Storage Area Network, Hubungkan Server ke Penyimpanan Data

Storage Area Network
pixabay.com

Storage area network atau SAN menjadi salah satu jenis jaringan komputer yang memiliki fungsi penting. Jaringan SAN memegang peranan penting terhadap jalannya perangkat komputer. Tanpa adanya jaringan SAN, bisa jadi perangkat Anda tidak bisa berfungsi sama sekali.

Tetapi dengan adanya jaringan komputer, bisa memungkinkan para penggunanya untuk menerima sinyal dan mengakses berbagai web. Para pengguna juga bisa mengirimkan file dari jarak jauh untuk berbagai kebutuhan.

Storage Area Network atau Jaringan SAN Memiliki Kecepatan Tinggi yang Khusus

Komputer umumnya terhubung ke berbagai jenis jaringan yang menunjang fungsionalitasnya. Jaringan ini memungkinkan komunikasi antar perangkat, seperti Local Area Network (LAN) untuk koneksi di area terbatas, Wide Area Network (WAN) untuk koneksi antar wilayah yang luas, dan Internet untuk akses global. 

Jaringan juga mendukung berbagi sumber daya seperti printer dan file, serta memfasilitasi akses ke data dari jarak jauh. Keamanan jaringan sangat krusial untuk melindungi informasi sensitif. Selain itu, teknologi jaringan terus berkembang, termasuk konsep baru seperti cloud computing yang memungkinkan penyimpanan dan akses data melalui internet.

Dari beberapa jenis jaringan komputer salah satunya yang memiliki fungsi penting yaitu SAN. Jaringan SAN ini merupakan sebuah jaringan yang memiliki kecepatan tinggi secara khusus. Dalam jaringan ini terdiri dari beberapa server dan media penyimpanan atau storage. SAN bisa menghubungkan komputer dengan beberapa media penyimpanan atau storage dengan kecepatan tinggi pada sebuah server.

Salah satu jenis jaringan ini merupakan solusi penyimpanan yang bisa memungkinkan server untuk mengakses data melalui jaringan dengan menggunakan protokol tertentu. Beberapa protokol tertentu tersebut yaitu seperti FCOE, ISCSI, sampai Fiber Channel. 

Protokol tersebut bisa memberikan SAN kapabilitas dengan memisahkan data storage dari server. Beberapa protokol tersebut juga membuat jaringan ini tersedia untuk berbagai server dalam waktu yang sama.

Dapat Mempermudah Manajemen Data

Apabila memisahkan data storage dari server, jaringan ini akan mempermudah manajemen data dan memungkinkan para pengguna untuk meningkatkan kapasitas dan performa storage. Peningkatan kapasitas dan performa storage menjadi lebih mudah untuk para pengguna. 

Jaringan Storage Area Network juga memiliki kapabilitas dalam melakukan restore backup dan migrasi data yang lebih efisien. Selain itu jaringan ini juga selalu memastikan data tersedia atau yang terkenal dengan istilah high availability.

Setiap server bisa mengakses penyimpanan data bersama yang seolah-olah merupakan drive yang terhubung langsung ke server. Umumnya SAN memiliki rakitan yaitu berupa kabel adaptor bus host dan saklar yang terpasang pada susunan penyimpanan serta server. Setiap sistem penyimpanan dan switch pada SAN harus saling memiliki hubungan.

Tujuan Utama Jaringan SAN

Jaringan SAN memiliki tujuan yang memudahkan para pengguna perangkat dalam melakukan manajemen penyimpanan data. Hal ini tentunya akan mempermudah setiap pengguna dalam mengolah penyimpanan data pada sebuah perangkat komputer. 

Tujuan utama dari SAN yaitu untuk menangani trafik data pada jumlah besar antara server sampai peralatan penyimpanan. Storage Area Network dapat menangani trafik data pada jumlah yang besar tanpa mengurangi bandwidth yang ada pada WAN atau LAN.

Jaringan ini umumnya tersambung melalui fiber channel, yaitu sebuah teknologi komunikasi data yang memiliki kecepatan tinggi. Hal ini menjadikan SAN sebuah jaringan dedicated yang platform independent beroperasi pada belakang server. 

Jaringan SAN terdiri dari infrastruktur komunikasi yang bisa memberikan sambungan fisik serta lapisan manajemen. Infrastruktur komunikasi tersebut juga bisa mengatur sambungan, sistem komputer, sampai elemen penyimpanan.

Sehingga nantinya bisa menghasilkan transfer data yang handal dan juga aman. Para pengguna tidak perlu khawatir tentang keberhasilan transfer data menggunakan jaringan SAN. Hal itu karena seluruh proses transfer data mulai dari awal sampai akhir akan terjaga keamanannya.

Fungsi dari SAN

Storage Area Network juga mempunyai fungsi yang penting terhadap proses transfer data. Jaringan SAN memiliki fungsi untuk mengatur beberapa server dalam waktu bersamaan. Proses pengaturan beberapa server tersebut juga melalui transfer data yang sangat cepat.

Hal ini membuat para pengguna tidak perlu khawatir upgrade datanya rusak atau hilang ketika menggunakan SAN. Para pengguna bisa melakukan transfer data dengan aman tanpa adanya gangguan menggunakan SAN ini.

Kelebihan Penggunaan SAN

Jaringan SAN memiliki berbagai kelebihan untuk memudahkan aktivitas para penggunanya. Beberapa kelebihan tersebut bisa membuat proses penyimpanan sampai transfer data pada sebuah perangkat menjadi lebih lancar. 

Berikut ini merupakan beberapa kelebihan dari jaringan SAN untuk para penggunanya:

1. Memberikan Performa Tinggi

Jaringan SAN memberikan performa tinggi untuk tingkat akses dan kecepatan daripada storage lainnya. Daripada solusi storage seperti DAS atau Direct Attached Storage, SAN lebih memiliki tingkat akses dan kecepatan tinggi. SAN memiliki storage yang bersifat lokal dan langsung terhubung ke server. 

Selain itu, SAN juga memiliki kapasitas IOPS yang stabil dan tinggi. Hal ini akan memudahkan para penggunanya dalam melakukan berbagai kegiatan pada waktu yang mendesak.

2. Memiliki Skalabilitas Tinggi

SAN menjadi jaringan yang memiliki kecepatan tinggi khusus. Jaringan ini merupakan penyimpanan yang bekerja melalui jaringan terdedikasi khusus. Hal ini membuat SAN mudah dalam meningkatkan kapasitas storage tanpa mempengaruhi kinerja server. Kinerja server akan tetap stabil tanpa menimbulkan gangguan yang berarti.

3. Menawarkan Fleksibilitas Tinggi

Storage Area Network bisa memberikan fleksibilitas yang tinggi terhadap para penggunanya. Data penyimpanan SAN tidak tersimpan pada server yang sama. Hal ini membuat para pengguna bisa memisahkan data storage dari server.

Sehingga manajemen dan migrasi data bisa berjalan lebih mudah tanpa mengganggu kinerja server. Anda bisa melakukan kegiatan pengolahan dan transfer data tanpa terganggu hal-hal lain.

4. Ketersediaan Data Tinggi

Jaringan SAN juga memiliki ketersediaan data tinggi untuk para penggunanya. Salah satu jenis jaringan ini juga memiliki kapabilitas dalam melakukan clustering dan storage virtualization dalam meningkatkan tersedia data dan mengurangi downtime. Hal ini tentu bisa lebih mempermudah para pengguna jaringan SAN dalam melakukan banyak hal salah satunya migrasi data.

5. Lebih Efisien

Storage Area Network juga menawarkan tingkat keefisienan yang tinggi untuk para penggunanya. Salah satu jenis jaringan komputer ini memiliki sifat yang terpisah. Sehingga akan memudahkan para pengguna untuk memantau dan mengelola data storage dengan terpusat.

Tidak hanya itu, para pengguna jaringan juga bisa melakukan migrasi data, restore, sampai backup dengan lebih mudah. Dengan begitu memungkinkan setiap pengguna SAN menjalankan kegiatan lebih cepat dan lancar.

6. Data yang Tersimpan Lebih Aman

SAN juga bisa membuat para pengguna lebih tenang dan nyaman ketika memanfaatkannya. Hal itu karena data yang tersimpan pada SAN tentunya lebih aman. Hal ini juga bisa memungkinkan para pengguna dalam melakukan enkripsi data dan memastikan bahwa data hanya tersedia pada server yang memiliki otorisasi. Kemungkinan terjadi pencurian data juga lebih kecil dengan menggunakan jaringan ini.

7. Dapat Melakukan Integrasi Lebih Mudah

Jaringan SAN juga bisa Anda integrasikan dengan lebih mudah dan cepat. Para pengguna SAN bisa menghubungkan dan mengintegrasikannya dengan jaringan dan infrastruktur yang dimiliki tanpa mengganggu performa server. Sehingga berbagai kegiatan integrasi dan penghubungan ke jaringan akan berlangsung dengan lancar.

Storage Area Network atau SAN menjadi jaringan yang memiliki kecepatan tinggi menghubungkan dan mengirimkan kumpulan penyimpanan ke server. Salah satu jenis jaringan ini juga bisa bekerja pada beberapa server dalam waktu bersamaan. Hal ini akan lebih memudahkan para pengguna jaringan dalam melakukan berbagai kegiatan seperti transfer data dalam waktu yang cepat.