Gadget  

Smartphone yang Aman untuk Anak, Murah dan Lancar Digunakan

Smartphone yang Aman untuk Anak
unsplash.com

Smartphone yang aman untuk anak bisa menjadi pilihan tepat untuk mendukung kegiatan belajarnya di era digital seperti saat ini. Perkembangan digitalisasi di dunia pendidikan menuntut anak untuk bisa mengikuti pelajaran hingga mengerjakan tugas secara online. Hal ini tentu membuat para orang tua mulai berpikir tentang smartphone yang layak dan aman untuk pemakaian tersebut.

Rekomendasi Smartphone yang Aman untuk Anak dalam Proses Belajar

Proses pembelajaran di era digital saat ini menuntut para siswa untuk dapat menggunakan perangkat mobile dalam mengerjakan tugas. Hal ini membuat smartphone seperti menjadi perangkat wajib di dunia pendidikan.

Meskipun demikian, para orang tua perlu mempertimbangkan berbagai faktor sebelum memberikan smartphone pada anak. Berikut ini beberapa rekomendasi ponsel pintar yang cocok untuk anak sekolah.

Samsung Galaxy A04

Rekomendasi ponsel ramah anak yang pertama ini dibanderol dengan harga yang terjangkau, yaitu Galaxy A04. Ponsel ini menggunakan chipset Octa-Core dan sistem operasi Android 11 yang dapat mendukung proses belajar secara lancar. Kemudian, smartphone ini tersedia dalam 2 varian yaitu kapasitas RAM 3 GB dan 4 GB dengan penyimpanan internal 64 GB.

Sehingga smartphone yang aman untuk anak ini dapat menyimpan ragam aplikasi belajar dan materi tugas yang banyak. Sedangkan baterainya berkapasitas 5.000 mAh yang bisa tahan pada penggunaan seharian penuh.

Redmi 10 dari Xiaomi

Ponsel pintar ini cocok menjadi pilihan bagi anak sekolah di jenjang SMP hingga SMA. Prosesornya menggunakan MediaTek Helio G88 yang mampu menjalankan banyak aplikasi meskipun ukurannya besar.

Resolusi kameranya juga mumpuni untuk digunakan dalam memfoto dokumen tugas dan video conference. Layarnya yang berukuran 6,5 inci juga sudah mendukung refresh rate 90 Hz. Sehingga transisi tampilannya tidak patah-patah. Smartphone berperforma kencang ini memiliki harga di kisaran 1,7 hingga 1,8 juta rupiah.

Tecno Spark 9T

Meskipun merupakan pemain baru di dunia smartphone, Tecno memiliki produk yang cocok untuk pelajar. Salah satunya adalah Spark 9T yang memiliki desain yang simpel dan elegan. Keunggulan pertama hadir di sektor kamera selfie yang memiliki resolusi 32 MP.

Kamera ini mampu menghasilkan gambar dan video yang jernih. Cocok untuk digunakan waktu konferensi video saat pembelajaran daring. Harga ponsel Tecno ini mulai dari 1,6 hingga 1,7 juta rupiah.

Infinix Hot 20i

Smartphone yang aman untuk anak ini sangat cocok untuk anak di jenjang pendidikan sekolah dasar dan SMP. Sebab, ponsel ini memiliki fitur bawaan bernama Kids Mode.

Fitur yang memungkinkan orang tua dapat melindungi anak dari konten sensitif, kelola screen time, hingga pembatasan aplikasi. Dari segi spesifikasi, ponsel ini menggunakan chipset Helio G25 dengan clock speed 2.0 GHz.

Sedangkan RAM nya mirip dengan Tecno Spark 9T yang mendukung ekspansi hingga 7GB. Infinix Hot 20i memiliki harga yang lebih terjangkau yaitu di angka 1,4 hingga 1,5 juta rupiah saja.

Poco M4 Pro

Smartphone ini paling recommended untuk pelajar sekolah menengah atas. Selain mengutamakan performa, anak sekolah di usia ini juga membutuhkan perangkat yang memiliki desain bagus.

Dari segi spek, M4 Pro ini menggunakan chipset Helio G96 yang performanya kencang. Tersedia 2 varian yaitu 6/128 dan 8/256, sehingga lebih fleksibel untuk berbagai kebutuhan. Sedangkan layarnya sudah menggunakan panel Super Amoled dengan refresh rate 90 Hz. HP Poco ini dibanderol dengan harga 2,7 hingga 2,8 juta rupiah.

Rekomendasi smartphone yang aman untuk anak di atas tentu dapat menjadi pilihan yang bijak. Meskipun harganya sangat terjangkau, namun performa dan kualitasnya sudah lebih dari cukup untuk kebutuhan pembelajaran. Meskipun terdapat mode keamanan, namun selalu pastikan untuk memberikan pengawasan pada anak ketika sedang menggunakan ponsel.