Tekno  

Router Adalah, Berikut Pengertian dan Jenis-jenisnya

Router Adalah
unsplash.com

Router adalah salah satu perangkat keras pada jaringan komputer yang mungkin sudah tidak asing bagi beberapa orang termasuk Anda. Router biasanya memiliki bentuk persegi panjang pipih dengan antena sebanyak dua, tiga, empat bahkan lebih. Biasanya router juga diletakkan di tempat yang terbuka dan posisinya cukup tinggi.

Kita bisa menghubungkan router dengan berbagai perangkat termasuk smartphone, komputer, laptop dan perangkat lainnya. Saat ini router menjadi perangkat yang sangat penting. Apalagi mengingat manusia selalu harus terhubung dengan internet. Baik itu untuk urusan bekerja, belajar maupun hanya untuk mencari hiburan saja.

Karena itu tidak heran jika kita bisa menemukan router di berbagai tempat. Terutama tempat umum yang selalu ramai. Misalnya yaitu di kantor, cafe, sekolah dan berbagai tempat lainnya. Bahkan di tempat umum tersebut, router sudah menjadi fasilitas yang pokok. Selain itu, banyak orang bahkan juga memasang router di rumah sendiri.

Router Adalah, Berikut Pengertiannya

Router merupakan perangkat keras yang memiliki fungsi menghubungkan beberapa jaringan. Baik itu jaringan yang sama maupun jaringan berbeda dari sisi teknologinya. Ada pula yang mendefinisikan router sebagai hardware yang berfungsi mengirimkan paket data melalui jaringan atau internet dari suatu perangkat ke perangkat lainnya.

Setiap router memiliki fitur DHCP atau Dynamic Host Configuration Protocol yang bisa di setting sedemikian rupa untuk membagi IP address. Selain itu, router juga memiliki fitur NAT atau Network Address translation. Fasilitas router satu ini memungkinkan suatu alamat IP atau koneksi internet bisa dibagikan ke alamat IP lain.

Jenis Router

Router adalah perangkat terbagi menjadi beberapa jenis berbeda. Umumnya, jenis router ini terbagi berdasarkan pengaplikasiannya dan juga berdasarkan mekanismenya. Berdasarkan pengaplikasikannya, router terbagi menjadi tiga jenis yaitu router PC, router hardware dan juga router aplikasi. Berikut adalah penjelasan dari ketiganya.

  • Router PC merupakan komputer yang memiliki spesifikasi tinggi dengan modifikasi sehingga mampu berperan sebagai router. Komputer tersebut setidaknya harus memiliki spesifikasi seperti memiliki LAN Card, menggunakan prosesor pentium II dengan hard drive 10 GB dan RAM 64 serta memiliki sistem operasi khusus router PC mikrotik.
  • Sesuai dengan namanya, router hardware adalah¬† perangkat keras yang memiliki kemampuan seperti router untuk membagi alamat IP dan membagi jaringan internet di suatu wilayah. Misalnya yaitu router sebagai access point dan wilayah yang mendapatkan IP Address serta koneksi internet akan disebut Hotspot Area.
  • Router aplikasi merupakan aplikasi yang bisa kita instal pada sistem operasi komputer. Sehingga dengan aplikasi tersebut maka komputer bisa berperan seperti router. Contoh aplikasi router adalah Spygate, Winroute, Wingate dan juga WinProxy. Selain itu tentunya ada contoh aplikasi router lainnya untuk komputer yang bisa Anda gunakan.

Sementara itu, berdasarkan mekanismenya router juga terbagi menjadi tiga jenis yaitu wireless, dinamis dan statis.

  • Router wireless merupakan router yang bisa bekerja tanpa memerlukan kabel. Melainkan menggunakan media udara untuk mengirimkan paket data. Jenis router ini tentunya sangat simpel dan menguntungkan.
  • Kemudian jenis dinamis yaitu router yang bisa melakukan proses routing secara otomatis setelah adanya pengaturan dari administrator jaringan.
  • Terakhir terdapat statis yaitu router yang bisa melakukan proses routing melalui suatu jaringan namun prosesnya dilakukan secara manual oleh seorang administrator jaringan.

Demikianlah pembahasan mengenai router adalah dan jenis-jenisnya. Dengan pembahasan ini semoga Anda bisa semakin memahami pengertian router, fungsi dan juga jenisnya.