Aplikasi Coding untuk PC dan HP Bantu Programmer Pemula

Aplikasi Coding
fikti-umsu

Aplikasi coding menjadi salah satu kebutuhan untuk para programmer yang mengembangkan perangkat lunak. Karena, dari aplikasi tersebut developer dapat menyusun barisan kode, sehingga terbentuk aplikasi. Beragam aplikasi yang mendukung kegiatan ini hadir dengan fitur-fitur menarik.

Aplikasi Coding untuk PC dan Handphone Bantu Programmer Pemula

Aplikasi-aplikasi ini yang akan membantu untuk membuat aplikasi melalui rangkaian baris-baris berkode. Semakin lengkap suatu kode barisan, maka aplikasi yang dihasilkan semakin maksimal. Dengan aplikasi untuk coding ini programmer dapat menyusun barisan kode tersebut sehingga membentuk aplikasi haru.

Notepad++

Rekomendasi aplikasi yang pertama ini mungkin sudah familiar di telinga programmer. Karena, aplikasi Notepad++ ini biasanya banyak digunakan oleh plugins. Perangkat lunak ini memiliki tampilan jendela tab yang khas, sehingga penggunanya dapat membuka berbagai file dalam satu waktu. Ada banyak fitur menarik, seperti macro recording, auto completion, text-shortening, dan shortcut customization.

Brackets

Aplikasi besutan Adobe ini ditujukkan untuk front-end web development dan web design. Brackets dapat diaplikasikan pada sistem Windows, MacOS, dan Linux. Penggunanya akan mendapatkan tampilan sederhana yang bisa diubah mode gelap atau terang. Aplikasi ini juga memiliki fitur mulai dari mode no distraction, split screen, highlighting, dan beragam keyboard shortcut.

Sublime Text

Aplikasi coding ini kompatibel untuk sistem operasi Windows, Linux, dan MacOS. Sublime Text ini tidak hanya memiliki performa maksimal, tetapi juga penampilan cukup bersahabat dengan perkembangan. Pengguna bisa menggunakan aplikasi ini secara gratis dan hanya perlu membayar 70 USD untuk mendapatkan fitur tertinggi.

Espresso

Aplikasi yang satu ini khusus untuk penggunaan Mac yang akan membantu membangun situs web dalam lima langkah. Lima langkah tersebut mulai dari pratinjau, kode, desain, bangun, dan terbitkan. Espresso hadir dan membantu sebagai alat pengeditan CSS, browser X-Ray, dan masih banyak lainnya. Ada versi trial untuk dicoba tetapi pengguna perlu membayar kurang lebih Rp1,4 jutaan untuk mengaksesnya.

Sololearn

Aplikasi Sololearn ini sudah cukup populer untuk mereka yang ingin belajar coding. Pengguna dapat menggunakan berbagai bahasa pemrograman untuk membuat aplikasi. Materi yang diberikan beragam dan dapat memberikan bahasa bervariasi, seperti python, database, website, dan sql. Dengan aplikasi ini, pengguna akan mendapatkan pembelajaran kombinasi seperti teori dan latihannya.

Atom

Aplikasi coding selanjutnya ini dapat mendukung banyak bahasa dan memiliki tampilan menarik. Aplikasi garapan GitHub ini bisa digunakan pada Windows, MacOS, dan Linux. Pengguna dapat dengan mudah menambahkan fitur lainnya dengan menginstall plugins. Ada teknologi web based, integrasi dengan Node.js, file system browser, hingga TextMate grammars untuk dukung proses coding-nya.

Visual Code Studio

Aplikasi besutan Windows ini mengusung tampilan sederhana yang menarik. Visual Code Studio dapat diperoleh dengan mudah, secara berbayar maupun gratis. Meski tidak memerlukan biaya fitur yang diberikan cukup bersaing. Misalnya seperti mode Zen untuk menyembunyikan menu dan ikon, keyboard shortcut, dan lain sebagainya.

Aplikasi untuk coding ini sudah mendukung bahasa pemrograman C# yang sudah dapat menunjang bahasa program lebih banyak. Coding ini juga memudahkan programmer karena dapat meneliti dan mencari kesalahan sendiri pada barisan code. Cara kerjanya adalah dengan mengintegrasi Git dan debugging.

BlueFish

Aplikasi code editor yang terakhir ini seringkali dimanfaatkan pemrogram dan pengembang web. BlueFish menyediakan pilihan untuk mengembangkan situs web, script, dan kode pemrograman. Bahkan aplikasi ini sudah mendapatkan dukungan sejumlah bahasa pemrograman dan markup beragam.

Aplikasi coding ini sudah kompatibel dengan Mac OS, Linux, dan Windows. Penggunaan aplikasinya akan lebih optimal dengan OS Linux. Pengguna akan mendapatkan penataan kode, fitur pencarian, kemampuan menambah tabel, fungsi undo, dan toolbar.

NetBeans

NetBeans adalah IDE sumber terbuka yang kuat untuk pengembangan aplikasi Java dan juga mendukung bahasa-bahasa pemrograman lain seperti PHP, C/C++, dan HTML5.

Memiliki antarmuka pengguna yang intuitif dan fitur-fitur seperti penyorotan sintaksis, debugging, dan pembangun antarmuka pengguna grafis (GUI).

Visual Studio Code (VS Code)

Visual Studio Code adalah editor kode sumber yang sangat populer dan sangat dapat dikustomisasi. Mendukung banyak bahasa pemrograman dan ekstensi yang memperluas fungsionalitasnya.

Aplikasi ini memiliki fitur-fitur canggih seperti penyorotan sintaksis, penyelesaian otomatis, integrasi Git, dan debugging yang kuat.

Pilihlah aplikasi coding yang paling sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Anda, serta yang memenuhi persyaratan bahasa pemrograman yang Anda gunakan. Selamat mencoba!