Tekno  

Apa Itu TIK Menurut Para Ahli Beserta dengan Fungsinya

Apa Itu TIK
freepik.com

Apa itu TIK? TIK atau kependekan dari istilah Teknologi Informasi dan Komunikasi, secara terminologinya merupakan sebuah proses dalam menyampaikan informasi yang melalui pengolahan data yang melibatkan sebuah pengiriman serta penerimaan informasi dengan memakai simbol tertentu.

Teknologi Informasi dan Komunikasi merupakan teknologi yang berkaitan dengan pengambilan, pengumpulan, pengolahan, penyimpanan, penyebaran, serta penyajian informasi. Terdapat pendapat lainnya yang menyebutkan pengertian TIK yaitu hasil rekayasa manusia dalam melakukan sebuah proses penyampaian informasi serta pesan dari satu pihak terhadap pihak lainnya.

Dengan cara yang lebih cepat, lebih luas dalam sebarannya, serta lebih lama untuk penyimpannya. Adapun kata lainya yaitu teknologi yang mempunyai kaitan dengan peralatan teknis untuk memproduksi serta menyalurkan suatu informasi. Terdapat sejumlah contoh dari TIK antara lainnya seperti komputer, laptop, smartphone, internet (web, situs, blog, media sosial, serta email).

Kemudian teknologi siaran langsung berupa radio, televisi, live streaming, serta webcasting. Terdapat pula teknologi penyiaran yang direkam atau podcast, pemutar audio serta video, dan perangkat penyimpanan. Juga telepon seperti telepon kabel, telepon seluler, satelit, visio atau konferensi video.

Apa Itu TIK Menurut Para Ahli

TIK melibatkan rekayasa, teknologi, serta teknik tertentu dalam memproses, mengendalikan, serta memakai informasi, dan hubungan antara manusia serta perangkat komputer dalam sejumlah kegiatan. Mulai dari sosial, ekonomi, budaya, dan lainnya sebagai. Maka supaya lebih memahami apa itu TIK, Anda bisa mengacu pada pendapat beberapa ahli. Antara lainnya sebagai berikut.

Eric Deeson

Pengertian TIK menurut Eric Deeson merupakan keperluan manusia dalam melakukan proses memindahkan serta mengambil, mengolah, sekaligus memproses suatu informasi dalam hal sosial yang akan menguntungkan dirinya sendiri serta masyarakat secara menyeluruh.

William E. Sawyer

Pengertian TIK menurut William E. Sawyer merupakan struktur dari teknologi, yang mengombinasikan perangkat keras, misalnya komputer dengan jaringan komunikasi yang mempunyai kekuatan tinggi dalam membawa file, data, video, maupaun audio. Jaringan tersebut biasa dikenal dengan sebutan internet.

Annata Sannai

Pengertian TIK menurut Annata Sannai yakni sebuah alat yang digunakan oleh manusia guna memperoleh informasi atau pengetahuan dari orang lain.

Puskur Diknas Indonesia

Apa itu TIK menurut Puskur Diknas Indonesia merupakan sebuah rangkaian struktur yang saling berhubungan antara satu dengan yang lainnya. Yang mana di dalamnya ada sebuah kegiatan proses, kelola, manipulasi, serta transfer data atau informasi dari sebuah media ke media yang lainnya.

Dalam KBBI atau Kamus Besar Bahasa Indonesia tidak menjelaskan TIK dalam bidang teknologi serta informasi, akan tetapi lebih mengacu dalam pengertian teknologi informasi. Pasalnya pengertian teknologi informasi mengacu pada KBBI yaitu pemakaian teknologi misalnya komputer, elektronik, atau telekomunikasi untuk mengolah dan juga melakukan distribusi informasi dalam bentuk digital.

Kemendikbud

Kemudian menurut Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, serta Teknologi, TIK merupakan teknologi informasi serta komunikasi yang bisa membuat semua teknologi akan berkaitan dengan penanganan sebuah informasi.

Fungsi TIK

Fungsi Teknologi Informasi dan Komunikasi secara umumnya yaitu membantu dalam proses pengiriman serta penerimaan sebuah informasi. Adapun fungsi TIK yang berada dalam kehidupan manusia. Antara lainnya sebagai berikut.

Capture

TIK mempunyai peran untuk menjadi alat penangkap atau capture informasi yang berasal dari sejumlah sumber. Maka, Anda bisa memilah informasi yang kredibel serta bisa dipercaya.

Processing

Dalam hal tersebut TIK bisa berupa gabungan dari sejumlah rangkaian kegiatan. Untuk contohnya yaitu komputer menerima input data dari alat scanner. Kemudian data akan diproses sampai menjadi sebuah informasi berupa teks atau gambar.

Untuk itu selain Anda mengetahui apa itu TIK. Anda juga perlu mengetahui apa saja fungsi dari TIK. Sebenarnya fungsi TIK masih terdapat beberapa. Antara lain seperti generating, storage, retrieval, transmission.