Gadget  

Cara Mengatasi Ghost Touch Tak Perlu Bawa ke Bengkel Ponsel

Cara Mengatasi Ghost Touch
thinkstock.com

Cara mengatasi ghost touch tidak harus buru-buru membawanya ke bengkel HP. Ada beberapa cara mudah untuk mengatasi eror pada layar ponsel yang sering bergerak sendiri.

Saat mengalami ghost touch, aktivitas pengguna sudah pasti terganggu. Tak heran jika segera mencari solusi di kolom search Google.

Cara Mengatasi Ghost Touch Secara Mandiri

Layar ponsel adalah bagian yang sering mendapat sentuhan. Wajar apabila rentan terhadap kerusakan, misalkan ghost touch.

Banyaknya produsen smartphone sendiri tidak mengimbanginya memaksimalkan sparepart ponsel yang telah mereka rilis.

Ghost touch merupakan istilah untuk menggambarkan kondisi layar bergerak sendiri meskipun tidak ada sentuhan.

Meski tidak berbahaya, hal ini tetap mengganggu aktivitas pengguna. Baik dari segi navigasi maupun pengoperasian. Kejadian ini menimpa hampir setiap pemilik perangkat.

Rutin Membersihkan Layar

Memastikan layar selalu dalam kondisi bersih merupakan ritual wajib bagi pemilik ponsel. Jangan tunggu sampai kotor, baru membersihkan layar ponsel. Gunakan cairan pembersih khusus dan kain lembut agar layar ponsel bersih kembali dan tidak mengalami kerusakan lebih besar.

Segala jenis partikel atau debu yang menempel berpotensi menekan layar, sehingga mengganggu sensitivitas sentuhan. Inilah mengapa gerakan layar tidak sesuai dengan sentuhan pengguna atau seringkali bergerak sendiri.

Sematkan Screen Guard

Perlindungan tambahan pada layar juga bisa menjadi cara mengatasi ghost touch yang paling sederhana. Hanya saja, harus selalu memastikan tidak ada debu atau partikel yang menyelip.

Bila hal ini sampai terjadi, kemungkinan sensitivitas layar menjadi terganggu dan masih bisa mengalami ghost touch.

Bila memutuskan menutup layar dengan screen guard, sesekali pengguna harus membersihkannya. Lepas pelindung layar tersebut dan usap bagian layar ponsel dengan kain berbahan lembut. Bersihkan pula kedua sisi screen guard.

Gunakan Charger versi Original

Terlihat sepele tapi besar dampaknya. Bila masih menggunakan charger kw untuk mengisi daya, sebaiknya hentikan kebiasaan buruk ini mulai sekarang. Bisa jadi ghost touch ponsel sebagai respon pengisian daya menggunakan charger abal-abal.

Bila hendak bepergian, sebaiknya memastikan baterai ponsel dalam keadaan cukup, sehingga tidak meminjam charger pada orang lain. Lebih aman lagi bila membawa sendiri.

Adakalanya ghost touch juga disebabkan oleh daya baterai kurang. Sebagai cara mengatasi ghost touch adalah segera lakukan pengisian baterai.

Uninstal Aplikasi Pemicu Bug

Supaya aplikasi yang ada berfungsi optimal, penting untuk melakukan update versi terbaru. Pembaruan ini biasanya telah mengalami perbaikan bug.

Bug yang terjadi memicu terjadinya gangguan fungsi ponsel, termasuk ghost touch. Selain mengupdate aplikasi, uninstal semua aplikasi yang terindikasi menimbulkan bug.

Penting untuk mencermati detail aplikasi sebelum mengunduh dan menginstalnya. Hal ini tidak hanya berpotensi bug dan router, tetapi juga antisipasi malware dan virus.

Nonaktifkan Perangkat

Memperbaiki ghost touch dengan menonaktifkan ponsel juga terbukti menjadi cara yang efektif. Lama pemakaian ponsel memicu kenaikan suhu. Pada akhirnya menyebabkan ghost touch.

Dengan mematikan sementara waktu membantu mendinginkan suhu. Bila sudah dirasa cukup, barulah mengaktifkan kembali.

Ganti Baru

Mengganti dengan layar ponsel baru menjadi langkah terakhir jika sudah menerapkan cara-cara sebelumnya, tetapi tak kunjung berhasil. Mungkin saja memang layar ponsel sudah rusak atau kondisinya sudah tidak baik, sehingga perlu menggantinya.

Nah, bila sudah menerapkan semua cara mengatasi ghost touch dalam ulasan tadi tetapi tidak juga berhasil, segera bawa ke tempat service terpercaya yang dekat dari hunian Anda. Kemungkinan ada masalah pada bagian internal perangkat keras ponsel.