pengontrol data flow antar komputer dengan memakai sistem kabel jaringan. Sehingga akan membantu mencegah terjadinya kepadatan arus informasi data.

Jenis-Jenis NIC

NIC sendiri terbagi menjadi dua tipe, yakni internal network cards dan external network cards. Berikut ini penjelasan dan perbedaannya:

  • Internal network cards yang membutuhkan kabel jaringan untuk menyediakan akses jaringan. Di dalam jenis ini terdapat dua tipe. Pertama memakai Peripheral Component Interconnect atau PCI. Sementara itu tipe keuda menggunakan Industry Standard Architecture atau ISA.
  • External network card ini bisa digunakan untuk laptop atau desktop yang tidak memiliki NIC. Jenis ini juga terdiri dari dua tipe, yakni USB dan wireless. Untuk tipe wireless ini tidak perlu lagi dimasukkan ke dalam motherboard. Selain itu juga tidak membutuhkan kabel jaringan untuk dapat terhubung ke jaringan.  

Komponen Network Interface Card

NIC sendiri memiliki sejumlah komponen di dalamnya, diantaranya:

  • Driver yang merupakan perangkat lunak untuk meneruskan data antara sistem operasi komputer dengan NIC. Saat perangkat ini diinstal, maka perangkat lunak ini akan diunduh.
  • Connectivity LED yang terintegrasi ke dalam konektor dan berfungsi untuk memberitahu pengguna saat terhubung serta data sedang dikirim.
  • Semua NIC memiliki perangkat kecepatan atau speed yang berbeda untuk menunjukkan kinerja umum dari card saat diimplementasikan.
  • Terdapat MAC Address yang bisa disebut sebagai alamat jaringan fisik ke NIC.
  • Router berfungsi untuk mengaktifkan komunikasi antara komputer dengan perangkat lainnya. Perangkat ini akan berfungsi saat terkoneksi ke internet.

Demikianlah beberapa ulasan tentang Network Interface Card di dalam laptop. Dengan adanya NIC ini dapat membantu untuk terhubung ke jaringan-jaringan internet.