Mengenal Aplikasi KCT Mobile PLN untuk Bayar Tagihan Listrik

KCT Mobile PLN
istockphoto.com

KCT Mobile PLN adalah aplikasi resmi luncuran PLN yang dibuat untuk masyarakat guna membayar tagihan listrik dengan bantuan koneksi internet dan ponsel.

PLN atau Perusahaan Listrik Negara adalah perusahaan negara yang telah mengelola serta menyediakan listrik guna seluruh wilayah Negara Indonesia.

Setiap bulan, pengguna selalu membayar tagihan listrik guna memastikan listrik di rumah agar menyala. Jadi, ketika Anda tidak bisa membayar tagihan listrik. Maka secara otomatis, pihak dari PLN akan mencabut listrik Anda di rumah.

Untuk membayarnya saja, dulu harus ke PLN atau melalui kantor pos. Akan tetapi, dengan seiringnya waktu dan zaman teknologi juga pintar. Maka perusahaan PLN meluncurkan sebuah aplikasi basis online yang mana bisa membantu masyarakat Indonesia guna membayar tagihan secara daring tanpa harus pergi keluar rumah. Aplikasi tersebut bernama KCT Mobile.

Pengertian Aplikasi KCT Mobile PLN

KCT Mobile adalah aplikasi dikembangkan oleh PLN Indonesia dengan dukungan user interface friendly serta fitur lengkap. Jadi dengan aplikasi pintar ini, masyarakat tidak harus antre di loket pembayaran atau ATM guna membayar tagihan listrik.

Bukan hanya itu saja, aplikasi ini juga menyediakan berbagai fitur mulai dari informasi tagihan, riwayat pembayaran, dan pemberitahuan tagihan baru.

Cara Penggunaan Aplikasinya

Untuk menggunakan aplikasi pembayaran tagihan listrik dari PLN ini mudah sekali dan tidak membutuhkan banyak waktu. Karena aplikasi ini hadir untuk memudahkan masyarakat Indonesia dalam membayar listrik.

Maka PLN sendiri memberikan tampilan awal hingga akhir pada aplikasi sangat sederhana. Jadi dengan begitu, orang awam bahkan profesional bisa langsung memahaminya sedikit demi sedikit. Langsung saja berikut ini cara menggunakan KCT mobile PLN:

Instal Aplikasinya

Pertama, pengguna harus mengunduh KCT PLN dari Play Store atau App Store. Setelah itu, instal aplikasi tersebut di ponsel pengguna.

Registrasi dan Login

Setelah aplikasi terpasang, pengguna disuruh melakukan registrasi dan login pada aplikasi. Registrasi bisa dilakukan mengisi data pribadi seperti nama, alamat, dan nomor ID PLN. Selanjutnya, pengguna bisa login ke aplikasi menggunakan email dan password telah dibuat ketika registrasi.

Tambahkan Nomor Meteran Listrik

Selanjutnya pengguna menambahkan nomor meteran listrik ingin dibayar. Nomor listrik ini bisa ditambahkan dengan cara memasukan ID PLN dan memindai barcode pada tagihan listrik. Jadi setelah itu, pengguna bisa melihat informasi tagihan dan melakukan pembayaran.

Melakukan Pembayaran

Pada saat melakukan pembayaran, pengguna bisa memilih metode pembayaran tersedia pada kartu kredit, debit, atau transfer bank. Setelah itu pembayaran selesai, pengguna bisa menerima konfirmasi pembayaran dan tagihan listrik tercatat sebagai sudah dibayar.

Keuntungan Menggunakan Aplikasinya

Terdapat banyak keuntungan bisa masyarakat gunakan ketika menggunakan aplikasi KCT Mobile PLN. Pastinya banyak keuntungan tersebut sangat membantu semua pengguna listrik. Hanya dengan modal ponsel saja, pembayaran bisa dilakukan sekejap mata. Langsung saja ini beberapa keuntungannya:

Praktis

Keuntungan pertama yakni kepraktisan, metode menggunakan basis online pasti berbeda dengan offline. Untuk offline harus membuang banyak tenaga. Sedangkan online hanya dengan modal rebahan sudah bisa membayar tagihan listrik.

Riwayat Pembayaran

Aplikasi ini juga menyimpan riwayat pembayaran tagihan listrik. Jadi adanya riwayat, pengguna bisa mudah melacak dan memeriksa apakah listrik sudah dibayar atau belum.

Informasi Tagihan Lengkap

Aplikasi ini juga menyediakan info tagihan yang lengkap mulai dari jumlah tagihan, tanggal jatuh tempo, dan rincian biaya.

Kini Anda akan merasakan banyak hal tersebut ketika sudah mengunduh dan menggunakan aplikasi KCT Mobile PLN.