Laptop  

Begini Cara Mengecek Suhu Laptop Paling Mudah

Begini Cara Mengecek Suhu Laptop Paling Mudah (flckr.com)
Begini Cara Mengecek Suhu Laptop Paling Mudah (flckr.com)

Bagi sebagian pengguna laptop mungkin belum mengetahui cara mengecek suhu laptop. Mengecek suhu laptop untuk sebagian orang mungkin tidak terlalu penting dan tidak dibutuhkan padahal sebenarnya hal ini cukup penting dan menjadi hal yang harus diperhatikan.

Pasalnya, saat Anda menggunakan laptop untuk beraktivitas seperti mengedit video, bermain game, menulis, atau aktivitas yang lain. Hal seperti ini akan membuat suhu laptop meningkat. 

Jika suhu laptop terus meningkat dan tidak diatasi laptop akan mudah rusak atau malah langsung mengalami kerusakan. Maka dari itu, anda bisa mencegah hal tersebut dengan melihat suhu di dalam laptop.

Bagaimana Cara Mengecek Suhu Laptop?

Sebenarnya mengecek suhu laptop tidak sesusah mengecek perangkat-perangkat lainnya dalam laptop. Untuk mengecek suhu dalam laptop bisa menggunakan dua cara yaitu menggunakan aplikasi dan tidak menggunakan aplikasi. 

Kedua cara ini adalah cara yang sama-sama mudah, lantas bagaimana sih cara mengecek suhu laptop dengan menggunakan aplikasi dan tanpa aplikasi. Berikut beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk mengecek suhu laptop.

Cara Mengecek Suhu Laptop Menggunakan Aplikasi Core Temp

Tutorial mengecek suhu laptop yang pertama adalah menggunakan aplikasi Core Temp. Core Temp merupakan aplikasi pengecek suhu laptop yang sedang populer pada saat ini. Saat Anda membuka aplikasi ini suhu laptop akan langsung muncul di dalamnya.

Aplikasi yang bisa kamu manfaatkan untuk mengecek suhu laptop dengan mudah ini juga memiliki ukuran file yang kecil. Sehingga tidak mengganggu penyimpanan dalam laptop.

Aplikasi pengecek suhu laptop ini juga memiliki banyak fitur. Pada fitur temperature reading, Anda bisa mengetahui berapa jumlah dan normal tidaknya suhu laptop. Aplikasi ini juga sering melakukan pembaruan, tapi tenang saja ketika aplikasi ini memproses pembaruan data yang tersedot tidak begitu banyak.

Dimana fitur pembaruan ini guna meningkatkan performa aplikasi Core Temp ini. Sehingga aplikasi Core Temp ini akan mudah menjalankan tugasnya dengan baik, terpercaya, dan akurat.

Cek Suhu Laptop dengan Aplikasi Hwmonitor

Hwmonitor adalah aplikasi untuk mengecek suhu laptop. Aplikasi ini bekerja menggunakan monitor suhu yang ada pada prosesor, gpu, motherboard, serta hardisk. Dengan menggunakan aplikasi ini, Anda juga bisa mengetahui informasi seberapa persen watt yang digunakan prosesor.

Aplikasi ini juga mudah digunakan dan tidak terlalu menggunakan data yang besar. Dalam aplikasi ini kita juga bisa mengekspor data monitor ke bentuk text document. Bagaimana, aplikasi pengecek suhu laptop ini selain berguna juga cukup menguntungkan bukan?

Cek Suhu Laptop dengan Aplikasi Speccy

Aplikasi cara mengecek suhu laptop selanjutnya aplikasi dengan tampilan adalah aplikasi Speccy. Speccy adalah aplikasi yang dapat digunakan untuk mengecek suhu laptop. Aplikasi dengan tampilan sederhana ini juga sangat mudah digunakan dan tidak mudah mengalami kendala.

Speccy juga memberikan informasi yang akurat dan terpercaya. Aplikasi ini juga selalu aktif dan cepat mengupdate pembaruan untuk meningkatkan kualitas aplikasi.

Menggunakan Aplikasi Real Temp

Cara kali ini menggunakan aplikasi bernama Real Temp. Real temp merupakan aplikasi yang berguna untuk mengecek suhu laptop dan termasuk perangkat yang menggunakan prosesor intel.

Aplikasi ini juga masuk dalam kategori aplikasi gratis dan terbaik guna mengetahui berapa suhu laptop. Dalam aplikasi ini juga terdapat banyak keunggulan yaitu terdapat banyak prosesor dan Anda juga akan mengetahui suhu prosesor secara real time.

Mengecek Suhu Laptop Melalui Bios

Cara mengecek suhu yang terakhir adalah melalui bios, berbeda dengan ke 4 cara di atas anda bisa mengecek suhu menggunakan bios yang sudah tersedia di laptop, tergantung jenis laptop yang Anda miliki.

Seperti itulah bagaimana cara mengecek suhu laptop yang mudah untuk dilakukan. Semoga dapat bermanfaat dan bisa membantu Anda.