Pengertian Intranet, Manfaat, Kelebihan dan Kekurangannya

Intranet
workai.com

Intranet atau internal network sebenarnya sudah ada sejak tahun 1989. Saat itu jaringan internet dan komputer sangat populer. Namun dengan internet network ini, organisasi bisa melakukan berbagai kegiatan, mulai dari komunikasi data standar maupun informasi rahasia. Penggunaannya tidak lepas dari perkembangan internet. Untuk mengetahui betapa pentingnya internet network, berikut ini penjelasannya.

Pengertian Intranet

Internal network adalah jaringan privat yang memakai protokol-protokol Internet. Tujuannya untuk berbagi informasi rahasia perusahaan atau operasi dalam perusahaan tersebut kepada karyawan. Kadangkala, istilah ini hanya mengacu kepada layanan yang terlihat, seperti situs web internal milik perusahaan.

Sebenarnya hanyalah bagian dari internet, tetapi tidak sebaliknya. Internal network ini menggunakan protokol-protokol internet, tetapi hanya dapat diakses oleh karyawan perusahaan tersebut. Dalam hal ini artinya tidak dapat diakses oleh siapa saja di seluruh dunia.

Manfaat

Setelah Anda tahu apa sebenarnya dari internal network tersebut, kami akan sampaikan beberapa manfaatnya. Berikut ini ada beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan ketika menggunakan intranet.

  • Internal network ini dapat membantu karyawan untuk mengakses informasi dan berkomunikasi dengan lebih mudah dan cepat. Hal ini dapat meningkatkan efisiensi kerja dan produktivitas.
  • Selain itu, dapat membantu karyawan untuk bekerja sama secara lebih efektif. Sehingga meningkatkan kualitas kerja dan hasil kerja.
  • Mampu melindungi informasi rahasia perusahaan dari akses oleh orang yang tidak berwenang.
  • Internal network dapat membantu karyawan untuk merasa lebih terhubung dengan perusahaan dan rekan kerja mereka.

Kelebihan dan Kekurangan

Sama seperti produk teknologi pada umumnya, internet network juga menawarkan berbagai kelebihan dan kekurangan. Mengingat fungsinya yang cukup penting membuat internal network ini digunakan oleh berbagai perusahaan. Mampu menghubungkan suatu komputer dengan komputer lain atau perangkat jaringan.

Hanya saja untuk akses layanan yang dimiliki cukup terbatas. Hanya bisa dilakukan dalam satu lokasi, misalnya di sekolah, kantor maupun universitas. Berikut ini ada beberapa kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh internal network yaitu:

Kelebihan

  • Membantu karyawan untuk mengakses informasi dan berkomunikasi dengan lebih mudah dan cepat. Hal ini dapat meningkatkan efisiensi kerja dan produktivitas.
  • Berfungsi membantu karyawan untuk bekerja sama secara lebih efektif. Sehingga¬† meningkatkan kualitas kerja dan hasil kerja.
  • Berfungsi melindungi informasi rahasia perusahaan dari akses oleh orang yang tidak berwenang.
  • Intranet dapat membantu karyawan untuk merasa lebih terhubung dengan perusahaan dan rekan kerja mereka. Meningkatkan komunikasi antara karyawan perusahaan. Komunikasi ini dapat dilakukan melalui email, chat, forum, dan sebagainya.
  • Membantu perusahaan untuk mengurangi biaya, seperti biaya komunikasi dan biaya kertas.

Kekurangan

  • Membangun dan memeliharanya membutuhkan biaya yang tidak sedikit.
  • Karyawan perlu dilatih untuk menggunakan internet secara efektif.
  • Meskipun lebih aman daripada internet, tetapi masih ada risiko keamanan yang perlu diwaspadai.
  • Intranet tidak dapat berfungsi tanpa teknologi, seperti komputer dan jaringan internet. Jika teknologi ini mengalami gangguan, maka juga akan terganggu.
  • Jika internal network tidak menarik atau bermanfaat bagi karyawan, maka mereka tidak akan menggunakannya secara aktif.

Secara keseluruhan, internal network memiliki lebih banyak kelebihan daripada kekurangan. Sehingga dapat menjadi alat yang sangat bermanfaat bagi perusahaan untuk meningkatkan efisiensi, kolaborasi, keamanan, dan kepuasan karyawan.

Namun, penting untuk mempertimbangkan biaya, pelatihan, keamanan, dan ketergantungan pada teknologi. Bahkan partisipasi karyawan sebelum membangun dan mengimplementasikan intranet. Setelah Anda tahu pengertian, manfaat dan kekurangan hingga kelebihan intranet, tentu akan bijak dalam menggunakannya. Biasanya perusahaan lah yang banyak menggunakan internal network tersebut.