Tekno  

Power Supply Adalah, Pahami Definisi dan Ragam Jenisnya

Power Supply Adalah
unsplash.com

Power supply adalah salah satu perangkat keras yang erat kaitannya dengan pemasok energi listrik pada tiap peranti elektronik. Baik itu pada personal computer, sound system, maupun elektronik lainnya.

Tanpa adanya hardware ini, mustahil sebuah alat elektronik dapat menyala dan beroperasi secara optimal. Sehingga penting untuk memahami mengenai pengertian dan berbagai macam jenisnya.

Power Supply Adalah, Pengertian Hingga Jenis-jenisnya

Power supply, atau yang sering disebut sebagai sumber daya listrik, merupakan salah satu komponen penting dalam berbagai perangkat elektronik. Komponen ini bertanggung jawab untuk menyediakan listrik agar perangkat elektronik dapat berfungsi dengan baik.

Berikut ini pengertian dan beberapa jenis power supply yang perlu Anda ketahui.

Definisi Power Supply

Menurut informasi dari situs Techopedia, power supply merupakan sebuah komponen yang memberikan daya ke setidaknya satu perangkat listrik. Secara umum, komponen ini mengubah satu bentuk daya listrik menjadi bentuk yang berbeda dengan mengubah jenis energi yang berbeda.

Penggunaan utamanya untuk menyediakan daya listrik yang diperlukan oleh perangkat yang terpasang di dalamnya. Sebagai contoh, dalam kasus power supply pada komputer, perangkat ini mengubah aliran listrik bolak-balik (AC) menjadi aliran listrik searah (DC).

Cara Kerja PSU

Sebagian besar power supply adalah peranti dengan saklar tegangan input yang bisa Anda atur dari 110v/115v atau 220v/240v. Lalu ada juga catu daya yang menggunakan switched-mode dimana bisa mengubah arus AC ke DC secara elektronik.

Kemudian bisa mati otomatis jika terjadi kerusakan atau korsleting listrik. Perlu Anda ketahui pula bahwa PSU juga memiliki beberapa jenis yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan.

Power Supply AT

Advanced Technology adalah jenis catu daya pertama pada komputer era Pentium II dan Pentium III pada tahun 1997. Power Supply AT memiliki sejumlah ciri khas yang membedakannya. Salah satunya adalah jumlah terminal output yang berkisar antara 8 hingga 12 yang terhubung secara langsung ke motherboard komputer.

Selain itu, daya dari Power Supply AT umumnya berada di bawah 250 watt. Salah satu keunikan lainnya adalah tombol power on dan off yang terhubung langsung dengan casing komputer. Sehingga untuk mematikan komputer, pengguna harus melakukannya secara manual.

Power Supply BTX

Balanced Technology Extended Power Supply adalah unit yang mendukung kinerja komputer baik di perkantoran maupun di rumah. Power Supply BTX dilengkapi dengan dua jenis kabel, salah satunya adalah kabel dengan 24 pin yang terhubung langsung ke motherboard. Kemudian yang lainnya adalah kabel SATA dengan 15 pin.

BTX menggunakan daya listrik yang cukup besar, tetapi memiliki efisiensi daya yang lebih baik daripada jenis power supply lainnya. Yang menarik, saat komputer Anda matikan, PSU BTX akan mati secara otomatis, yang membantu menghemat daya.

Power Supply ATX

PSU Advanced Technology Extended, adalah pembaruan dari jenis ATX yang lebih lama. Power Supply ATX berfungsi secara luas pada komputer generasi terbaru dan memiliki sejumlah fitur khusus. Salah satunya adalah jumlah terminal output yang berkisar antara 20 hingga 24 dan terhubung langsung dengan motherboard.

Selain itu, jenis ATX menggunakan daya yang lebih besar daripada jenis power supply lainnya. Satu keunggulan penting adalah bahwa ATX dapat dikontrol melalui perangkat lunak yang terinstal pada komputer. Sehingga memungkinkan Anda untuk mengatur berbagai mode. Saat komputer Anda matikan, Power Supply ini akan mati sepenuhnya, memberikan efisiensi dalam penggunaan daya.

Power supply adalah elemen penting dalam dunia teknologi modern. Karena hampir semua perangkat elektronik memerlukan sumber daya listrik yang stabil dan sesuai. Tersedia beberapa jenis power supply dengan fitur yang beragam. Sehingga Anda dapat memilih power supply yang tepat untuk memenuhi kebutuhan sesuai dengan aplikasi yang Anda inginkan.