Tekno  

Sejarah Teknologi Internet dan Perkembangannya hingga Sekarang

Sejarah Teknologi Internet dan Perkembangannya hingga Sekarang (pixabay.com)
Sejarah Teknologi Internet dan Perkembangannya hingga Sekarang (pixabay.com)

Sejarah teknologi internet mungkin belum banyak diketahui masyarakat. Padahal, internet yang begitu booming di era modern ini, sebenarnya memiliki perjalanan sejarah cukup panjang. Kehadirannya tak langsung bebas masyarakat gunakan seperti zaman sekarang. Keterbatasan teknologi kala itu membuat akses internet masih sangat terbatas.

Inilah Sejarah Teknologi Internet dan Perkembangannya

Tepatnya tanggal 11 Maret lalu, internet atau pertama kali populer dengan nama World Wide Web genap berusia 33 tahun. Usia ini ternyata hanyalah angka, mengingat teknologi internet sebenarnya sudah ada jauh sebelum World Wide Web lahir.

Penetapan tanggal tersebut mengacu pada penghitungan World Wide Web pertama kali boleh diakses masyarakat, mulai tahun 1989 silam. Dengan kata lain, internet sudah lebih dari 3 dekade berkembang, sekaligus membantu masyarakat memperoleh kemudahan dalam bidang informasi. Sementara sejarah teknologi internet dan perkembangannya adalah sebagai berikut.

Tahun 1969

Tepat pada bulan Oktober 1969, sejumlah peneliti Universitas California Los Angeles atau UCLA, mengirimkan data dari sebuah komputer ke perangkat yang lain. Sejumlah peneliti itu mencoba mengirim 3 buah huruf berbunyi LOG ke perangkat komputer kedua menggunakan kode biner.

Sedangkan tugas komputer kedua adalah menambah 2 huruf lagi dengan metode serupa, agar membentuk kata LOGIN. Keberhasilan transfer data tersebut, menjadi cikal bakal lahirnya proyek Advanced Research Projects Agency Network atau ARPANET. Proyek ini kemudian dikembangkan untuk kepentingan Departemen Pertahanan AS.

Sejak saat itu, sistem yang semula hanya berfungsi mengirimkan kode biner dalam jumlah terbatas pun kian bertumbuh. Kesuksesan pencetusan konsep internet ini mampu menghubungkan 13 komputer di satu jaringan dalam kurun waktu setahun saja.

Tahun 1971

Setelah sukses menghubungkan kurang lebih 231 komputer di tahun 1981, Ray Tomlinson seorang warga AS, mengirim surat elektronik dengan ARPANET untuk pertama kalinya. Dari sanalah simbol ‘@’ muncul dalam surel yang akhirnya digunakan hingga sekarang.

Tahun 1983

Robert Kahn bersama temannya Vinton Cerf pernah mencoba mengembangkan TCP/IP. Sistem yang berperan penting dalam pertukaran data, baik dalam jaringan komputer yang sama maupun berbeda. ARPANET sendiri baru berhasil mengadopsi teknologi tersebut tepat 1 Januari 1983. Momen yang sekaligus mampu menghubungan jaringan komputer lainnya seperti saat ini.

Tahun 1990

Sejarah teknologi internet semakin berkembang pesat pada tahun 1990. Setelah sebelumnya Tim Berners- Lee berhasil mencetuskan World Wide Web. Pembentukan WWW oleh Tim Berners- Lee merupakan upaya untuk membuat sistem koneksi hypertext sekaligus pencarian dengan keyword. Mengingat saat itu Tim Berners- Lee membutuhkannya untuk mendata karyawan perusahaan.

Hingga tahun 1990, Robert Cailliau yang berasal dari Belgia hadir untuk membantu Berners- Lee dalam mengembangkan produknya. Penemuan tersebut mengacu pada 2 tujuan utama, yakni bahasa pemrograman HTML, serta sistem pertukaran hypertext HTTP.

Kemudian kesuksesannya mulai disebarluaskan pada tahun 1993. Sehingga masyarakat semakin mudah dalam mengaksesnya untuk berbagai kebutuhan. Tepat pada November 1993 lahir Mosaic sebagai situs pencari pertama di dunia.

Tahun 2000 hingga Sekarang

Pasca meledaknya mesin pencari Mosaic, memasuki tahun 2000an teknologi internet mulai berkembang ke media sosial. Untuk pertama kalinya, media sosial hadir di tahun 2003. Setahun kemudian munculah Mark Zuckerberg yang menghadirkan karyanya berupa Thefacebook.com.

Tujuan awal pembuatan sistem ini adalah untuk menghubungkan semua mahasiswa Harvard. Seiring kemajuan internet, Facebook akhirnya berkembang menjadi raksasa media sosial, dengan jumlah pengguna yang fantastis.

Terlebih pada tahun 2007, Apple berhasil menggemparkan dunia dengan ponsel iPhonenya. Kehadiran ponsel ini semakin menambah rentetan panjang sejarah teknologi internet yang luar biasa. Kini internet telah merasuk ke berbagai sektor kegiatan manusia di seluruh dunia. Bahkan bisa dikatakan manusia di bumi menjadi sulit hidup tanpa internet.