Gadget  

Cara Menghidupkan HP Tanpa Tombol Power dengan Mudah

Cara Menghidupkan HP Tanpa Tombol Power
Pexels.com

Cara menghidupkan HP tanpa tombol power berikut ini tentunya cukup mudah dan simpel. Misalnya yaitu dengan menyambungkannya pada charger, mengaktifkan double tap to wake, memanfaatkan tusuk gigi, dan masih banyak lagi. Dengan tutorial HP ini maka layar ponsel bisa menyala meskipun tidak perlu menekan tombol power.

Tombol power sendiri merupakan salah satu bagian yang sangat penting untuk sebuah ponsel. Dengan adanya tombol tersebut maka pengguna bisa dengan mudah mematikan HP maupun menyalakannya kembali. Dengan begitu pemilik bisa menggunakan ponsel untuk berbagai keperluan dengan lancar dan juga mudah.

Sayangnya, seiring berjalannya waktu tombol power bisa mengalami masalah yang akan cukup mengganggu. Misalnya yaitu tombol power lepas dari tempatnya bahkan fungsinya sudah tidak optimal. Akibatnya pengguna atau pemilik HP akan kesulitan ketika harus menyalakan HP tersebut. Masalah ini tentu sangat menyebalkan.

Cara Menghidupkan HP Tanpa Tombol Power, Menggunakan Charger Hingga Fingerprint

Tombol power memang menjadi bagian yang paling umum untuk menyalakan ponsel. Ketika layar ponsel sudah mati dan gelap maka pemilik tinggal menekan tombol power satu kali dan layar HP pun akan menyala. Begitu pula sebaliknya saat akan mematikan layar HP yaitu hanya tinggal menekan tombolnya satu kali.

Lalu bagaimana jika tombol power bermasalah dan sulit untuk menghidupkan layar dengan tombol tersebut? Masalah ini sebenarnya masih bisa kita atasi dengan beberapa trik mudah untuk menyalakan layarnya. Cara atau trik menyalakan HP tanpa tombol power tersebut bahkan bisa kita terapkan tanpa perlu membawa ponsel ke tempat service.

Berikut ini adalah beberapa solusi untuk menghidupkan layar ponsel ketika tombol power rusak atau bermasalah:

Menyambungkannya pada Charger atau Powerbank

Cara menghidupkan HP tanpa tombol power pertama yaitu dengan menghubungkan HP pada charger atau power bank seperti saat ingin mengisi daya baterai. Ketika menghubungkan HP dengan charger dan daya listrik masuk ke HP maka secara otomatis HP akan menyala. Pengguna pun bisa mencabut charger dan menggunakan HP.

Memanfaatkan Tusuk Gigi

Jika masalahnya tombol power lepas dan sebenarnya masih bisa berfungsi maka bisa dengan memanfaatkan benda kecil seperti tusuk gigi. Cara cukup dengan menggunakan tusuk gigi untuk menekan tombol di bagian dalam lubag tombol power. Setelahnya maka layar HP akan langsung menyala seperti biasa.

Mengaktifkan Double Tap to Wake

Double Tap to Wake merupakan fitur yang berguna untuk menghidupkan layar HP hanya dengan mengetuknya dua kali. Akan tetapi fitur ini tidak tersedia pada semua HP, namun biasanya hanya pada ponsel keluaran baru. Karena itu cara menghidupkan HP tanpa tombol power ini hanya bisa untuk HP yang memiliki fiturnya.

Ketika HP sudah berhasil menyala dengan cara pertama maupun kedua maka pemilik ponsel bisa segera mengaktifkan fitur ini lewat menu pengaturan. Setelah fitur ini aktif maka setelahnya pengguna bisa mengaktifkan layar hanya dengan mengetukkan dua kali. Sehingga tidak perlu repot menggunakan charger maupun tusuk gigi.

Mengaktifkan Fingerprint

Selain mengaktifkan Double Tap to Wake bisa juga dengan mengaktifkan fitur Fingerprint jika ponsel memang sudah menawarkan fitur ini. Dengan fitur ini maka pengguna ponsel bisa menyalakan ponsel cukup dengan menempelkan jari tangan. Selain lebih simpel dan mudah, cara ini pun bisa meningkatkan keamanan dari HP.

Cara menghidupkan HP tanpa tombol power ini pastinya akan berhasil. Menggunakan charger atau tusuk gigi lalu mengaktifkan Double tap to Wake dan fingerprint akan membantu memudahkan menyalakan layar HP ketika tombol power bermasalah. Bagi yang sedang mengalami masalah ini, tidak perlu bingung dan cobalah cara di atas.