Gadget  

Rekomendasi Samsung Tab S Series, Performa & Fitur Komplit

Rekomendasi Samsung Tab S Series, Performa & Fitur Komplit
Youtube.com

Samsung tidak hanya produktif membawa smartphone berkelas, ternyata mereka juga cukup eksis di pasar perangkat tablet. Samsung Tab S menjadi seri Galaxy Tab yang saat ini sudah rilis cukup banyak ke pasaran dan menarik banyak perhatian. 

Galaxy Tab hadir dengan dua seri, yakni Samsung Tab A Series dan Tab S Series. Kali ini kita akan membahas beberapa rekomendasi Samsung Galaxy Tab S Series dengan spesifikasi dan performa mumpuni.

Rekomendasi Samsung Tab S Series, Performa Terbaik dan Fitur Komplit

Samsung Tab seri S ini menyasar segmen menengah atas dengan spesifikasi serta fitur premium. Sementara series A targetnya untuk pengguna menengah ke bawah. Hal menarik dari sebagian besar tab Samsung terbaru sudah mendukung S Pen.

Dukungan S Pen ini tentunya akan memudahkan pengguna dan meningkatkan produktivitas. Tidak perlu khawatir dengan harganya karena bisa disesuaikan dengan keuangan yang dimiliki. Berikut ini daftar tablet Samsung S Series yang sudah rilis ke pasaran.

Samsung Galaxy Tab S6

Samsung Galaxy Tab S6 ini memiliki spesifikasi tinggi dengan performa ditenagai oleh prosesor Snapdragon 855. Prosesor ini dipadukan dengan RAM 6GB dan memori internal 128 GB. Luas layarnya 10,5 inci Super AMOLED menawarkan tampilan memikat. Tablet ini hadir dengan warna Mountain Gray, Cloud Blue, dan Rose Blush.

Baterainya berkapasitas 7.040 mAh yang diklaim dapat bertahan hingga 15 jam. Samsung Tab S ini juga sudah menyematkan S Pen untuk berbagai aktivitas. Sementara itu, kameranya ada dua di belakang dengan konfigurasi 13 MP dan 5 MP, sementara kamera depannya 8MP.

Samsung Galaxy Tab S6 Lite (2022)

Desainnya compact Tab S6 Lite ini cocok untuk anak kuliahan dan siswa yang sedang mencari tablet. Tablet ini merupakan upgrade terbaru dari seri yang sama di tahun sebelumnya. Dilengkapi dengan S pen, mencatat dan menggambar menjadi lebih mudah. Tersedia pula berbagai fitur penunjang, seperti Galaxy Note, fitur zoom tulisan, hingga highlighter.

Samsung Tab S6 Lite ini menggunakan chipset Snapdragon 720G berpadu dengan kapasitas penyimpanan RAM 4 GB dan ROM 128 GB up to 1 TB. Ukuran layarnya 10,4 inch pas untuk mengerjakan berbagai tugas maupun menonton film berkat kapasitas baterainya 7040 mAh.

Samsung Galaxy Tab S7 FE

Samsung Tab S Series selanjutnya ini memiliki spek kelas menengah yang sudah mendapatkan dukungan 5G. Tablet ini juga bisa menjadi pilihan untuk multi window yang akan mempermudah pekerjaan. Produk ini juga memiliki display output yang bisa digunakan untuk second screen.

Tablet ini hadir dengan dua pilihan chipset, Qualcomm SM7225 dan Snapdragon 750G 5G. Ukuran layarnya 12,4 inch dengan kapasitas baterai sebesar 10.090 mAh yang dapat menemani produktivitas seharian. Andalnya chipset dibarengi dengan kapasitas RAM 6 GB dan ROM 128 GB.

Samsung Galaxy Tab S7

Tablet powerfull ini hadir dengan fitur yang mendukung produktivitas sehari-hari. Dengan layar LTPS TFT berukuran 11 inch didukung refresh rate 120Hz dan HDR10+. Performanya juga sudah mantap dengan prosesor Snapdragon 865+ disokong RAM 6 GB dan ROM 128 GB. Kapasitasnya memorinya diperbesar dengan microSD hingga 1 TB.

Konfigurasi Samsung Tab S ini mendukung multitasking dan menjalankan fitur Multi-Active Windows yang memungkinkan para penggunanya membuka serta menjalankan hingga tiga aplikasi sekaligus. Sementara itu, di bagian kameranya dibekali dengan kamera utama 13 MP dan ultra wide 5 MP. Hal ini juga ditambah dengan kamera depan 8 MP. Sementara itu, kapasitas baterainya mencapai 8.000 mAh.

Samsung Galaxy Tab S7+

Rekomendasi tablet Samsung yang satu ini sayang bila dilewatkan begitu saja. Samsung Galaxy Tab S7+ menggunakan prosesor Octa-Core berkecepatan 3,09 Ghz, 2,4 GHz, dan 1,8 GHz. Ukuran layarnya juga cukup besar, yakni 12,4 inch beresolusi 2800 x 1752. Layar utamanya mengusung teknologi super AMOLED. Tablet ini dilengkapi dengan kamera beresolusi 13 MP + 5 MP dan kamera depan 8 MP.

Tablet ini mendapatkan dukungan Snapdragon 865+ untuk performa multitasking terbaik. Kapasitas RAM lebih besar, yakni 8 GB dan ROM 256 up to 1 TB. Kapasitas baterainya lebih besar dengan kapasitas 10.090 mAh. Beratnya sekitar 575 g yang cukup ringan untuk tablet berukuran cukup lebar.

Samsung Galaxy Tab S8 (Wi-Fi)

Seri ini merupakan seri termurah S8 yang speknya tetep mumpuni. Seri ini bisa menjadi pilihan bila mencari tablet dengan spek sultan, tetapi budgetnya terbatas. Tablet ini merupakan seri S8 termurah dari Samsung. Fiturnya hampir sama dengan tablet S8 lainnya dengan harga Rp 10 jutaan saja.

Samsung Tab S ini bisa digunakan untuk second screen secara wireless dan terdapat fitur tap to scan untuk melakukan scan pada dokumen untuk mendukung pekerjaan. Untuk performanya sendiri, tablet ini ditenagai chipset Snapdragon 8 Gen 1 yang menawarkan kecepatan serta kenyamanan untuk menjalankan sistem operasi Android 12 dengan antarmuka One UI 4.1.

Menarik lagi, tablet Samsung ini menggunakan kamera belakang kamera utama 13 MP dengan kamera ultra wide 6 MP dan kamera depan beresolusi 12 MP. Tablet ini memiliki baterai berkapasitas jumbo, yakni 8.000 mAh dengan dukungan teknologi Super Fast Charging 2.0 45 watt.

Samsung Galaxy Tab S8 Plus

Tablet ini memiliki dimensi layar lebih besar dari Galaxy Tab S8 memiliki ukuran 12,4 inch. Materi layarnya menggunakan AMOLED beresolusi WQXGA Plus. Kemudian dari segi baterainya, kapasitas tablet ini lebih besar mencapai 10.090 mAh dan mendapatkan dukungan teknologi pengisian cepat, yakni 45 watt.

Tablet ini menggunakan operasi sistem Android 12 dan One UI 4. Resolusi kameranya 13 MP berpadu dengan 12 MP. Sementara itu, chipsetnya menggunakan Qualcomm SM8450 dan Snapdragon 8 Gen 1. Kapasitas penyimpanannya juga besar, yakni RAM 12 GB dengan penyimpanan internal 256 GB.

Samsung Galaxy Tab S9 FE+ (WiFi)

Samsung Tab S Series selanjutnya ini memiliki layar luas 12,4 inch yang sudah mendukung refresh rate 90 Hz. Bodinya tahan air sudah bersertifikasi IP68 dan aman bila terkena air tawar atau air hujan. Terdapat kamera ultra wide di bagian depannya yang cocok untuk online meeting.

Tablet ini juga sudah mendapatkan dukungan S Pen responsif dan terdapat Samsung DeX, berarti tablet dapat dijadikan alternatif laptop. Kekuatan baterainya juga cukup oke dengan 10.009 mAh dan dukungan pengisian cepat 45 watt. Tablet ini memiliki dua varian, yakni WiFi dan 5G.

Samsung Galaxy Tab S9 Ultra 5G

Sama seperti seri di atas, tablet ini memiliki bodi kokoh dengan sertifikasi IP68, tetap bekerja maksimal meski tercebur di air tawar. Layar super lebar yang keren dengan ukuran 14,6 inch hampir sama dengan ukuran laptop. Performa maksimal dengan Snapdragon 8 Gen 3 membuat produktivitas jelas mantap.

Kapasitas memori RAM 12 GB dengan ROM 512 GB sangat lega untuk menyimpan berbagai file penting. Terlebih lagi juga terdapat slot microSD up to 1 TB lebih maksimal dalam penyimpanan. Sementara itu, kapasitas baterainya 11.200 mAh berpadu dengan Quad Stereo Speakers with Sound by AKG dan Dolby Atmos semakin memanjakan saat menonton film favorit. 

Banyaknya variasi jenis tablet keluaran Samsung, terutama di Samsung Tab S Series ini menjadi keuntungan. Selain itu, adanya banyak pilihan di pasaran juga bisa disesuaikan dengan budget dan kebutuhan.