Perbedaan Internet dan Intranet Secara Umum

Perbedaan Internet dan Intranet
www.istockphoto.com

Mungkin masih banyak orang yang belum mengetahui dengan pasti apa saja perbedaan internet dan intranet? Keduanya sama-sama jaringan yang penting dalam kehidupan. Meski begitu tetap terdapat sejumlah perbedaan yang signifikan terkait pengertian, fungsi dan cara kerja jaringan internet dan jaringan intranet.

Salah satu perbedaan dua jaringan ini adalah cakupan aksesnya. Jika internet merupakan jaringan publik yang dapat diakses oleh siapa saja, maka intranet merupakan jaringan pribadi yang hanya dapat diakses oleh orang-orang tertentu saja. Untuk jaringan intranet, biasanya hanya mencakup pada sebuah lingkup perusahaan atau organisasi tertentu saja.

Perbedaan Internet dan Intranet Secara Umum

Internet dan intranet memiliki sejumlah hal yang membedakannya, baik dalam pengertian, fungsi maupun perannya. Meski begitu, belum banyak orang yang mengetahui perbedaan kedua jaringan ini secara umum. Padahal, keduanya memiliki perbedaan yang cukup mencolok meski sama-sama menghubungkan perangkat komputer untuk saling berkomunikasi.

Sebagian orang bahkan menganggap jaringan internet lebih penting untuk kehidupan masa depan yang serba digital dan modern seperti saat ini. Namun sebenarnya, jaringan intranet dengan keterbatasan akses justru terkadang diperlukan. Misalnya, dengan jaringan intranet, pengguna bisa melakukan komunikasi internal lebih terjaga kerahasiaannya.

Internet adalah jaringan global yang terdiri dari jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan protokol standar internet (TCP/IP). Ini adalah jaringan publik yang terbuka untuk semua orang dan berisi jutaan situs web, layanan, dan sumber daya informasi lainnya. Internet memungkinkan pengguna untuk mengakses informasi dari berbagai sumber di seluruh dunia.

Intranet adalah jaringan komputer pribadi yang menggunakan teknologi internet dan protokol seperti TCP/IP tetapi dibatasi hanya untuk pengguna internal suatu organisasi atau perusahaan. Ini adalah jaringan yang aman dan terbatas yang digunakan untuk berbagi informasi, aplikasi, dan sumber daya di dalam organisasi.

Berikut pemaparan seputar perbedaan kedua jaringan ini berdasarkan beberapa aspek.

Tujuan Pemakaian

Perbedaan jaringan internet dan intranet yang pertama terletak pada tujuan pemakaian. Jika internet memiliki tujuan pemakaian untuk berbagai keperluan, seperti keperluan bisnis, pribadi, dan pendidikan, maka intranet berbeda. Pemakaian intranet bertujuan untuk keperluan pada sebuah perusahaan atau organisasi untuk saling berkomunikasi, seperti berbagi data, mengelola sumber daya hingga berkolaborasi.

Akses

Seperti pada pembahasan sebelumnya yang menjelaskan bahwa kedua perbedaan utama kedua jenis jaringan ini terletak pada cakupan aksesnya. Jaringan internet yang sering kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari memiliki cakupan akses yang lebih luas ketimbang jaringan internet yang hanya dapat diakses oleh orang tertentu saja.

Jaringan internet dapat menghubungkan berbagai jaringan komputer dari seluruh wilayah dunia. Sedangkan, jaringan internet hanya menghubungkan jaringan komputer pada satu lingkup tertentu, seperti perusahaan atau organisasi.

Protokol

Protokol juga dapat menjadi salah satu perbedaan kedua jaringan ini yang cukup mencolok. Jaringan internet menggunakan teknologi TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol) agar dapat menghubungkan berbagai perangkat komputer dari seluruh dunia. Sebenarnya, jaringan juga menggunakan teknologi TCP/IP, hanya saja konfigurasi yang digunakan lebih sederhana ketimbang internet.

Sistem Keamanan

Perbedaan jaringan internet dan intranet yang berikutnya adalah pada sistem keamanannya. Jaringan internet mempunyai sistem keamanan yang cenderung rendah ketimbang intranet. Sebab, jaringan internet memiliki cakupan yang lebih luas sehingga rentan terhadap serangan hacker.

Sebaliknya, karena hanya mencakup jaringan pada sebuah perusahaan atau organisasi dan penggunaannya bersifat pribadi, maka intranet memiliki sistem keamanan yang lebih tinggi. Selain itu, pengguna jaringan intranet hanya orang-orang yang memperoleh izin dan berada dalam satu lingkup untuk bisa mengaksesnya.

Hardware dan Software

Meski biasanya menggunakan hardware dan software dengan jenis yang sama, tetapi tetap terdapat perbedaan yang signifikan dari keduanya. Intranet memang menggunakan hardware dan software sama seperti internet, namun kedua penggunaannya menyesuaikan dengan kebutuhan perusahaan atau organisasi.

Itulah beberapa perbedaan internet dan intranet secara umum. Memang internet memiliki cakupan akses yang sangat luas dan berguna di masa sekarang ini, tetapi keberadaan intranet dengan cakupan akses tertentu juga terkadang bermanfaat.