Tekno  

Apa Arti Spam, Berikut Pengertian dan Contoh Tujuannya

Apa Arti Spam
unsplash.com

Apa arti spam sesungguhnya? Berikut akan kita bahas secara singkat mengenai arti spam dan berbagai contoh tujuan seseorang melakukannya. Istilah spam atau spamming mungkin sudah pernah Anda dengar sebelumnya atau bahkan Anda sering mengalaminya sendiri. Spam sendiri bisa berupa pesan teks, email, dan lainnya.

Umumnya spammer atau pelaku spam akan mengirimkan pesan dalam jumlah yang banyak. Hal tersebut tentunya sangat mengganggu dan merugikan semua penerima spam tersebut. Kita bisa menerima spam dari spammer tentu bukan tanpa alasan. Namun ada penyebab tertentu yang membuat spammer bisa mengirim spam pada kita.

Misalnya yaitu karena spammer sengaja mencari nomor telepon dan email orang lain secara acak. Kemudian karena adanya kebocoran data yang Anda input pada beberapa situs. Penyebab lainnya yaitu karena memasukkan data pribadi ke sembarangan aplikasi. Berbagai hal tersebut bisa membuat spammer mendapatkan kontak kita.

Apa Arti Spam? Berikut Pembahasannya

Menurut pengertian secara umum, spam adalah aktivitas mengirim pesan pada orang lain melalui perangkat elektronik secara terus-menerus dengan jumlah masif tanpa kehendak atau keinginan dari para penerimanya. Aktivitas spam bisa kita sebut dengan istilah spamming, sedangkan pelakunya bisa kita sebut sebagai spammer.

Ada banyak sekali contoh spam yang umum terjadi di kehidupan kita sehari-hari bahkan pernah Anda alami. Mulai dari spam email, yang mana spammer mengirim surat email secara massal untuk penerima email. Kemudian spam SMS, yang mana spammer akan mengirim pesan melalui SMS ke nomor para penerima yang berhasil didapatkan.

Selain spam melalui email dan SMS, spam juga bisa terjadi pada kolom komentar dalam postingan blog. Apa arti spam komentar? Spam ini bisa berupa komentar dengan jumlah sangat banyak pada postingan blog. Contoh lainnya yaitu spam di mesin pencari atau spamdexing yang bertujuan agar bisa mendapatkan trafik dari mesin pencari.

Tujuan Spam

Spammer atau pelaku spam tentu tidak melakukan aktivitas yang merugikan orang lain tersebut tanpa tujuan. Akan tetapi para pelaku spam tersebut bisa memiliki berbagai tujuan dan maksud tersendiri. Nah, berikut ini adalah beberapa contoh tujuan mengapa orang-orang melakukan spam yang sangat mengganggu tersebut:

Untuk Penipuan

Tujuan spam yang cukup banyak terjadi yaitu untuk menipu para penerimanya melalui email, SMS, maupun media lainnya. Tujuan penipuannya tersebut juga sangat beragam seperti untuk mencuri data, memeras uang dalam rekening, hingga phising atau mengambil alih akun online. Berbagai hal tersebut tentu sangat merugikan korban.

Hanya Sekedar Iseng

Apa arti spam yang tidak jelas? Jika Anda menerimanya bisa jadi karena spammer hanya iseng dan tidak memiliki tujuan apa pun. Meski begitu tentunya spam iseng juga akan sangat mengganggu para penerimanya. Apalagi jika pesan spam dari spammer sangat tidak jelas, seperti menyebarkan link website hingga mengirim gambar.

Untuk Promosi

Selain untuk penipuan dan tindakan iseng, beberapa orang mungkin juga melakukan spam untuk melakukan promosi barang atau jasa. Bisa saja pelakunya mengirim pesan terus-menerus yang isinya penawaran suatu barang atau jasa. Hal tersebut tentunya juga mengganggu apalagi jika kita memang tidak tertarik dengan produk tersebut.

Demikianlah pembahasan mengenai apa arti spam dan apa saja contoh tujuannya. Jika mendapatkan pesan spam, Anda harus berhati-hati agar tidak tertipu dan terjebak. Bahkan Anda bisa mengabaikannya dan melakukan tindakan pencegahan spam lainnya untuk melindungi perangkat Anda.