Laptop  

Cara Melihat Spek Laptop, Penting untuk Diketahui

Cara Melihat Spek Laptop
pixabay.com

Cara melihat spek laptop penting untuk diketahui. Mengingat, spesifikasi laptop ini sangat berpengaruh terhadap berbagai aktivitas yang akan dilakukan.

Tidak semua laptop cocok digunakan untuk aktivitas tertentu. Dalam kata lain, aktivitas yang bisa dilakukan sesuai dengan spek laptop masing-masing. Untuk itu, mengetahui spek laptop sebelum membeli merupakan salah satu hal yang krusial untuk diketahui. Mengingat, setiap laptop memiliki spek yang berbeda-beda.

Selain itu, setiap orang pasti juga memiliki tujuan penggunaan yang berbeda pula. Untuk itu, pastikan spek laptop yang dipilih sesuai dengan aktivitas yang akan dijalankan. Sehingga aktivitas yang akan dilakukan bisa berjalan dengan maksimal.

Beberapa Cara Melihat Spek Laptop

Laptop memang menjadi salah satu benda yang cukup penting untuk saat ini. Banyak sekali pekerjaan yang mengharuskan untuk memakai laptop. Bahkan anak sekolah pun saat ini sudah banyak yang diharuskan untuk menggunakan laptop.

Namun, setiap pekerjaan dan penggunaan untuk sekolah pasti membutuhkan spek laptop yang berbeda-beda. Laptop yang digunakan untuk sekedar mengetik pastinya akan memiliki spek yang berbeda dengan laptop yang digunakan untuk gambar bangunan.

Untuk itu, mengetahui spek laptop menjadi salah satu hal yang penting untuk dilakukan. Berikut ini adalah beberapa cara melihat spek laptop.

System Information

Cara pertama yang bisa dipilih adalah dengan melakukan pengecekan melalui menu system information pada laptop. Ada banyak sekali informasi yang bisa diketahui melalui sistem ini. Yakni, seperti kapasitas RAM, seri sistem, tipe, jaringan, dan lain sebagainya.

Cara untuk melakukan pengecekannya pun bisa dilakukan dengan mudah. Berikut ini adalah cara untuk melakukan pengecekan.

  1. Hal pertama adalah dengan klik pada kolom pencarian yang ada di Start Menu.
  2. Kemudian ketikkan “System Information” lalu klik dua kali.
  3. Nah, terakhir, Fitur tersebut akan menampilkan keterangan detail terkait laptop pada pop-up yang muncul di bagian layar.

Bisa dilihat dari langkah yang cukup singkat di atas. Bisa dipastikan memang jika cara untuk melakukan pengecekannya bisa dilakukan dengan mudah.

Control Panel

Cara melihat spek laptop yang selanjutnya adalah melalui menu Control Panel yang ada pada laptop.  Cara yang satu ini juga cukup mudah untuk dilakukan. Berikut adalah tata caranya.

  1. Pertama, klik menu pencarian yang ada di sebelah kiri bawah pojok pada layar.
  2. Setelah itu, ketik opsi Control Panel dan klik pada ikon yang muncul.
  3. Jika sudah masuk ke Control Panel lalu pilih menu System and Security.
  4. Kemudian, klik 2 kali pada menu System and Security.
  5. Terakhir akan terlihat informasi terkait spesifikasi laptop akan muncul secara detail.

Cara yang satu ini juga cukup mudah untuk dilakukan. Ada banyak sekali cara yang bisa dilakukan untuk pengecekan spek laptop. Antaranya adalah dengan menggunakan kedua cara di atas.

Namun, pastinya juga masih ada cara lain yang bisa digunakan. Seperti, menggunakan Command Prompt, CPU-Z, Software Speccy, dan lain sebagainya. Seseorang bisa memilih salah satu dari berbagai cara tersebut.

Spek laptop menjadi salah satu hal yang sangat penting untuk diketahui. Untuk itu, pastikan mengetahui spek dari laptop yang sedang digunakan. Dengan begitu, bisa menggunakan laptop dengan maksimal dan pastinya sesuai dengan fungsinya.

Penjelasan di atas merupakan contoh cara melihat spek laptop. Untuk caranya sendiri memang ada cukup banyak yang bisa dipilih. Namun, dua langkah di atas bisa menjadi salah satu alternatif untuk melakukan pengecekan spek pada laptop.