Kabel Twisted, Penghubung dalam Jaringan Komputer

Kabel Twisted

Kabel twisted adalah salah satu komponen penting yang terdapat dalam jaringan komputer. Bagi sebagian orang terlebih mereka yang paham tentang IT mungkin nama dari komponen tersebut sudah tidak asing lagi. Perlu Anda ketahui bahwa sebutan lain dari komponen tersebut adalah twisted pair ataupun kabel pasangan yang berpilin. Tak cukup itu saja, tetapi terkadang juga disebut sebagai kabel UTP atau kepanjangan dari unshielded twisted pair.

Apapun itu, pada intinya benda tersebut mempunyai manfaat yang sangat penting. Bahkan dalam jaringan komputer peranan dari benda ini juga tidak bisa disepelekan. Pasalnya dapat membantu untuk memperlancar kinerja dari suatu jaringan. Secara umum penggunaan dari kabel ini adalah pada jaringan komputer. Umumnya juga difungsikan untuk menghubungkan perangkat keras jaringan komputer satu dengan lainnya.

Kita juga bisa melihat keberadaan kabel ini di suatu tempat, misalnya gedung perkantoran. Atau bisa juga dikatakan bahwa komponen ini merupakan salah satu teknologi penghubung paling umum digunakan dalam dunia digital. Sebenarnya peranan dari teknologi penghubung ini tidak hanya ada pada jaringan komputer saja, melainkan juga sistem audio serta telepon. Bisa juga dikatakan bahwa Twisted pair merupakan tulang punggung yang bisa menghubungkan perangkat elektronik serta memungkinkan terjadinya pertukaran informasi.

Biasanya juga jenis kabel ini terbuat dari bahan penghantar tembaga. Di dalamnya terdapat isolasi yang berasal dari plastik serta terbungkus bahan isolasi yang bisa melindungi dari api serta kerusakan fisik. Dalam penerapan dan penggunaannya kabel tersebut terdiri dari 4 pasang inti kabel yang saling berbelit. Keunikan dari kabel penghubung ini adalah masing-masing pasangan itu memiliki kode warna yang berbeda-beda.

Pengertian dari Kabel Twisted

Untuk menambah wawasan serta ilmu pengetahuan tentunya tidak ada salahnya jika kita mencoba mempelajari lebih dalam tentang kabel UTP tersebut dan semua yang berkaitan dengan penggunaannya. Terdapat banyak komponen yang memiliki peranan penting dalam jaringan komputer. Bahkan, tanpa adanya komponen tersebut membuat jaringan tidak bisa bekerja dengan maksimal.

Jadi, penting untuk kita mempelajari tentang ilmu komputer dan semua yang berkaitan dengan penggunaannya dalam kehidupan sehari-hari. Entah yang hanya dimanfaatkan untuk menonton film, mendengarkan lagu, mengerjakan word maupun excel, ataupun mengerjakan hal yang berkaitan dengan internet maupun media sosial. Dengan kita memahami semuanya, kita akan semakin lebih mudah mengoperasikannya sendiri. Sama seperti halnya dengan komponen penghubung twisted ini.

Untuk pengertian dari penghubung tersebut merupakan salah satu jenis kabel yang bisa dipakai untuk membuat jaringan komputer. Lebih tepatnya kabel tersebut berupa kabel yang bagian dalamnya terdapat 4 pasang. Terbagi menjadi dua jenis.

Jenis pertama adalah shielded dan unshielded. Jenis shielded mempunyai selubung pembungkus. Sedangkan unshielded merupakan jenis yang tidak memiliki selubung pembungkus.

Supaya bisa mengkoneksikan jaringan komputer, dibutuhkan konektor rj-45 ataupun rj-11. Dalam arti lain, kabel twisted ini mempunyai pengertian sebagai sebuah bentuk kabel dengan dua konduktor yang digabungkan, bertujuan mengurangi maupun meniadakan gangguan elektromagnetik.

Fungsinya

Tidak hanya itu saja, pengertian dari twisted pair itu sendiri. Sebab, juga diartikan sebagai media guided yang hemat serta paling banyak digunakan. Sebenarnya media transmisi ini juga merupakan yang paling umum dan tersedia dari 2 kawat disusun serta disekat dalam suatu pola spiral beraturan. Sepasang kawatnya memiliki fungsi sebagai satu jalur komunikasi tunggal.

Sebelumnya sudah dijelaskan bahwa 4 kawat yang digabung menjadi satu kabel dengan dibungkus dalam sebuah pelindung yang lebih keras. Masing-masing kawat juga diberi warna berbeda untuk memudahkan proses wiring-nya, terlebih ketika pemasangan kabel dalam konektor.

Umum fungsi dari kabel twisted ini adalah untuk mengurangi maupun meniadakan gangguan elektromagnetik yang berasal dari luar. Misalnya adalah radiasi elektromagnetik yang berasal dari kabel pasangan serta Cross talk. Crosstalk sendiri merupakan gangguan yang berupa masuknya sinyal dari kata lain letaknya berdekatan.

Di samping itu penghubung ini juga dapat dimanfaatkan sebagai kabel untuk jaringan local area network pada jaringan komputer. Umumnya juga kabel UTP yang satu ini mempunyai impedansi sekitar 100 Ohm.

Macam-macamnya

Mengenai jenis-jenis dari kabel twisted ini sebenarnya sebelumnya sudah sedikit dijelaskan. Dimana jenis yang pertama adalah unshielded twisted pair atau UTP. Tidak dilengkapi dengan adanya Shield internal. Penggunaannya sering untuk jaringan lokal ataupun LAN. Karena memang harganya lebih murah serta kinerjanya sangat bagus juga fleksibel.

Ada juga jenis foiled twisted pair atau FTP. Dimana untuk jenis yang satu ini sudah dilengkapi dengan adanya pelindung perubahan aluminium foil serta berada pada lapisan luar. Adanya pelindung tersebut berguna mengurangi gangguan elektromagnetik. Berikutnya adalah Shielded twisted pair atau STP. Merupakan sebuah jenis kabel yang mempunyai perlindungan dari aluminium foil guna melindungi kabel itu sendiri dari interferensi elektromagnetik luar.

Berdasarkan pada karakteristik transmisi ternyata kabel twisted juga dibedakan menjadi beberapa kategori. Untuk Kategori 1 umumnya itu digunakan untuk komunikasi suara saja, kemudian kategori 2 bisa menghubungkan perangkat yang karakteristik transmisinya itu mencapai 4 mbps. Perbedaan dengan kategori ketiga yang berfungsi untuk transmisi maksimal laju datanya mencapai 10 sampai 16 mbps atau ethernet.

Selanjutnya adalah kategori keempat bertujuan menghubungkan perangkat dengan karakteristik yang mempunyai laju transmisi sampai 20 mhz. Kategori yang selanjutnya adalah kategori 5 biasanya untuk menghubungkan perangkat yang mempunyai karakteristik sampai 100 mhz atau juga disebut dengan istilah fast internet.

Berikutnya adalah kategori kabel twisted 5E adalah perbaikan dari kategori 5, meskipun laju datanya tetap 100 mbps. Terakhir adalah kategori 6 dan 7 yang mempunyai karakteristik transmisi mencapai 250 sampai dengan 600 mbps atau disebut dengan gigabit ethernet.

Cara Kerjanya

Bagaimana cara kerja dari kabel twisted tersebut? Sebenarnya prinsip dasar dari penghubung tersebut adalah mengurangi gangguan elektromagnetik dan gangguan listrik yang bisa mengganggu transmisi data hal tersebut bisa dicapai dengan merentangkan 2 konduktor yang berdampingan couple serta melilitnya bersama-sama dalam spiral.

Dengan melakukan hal tersebut ketika arus mengalir melalui kabel. Maka medan magnet yang dihasilkan oleh satu konduktor juga akan membatalkan medan magnet yang dihasilkan oleh konduktor yang bersebelahan. Sehingga dapat mengurangi EMI.

Oh iya, perlu Anda ketahui juga bahwa antara jenis kabel twisted satu dengan yang lainnya itu mempunyai kelebihan serta kekurangan yang berbeda-beda. Contohnya saja untuk twisted pair. Jenis yang satu ini mempunyai keunggulan harga terjangkau dan sering dijadikan alternatif. Pemasangannya juga cukup mudah serta mempunyai kemampuan yang baik untuk mengurangi gangguan elektromagnetik sehingga dijadikan pilihan utama yang handal untuk kebutuhan transmisi data.

Warnanya

Sebelumnya dijelaskan bahwa kabel Twisted ini terdiri dari beberapa warna. Perbedaan warna tersebut juga mempunyai tujuan yaitu mempermudah kita ketika ingin menghubungkan dengan konektornya. Untuk warnanya ada white orange kemudian orange selanjutnya ada white Green dan Green. Ada juga warna kabel twisted white blue dan blue serta white Brown dan Brown.