Tekno  

E-commerce Adalah Perdagangan Elektronik yang Menguntungkan

E-commerce Adalah
HOSTEKO.com

E-commerce adalah salah satu istilah yang baru-baru ini sedang viral. Beberapa orang bisa mendapatkan barang-barang yang mereka butuhkan melalui e-commerce. Istilah tersebut merupakan singkatan dari electronic commerce, yakni perdagangan yang bisa dilakukan secara elektronik.

Lebih tepatnya sebuah aktivitas yang menggunakan teknologi informasi dan komunikasi pengolahan digital guna melakukan transaksi bisnis. Hal tersebut nantinya bertujuan untuk menciptakan serta mendefinisikan kembali hubungan antara pembeli dan penjual. Dengan demikian itu, e-commerce merupakan aktivitas penyebaran dan penjualan serta pembelian juga pemasaran produk baik barang maupun jasa.

E-commerce juga bisa kita definisikan sebagai aktivitas transaksi jual beli barang maupun jasa yang melibatkan transfer dana serta pertukaran dana secara elektronik terhubung dengan internet. Perlu Anda ketahui juga bahwa di dalam istilah tersebut terdapat beberapa komponen penting. Di mana nantinya komponen tersebut dapat mendukung proses operasionalnya.

Pengertian E-commerce Adalah

E-commerce juga bisa kita definisikan sebagai aktivitas transaksi jual beli barang maupun jasa yang melibatkan transfer dana serta pertukaran dana secara elektronik terhubung dengan internet. Perlu Anda ketahui juga bahwa di dalam istilah tersebut terdapat beberapa komponen penting. Di mana nantinya komponen tersebut dapat mendukung proses operasionalnya.

Komponen dalam E-commerce

Pertama produk, entah itu produk fisik maupun digital. Kemudian komponen tempat untuk menjual produk. Karena kegiatan tersebut nantinya akan dilakukan di internet, maka butuh domain serta hosting guna membuat website menjadi media pemasaran.

Selanjutnya ada cara menerima pesan. Dalam hal ini terdapat berbagai cara yang bisa dilakukan guna menerima pesanan. Bisa melalui email ataupun telepon bisa SMS dan chatting serta masih banyak yang lainnya.

Komponen metode pembayaran. Secara umum terdapat beberapa metode yang bisa digunakan ada via ATM atau menggunakan kartu kredit, cash on delivery, atau menggunakan e-payment.

Terakhir metode pengiriman yang biasanya di Indonesia itu menggunakan jasa pengiriman barang. Beberapa diantaranya ada JNE, Tiki, Pos Indonesia, J&T, dan menggunakan ojek online.

Terakhir adalah customer service. Sebenarnya layanan pelanggan sangat penting dalam operasional dari e-commerce itu sendiri. Aktivitas ini biasanya juga dilakukan melalui email ataupun formulir online, FAQ, dan telepon serta chatting atau lewat media sosial lainnya.

Jenis-Jenis Ecommerce

Ternyata istilah e-commerce adalah tersebut terbagi menjadi beberapa jenis. Pertama adalah B2B atau e-commerce business to business. Biasanya dilakukan oleh dua belah pihak yang sama-sama mempunyai kepentingan bisnis. Keduanya juga saling mengerti serta mengetahui bisnis yang akan dijalankan. Jenis ini juga akan dilaksanakan secara berkesinambungan atau berlangganan.

Selanjutnya ada jenis business to consumer atau B2C. Adalah perdagangan elektronik yang melibatkan pelaku bisnis dengan konsumen. Pada praktiknya, jenis ini produsen memasarkan barang ataupun jasa kepada konsumen akhir secara elektronik atau online. Untuk transaksinya seperti halnya yang terjadi pada jual beli biasa.

Berikutnya adalah consumer to consumer. Dimana transaksi dilakukan oleh konsumen kepada konsumen. Transaksi secara online melalui marketplace. Masih ada consumer to business. Untuk jenis yang satu ini pengguna bertindak sebagai penjual produk ataupun layanan dan perusahaan sebagai pembelinya.

Ada lagi e-commerce Administrasi Publik yang melibatkan Administrasi Publik. Jenis ini masih diperkecil menjadi dua bagian, yaitu business to administration dan consumer to administration.

Jenis ecommerce terakhir adalah online to offline. Merupakan perdagangan elektronik yang sangat menarik bagi para pelanggan dari online maupun yang membeli di toko offline.

Metode pembayaran apa saja yang berlaku dalam e-commerce ini? Anda bisa menggunakan pembayaran secara elektronik melalui kartu kredit ataupun Go-Pay, bisa LinkAja, Dana, Ovo Paypal, dan bisa juga menggunakan pembayaran lewat transfer.

Tentunya dalam sistem pembayaran ini menggunakan mesin ATM, internet banking, ataupun Mobile Banking. Terakhir adalah cash on delivery atau biasa disebut dengan COD. Pada penggunaan metode pembayaran ini e-commerce adalah antara pembeli dan penjual bertemu secara langsung atau biasanya diwakilkan oleh kurir guna melakukan transaksi tatap muka.

Keunggulan Ecommerce

Ternyata jawaban terhadap pertanyaan e-commerce adalah tidak sekedar pada pengertiannya saja. Di balik itu semua ternyata terdapat beberapa keunggulan yang bisa didapatkan oleh para pelaku bisnis e-commerce ini.

Bagi pebisnis yang bakal didapat adalah jangkauan pemasaran yang lebih luas. Kemudian toko online bisa buka 24 jam. Ditambah dengan biaya operasional yang lebih murah serta biaya promosi yang juga tidak kalah murah dan mudahnya.

Sedangkan keuntungan bagi konsumen yang pertama transaksi lebih mudah dilakukan. Pemilihan produk yang dibutuhkan dan diinginkan juga lebih banyak atau beragam. Konsumen juga bisa membandingkan harga produk. Karena memang seperti yang sudah kita ketahui toko online menjual produk yang hampir mirip.

Para konsumen bisa membandingkan agar nantinya bisa mendapatkan harga barang di toko yang lebih. Jadi untuk e-commerce adalah merupakan aktivitas transaksi jual beli barang maupun jasa dengan melibatkan transfer dana ataupun pertukaran data menggunakan internet.