Aplikasi Kasir Android Memudahkan Tugas Kerja, Ini Rekomendasi

Aplikasi Kasir Android
Ritaelfianis.ID

Aplikasi kasir Android menjadi salah satu kebutuhan penting, terlebih di era teknologi seperti sekarang ini. Sebenarnya pengenalan aplikasi untuk platform Android itu merupakan hal yang sudah tidak baru lagi. Dengan keberadaan layanan tersebut tentunya akan memudahkan pengguna internet untuk melakukan komunikasi dengan orang lain di seluruh dunia. Pengertian dari layanan tersebut untuk versi Android merupakan sebuah perangkat lunak yang dirancang agar bisa berfungsi atau berjalan pada perangkat yang berbasis Android.

Contohnya adalah smartphone bisa juga smartwatch dan tablet serta perangkat lain yang menggunakan sistem operasi sama. Melalui layanan tersebut nantinya kita akan mendapatkan berbagai macam layanan, pengalaman, dan juga fungsionalitas.

Keberadaan dari layanan tersebut juga memberikan kemudahan tersendiri. Apalagi saat ini tidak semua masyarakat Indonesia itu menggunakan iPhone. Ada banyak alasan juga yang mendasari kenapa penggunaan iPhone belum merata.

Salah satunya adalah masih sedikit orang yang menyayangkan sejumlah uang puluhan juta untuk membeli 1 produk saja. Meskipun produk tersebut juga akan mempermudah kita untuk melakukan berbagai hal. Karena mereka lebih menghemat uang untuk kebutuhan masa depan dan memilih untuk membeli ponsel Android.

Sebenarnya baik itu platform iOS maupun Android sama-sama menawarkan keunggulan tersendiri. Tergantung bagaimana cara kita menggunakan dan mensyukurinya.

Sedangkan bekerja menjadi seorang kasir itu juga butuh keahlian khusus. Walaupun keahlian yang dibutuhkan ini tidak perlu mengikuti kelas khusus ataupun bimbingan. Kendati demikian, menjabat sebagai pegawai kasir itu juga bukanlah hal yang mudah.

Ketika kita keliru dalam menghitung, nantinya kita yang akan mengganti sejumlah uang tersebut. Bagaimana jika jumlah kerugian mencapai puluhan juta? Apakah nantinya akan sebanding dengan gaji yang kita dapatkan?

Rekomendasi Aplikasi Kasir Android

Perlu Anda ketahui bahwa aplikasi kasir merupakan software ataupun perangkat lunak yang dirancang guna membantu proses pembayaran serta pencatatan transaksi penjualan. Tanpa disadari ternyata penggunaan aplikasi ini juga sudah banyak digunakan oleh para pelaku bisnis toko, restoran, cafe, serta bisnis ritel lainnya. Pelaku bisnis tersebut menggunakan layanan ini untuk membantu menghitung penjualan serta manajemen stok.

Keberadaan software tersebut menyebabkan bisnis lebih mudah untuk memproses pembayaran serta menghitung kembali uang kembalian yang harus diberikan. Tidak hanya itu saja, tetapi juga mencatat produk serta layanan dan memperbarui stok dengan lebih mudah.

Tidak sedikit aplikasi kasir juga yang sudah dibekali dengan adanya fitur analytics. Sebuah fitur yang bisa membantu bisnis untuk menganalisa data penjualan serta mengambil keputusan.

Penggunaan aplikasi kasir Android ini juga bisa diintegrasikan dengan perangkat keras, misalnya saja seperti halnya printer struk ataupun mesin kasir dan scanner barcode. Bukan hanya bisa membantu serta mempercepat proses pekerjaan manusia. Tetapi aplikasi yang satu ini juga dapat menciptakan hasil yang lebih akurat serta membantu untuk memecahkan permasalahan.

Umumnya penggunaan aplikasi ini untuk mengontrol perangkat keras, melakukan proses perhitungan, serta berinteraksi dengan aplikasi yang lebih mendasar lainnya. Hadir sebagai layanan yang berfungsi dan membantu untuk mengelola transaksi penjualan serta pembayaran. Nyatanya aplikasi kasir Android itu juga mempunyai beberapa kelebihan.

Kelebihan yang Dimiliki

Keunggulan yang dimiliki oleh aplikasi kasir Android ini biasanya dirancang dengan antarmuka yang lebih intuitif serta mudah untuk digunakan. Hal tersebut juga menjadi kemudahan tersendiri bagi para pemilik toko maupun penjual untuk bisa mengelola inventaris serta transaksi dan melihat laporan penjualan tanpa terus membutuhkan pengetahuan teknis yang mendalam ataupun khusus.

Platform ini juga memungkinkan pemilik usaha untuk bisa mengelola bisnis secara mobile. Dengan perangkat Android yang satu ini transaksi bisa dilakukan pada tempat yang berbeda-beda Bahkan di luar toko fisik sekalipun. Penggunaan software Android ini juga bisa diintegrasikan dengan perangkat lain misalnya Barcode Scanner serta mesin pembayaran juga printer struk.

Hal yang demikian itu sudah pasti sangat membantu dalam meningkatkan efisiensi pembayaran serta penjualan. Belum lagi jika platform tersebut sudah dilengkapi fitur manajemen inventaris yang mana memungkinkan pemilik toko untuk melacak stok barang, lalu mengelompokkan produk, dan mendapatkan notifikasi ketika persediaan barangnya mulai menipis.

Sebenarnya tidak hanya itu saja kelebihan yang dimiliki oleh software ini. Kita sebagai pemilik nantinya juga akan mendapatkan informasi mengenai laporan penjualan yang lebih komprehensif. Dengan adanya data tersebut bisa membantu pemilik untuk menganalisis performa penjualan, identifikasi trend, serta membuat keputusan bisnis yang lebih baik lagi.

Adanya aplikasi kasir Android benar-benar sangat membantu para pelaku bisnis serta pelaku UMKM. Untuk Anda yang ingin mendapatkan semua kemudahan dan kelebihan dalam menggunakan aplikasi kasir Android, tapi masih ragu dan belum mengetahui rekomendasi terbaiknya, berikut ini penjelasan lengkapnya.

Qasir

Rekomendasi yang pertama adalah Qasir. Merupakan aplikasi yang gratis. Fokus dari aplikasi ini adalah membantu pelaku usaha mikro. Dengan demikian itu, mereka hanya menonjolkan layanan gratisnya saja.

Fitur gratisan dari platform ini juga cukup standar, namun sudah mencukupi kebutuhan para pelaku usaha mikro tersebut. Beberapa fiturnya ada laporan penjualan dasar, struk digital, dan pembayaran digital atau QRIS.

Tidak boleh ketinggalan ada transaksi digital juga pengelolaan produk serta stok, dan masih banyak lagi. Versi gratis tersebut juga sudah terdapat management staff serta outlet. Layanan ini juga menyediakan versi pro dan premium future untuk Anda yang membutuhkan fitur lebih advance lagi. Penggunaan aplikasi ini untuk versi Pro membutuhkan biaya langganan setiap bulannya.

Kasir Pintar

Untuk rekomendasi aplikasi kasir Android berikutnya adalah Kasir Pintar. Ketahuilah bahwa platform ini merupakan startup Saas. Mempunyai fokus utama pada pemberdayaan usaha kecil menengah serta menyediakan point of sales yang berbasis mobile.

Layanan ini juga sengaja dirancang untuk dapat menggantikan sistem kasir yang berbasis desktop untuk mencapai mobilitas yang lebih besar. Aplikasi yang satu ini sudah ada sejak tahun 2016 dan tercatat mempunyai 30 ribu pengguna. Semakin banyak yang menggunakan maka pihak pemilik dari layanan ini juga bersemangat untuk dapat menghadirkan produk terbaik.

Simplus

Masih ada simplus yang juga menjadi rekomendasi aplikasi kasir Android. Simplus dapat membantu seller untuk mengurus orderan serta shipping dari berbagai channel penjualan menggunakan satu aplikasi saja.

Melihat adanya pola belanja masyarakat yang mengalami pergeseran tantangan tersendiri. Entah itu untuk pilihan tempat belanja yang terdapat di marketplace ataupun jenis pembayaran atau pilihan kurir untuk mengirimkan barang. Namun adanya teknologi nyatanya memudahkan kita untuk melakukan semua kegiatan dengan adanya bantuan dari penggunaan teknologi itu sendiri.

Kasir Kita

Tidak hanya itu saja, tetapi masih ada Kasir Kita. Merupakan satu layanan yang mempunyai banyak fungsi. Mulai dari penjualan terintegrasi dengan laporan pembukuan, kemudian manajemen produk juga manajemen supplier serta manajemen karyawan dan manajemen Inventory. Selain itu, platform ini juga berfungsi sebagai kontrol penggunaan, multi cabang usaha yang bisa diakses kapanpun dan dimanapun.

Dalam pengaplikasiannya, semua data akan aman tersimpan dan bisa diakses secara offline maupun online. Semuanya itu sudah sangat lengkap sehingga mendukung usaha menjadi lebih berkembang. Rekomendasi terbaik untuk penggunaannya adalah usaha FNB ataupun retail juga barbershop dan salon. Bagi para pelaku usaha restoran, minimarket, apotek, reseller, warung kelontong, online shop, dan berbagai usaha lainnya juga cocok menggunakan aplikasi kasir Android yang satu ini.

Majoo

Alikasi selanjutnya ada majoo. Merupakan aplikasi wirausaha yang lengkap serta menyediakan berbagai solusi untuk kebutuhan bisnis. Sangat cocok untuk semua jenis bisnis, entah itu toko waralaba ataupun toko ritel, salon, bengkel, dan yang lainnya. Penggunaannya juga tersedia versi gratis dan berbayar. Sampai saat ini sudah terdapat 40000 pengguna di 600 kota Indonesia.

Ketahuilah bahwa aplikasi kasir Android yang satu ini juga menyediakan fitur lengkap ada kasir online kemudian inventory lalu karyawan, CRM dan akuntansi, analisa bisnis owner, dan toko online. Dengan adanya fitur tersebut membantu Anda untuk mengelola usaha supaya bisa berkembang dengan pesat.