Gadget  

Cara Mengatasi HP Ngehang Supaya Kembali Berfungsi Normal

Cara Mengatasi HP Ngehang Supaya Kembali Berfungsi Normal (pexels)
pexels

Cara mengatasi HP ngehang ternyata menjadi solusi penting untuk smartphone model saat ini. Meskipun canggih dan kaya akan fitur inovatif, ternyata tidak menutup kemungkinan smartphone  lemot bahkan nge-freeze. Dulu cara mengatasi HP yang mengalami hang secara tiba-tiba hanya cukup dengan lepas pasang baterai. Sayangnya, saat ini kebanyakan HP sudah menggunakan baterai tanam yang tidak mudah untuk dilepas dan pasang kembali.

Cara Mengatasi HP Ngehang Secara Efektif dan Mudah

Smartphone saat ini menjadi device utama yang tidak bisa lepas dari penggunanya. Namun, semakin banyak fitur yang hadir, semakin rentan pula HP terkena berbagai masalah. Salah satunya perangkat yang nge-freeze mendadak. HP yang tiba-tiba mati atau layar tidak bisa bergerak memang sangat mengganggu.

Hal tersebut terjadi karena berbagai faktor, seperti memori penuh, penggunaan yang lama, dan panas yang berlebihan. Berikut ini adalah beberapa kiat yang bisa dilakukan untuk mengatasi kendala HP nge-freeze mendadak.

Hapus Cache dan Data Aplikasi yang Tidak Perlu

Terlalu banyak aplikasi yang terinstal dapat membuat ruang penyimpanan pada HP menjadi penuh. Yang mana faktor ini bisa memicu kinerja smartphone menjadi lambat. Salah satu cara mengatasi HP ngehang tersebut adalah dengan menghapus cache dan data aplikasi yang jarang terpakai.

Caranya cukup mudah, buka menu Settings, lalu cari Apps. Di menu ini akan muncul semua aplikasi yang terinstal, pilih salah satu aplikasi yang akan dihapus datanya. Ketuk aplikasi tersebut dan cari pilihan Clear Cache atau Clear Data.

Hentikan Aplikasi yang Beroperasi di Background

Cara yang kedua adalah dengan menghentikan background app yang bisa membuat kinerja HP menjadi lambat. Terlebih jika aplikasi yang tengah berjalan di latar jumlahnya banyak. Tentu smartphone akan kewalahan meskipun memiliki kapasitas RAM yang besar.

Oleh sebab itu, biasakan untuk menghentikan aplikasi-aplikasi yang tidak terpakai. Caranya Pergi ke menu Setting, lalu Apps, pilih aplikasi yang sedang beroperasi. Terakhir ketuk pilihan Stop atau Force Stop. Langkah ini akan menghentikan aplikasi tersebut secara efektif.

Restart Smartphone

Seperti halnya kebanyakan gadget yang lain, smartphone juga perlu direstart secara berkala. Dengan langkah ini, suatu perangkat akan melakukan penyegaran kembali pada semua aspek hardware maupun software. Sistem operasinya juga akan booting ulang sehingga file system akan beroperasi dari awal. Membuat HP akan beroperasi secara normal tanpa kendala.

Cara mengatasi HP ngehang ini sangat mudah, pengguna hanya perlu menekan lama tombol power hingga muncul berbagai pilihan. Ketuk Restart atau Reboot untuk menyalakan ulang perangkat. Selanjutnya tunggu hingga HP mati dan menyala kembali secara otomatis.

Periksa Pembaruan dan Update Sistem Secara Berkala

Langkah berikutnya yang kadang diabaikan oleh pengguna adalah memeriksa pembaruan sistem atau firmware. Mungkin karena proses pembaruan ini memakan waktu yang lama. Namun, update firmware maupun sistem operasi ini dapat memperbaiki bug dan masalah yang ada pada sistem yang lama. Sehingga sangat penting untuk memperbaruinya ketika ada notifikasi yang muncul.

Lama waktu update akan menyesuaikan dengan jenis pembaruan yang tersedia. Update minor mungkin akan lebih cepat selesai, berbeda dengan update OS yang biasanya memakan lebih banyak waktu. Update mayor ini umumnya memberikan perubahan UI dan fitur-fitur baru di dalamnya.

Setelah memahami cara mengatasi HP ngehang di atas, pengguna tidak perlu lagi panik saat terjadi permasalahan pada smartphone. Dengan melakukan beberapa tips tersebut idealnya HP akan kembali berfungsi dengan normal. Selain itu, biasakan pula untuk menggunakan perangkat secara bijak dan benar. Sehingga selain dapat beroperasi dengan lancar, HP juga akan lebih awet.