Gadget  

Cara Refund Apple Service dengan Mudah dan Cepat

Cara Refund Apple Service dengan Mudah dan Cepat
pixabay.com

Cara refund Apple Service mungkin sangat dibutuhkan para penggunanya. Ini merupakan salah satu fitur pada perangkat iPhone yang cukup bermanfaat.

Ketika berlangganan dengan layanan Apple lain, pengguna seringkali lupa membatalkannya setelah dekat waktu berakhirnya layanan. Jika telat, Apple akan memotong saldo secara otomatis dan itu pastinya bukan hal yang menyenangkan.

Cara Refund Apple Service dengan Cepat

Sebenarnya Apple Service merupakan fitur yang sangat bermanfaat di perangkat iPhone maupun produk Apple lainnya. Namun, ini bisa menjadi malapetaka.

Apple Service merupakan fitur yang mencakup semua layanan dari Apple. Misalnya saja seperti App Store, iTunes Store, Apple Books, dan lain sebagainya.

Banyak fitur di dalam Apple Service bisa digunakan hanya jika penggunanya berlangganan. Ketika sudah berlangganan, biasanya Apple Service akan memperpanjang secara otomatis setiap bulannya.

Jadi, Apple Service akan memotong saldo di dalam bank atau e-wallet setiap tanggal jatuh tempo. Sebenarnya perpanjangan otomatis ini sangat mudah. Namun, hal itu sangat tidak direkomendasikan untuk orang yang hanya ingin mencoba berlangganan.

Saldo yang terpotong untuk masa perpanjangan otomatis bisa saja untuk keperluan tertentu. Dengan begitu, penggunanya akan kesulitan.

Fitur Refund

Jika saldo sudah terlanjur terpotong, jangan langsung panik. Pengguna bisa menggunakan cara refund Apple Service yang sangat bermanfaat.

Pilihan refund atau pengembalian dana ini sangat bermanfaat untuk orang-orang yang memang membutuhkan saldo terpotong tersebut untuk keperluan lainnya. Dengan fitur refund, maka saldo yang dipotong untuk perpanjang Apple Service akan kembali seperti semula.

Selain itu, refund juga bisa dilakukan jika pengguna membeli produk Apple Service yang tidak sesuai. Daripada harus rugi, sebaiknya ajukan pengembalian dana secepatnya.

Langkah-Langkahnya

Untuk para pengguna perangkat iPhone dan ingin mengajukan pengembalian dana di fitur Apple Service, maka bisa langsung melakukan langkah berikut ini:

  • Buka terlebih dahulu perangkat iPhone masing-masing dengan iCloud yang digunakan untuk melakukan transaksi.
  • Setelah itu, pengguna harus mengakses situr reportproblem.apple.com di peramban Safari.
  • Jika sudah, maka pengguna bisa memiliki bagian “I’d like to” selanjutnya klik “Request a refund”. Pilihan tersebut adalah cara untuk mendapatkan pengembalian dana.
  • Pengguna akan diminta keterangan terkait alasan menginginkan pengembalian dana tersebut. Tulis di kolom yang tersedia dan klik “Next”.
  • Setelah berhasil terkirim, maka lanjutnya pengembalian dana dengan Apple Service dengan memilih aplikasi, langganan, atau item yang ingin dikembalikan dana langganannya.
  • Kemudian, klik “Submit”. Jika dikenai biaya untuk langganan yang tidak pengguna inginkan, maka bisa langsung batalkan langganan tersebut.
  • Jika proses Apple setujui, maka dana akan kembali ke dalam rekening dalam durasi 48 hingga 60 hari.

Lama Proses Refund

Cara untuk melakukan refund Apple Service itu tidak sulit. Siapa saja yang merasa dirugikan oleh fitur iPhone satu ini bisa langsung mengajukan refund.

Namun, perlu diketahui jika proses pengembalian dana tersebut tidak bisa langsung terjadi. Pengguna harus sabar menunggu konfirmasi dari Apple dan pencarian dana ke rekening kembali.

Waktu yang dibutuhkan sekitar 40 sampai 60 hari yang artinya lebih dari satu bulan. Jika tidak ada halangan berarti, proses refund bisa terjadi lebih cepat. Agar proses refund berjalan lancar, masukkan alasan yang tepat

Nah, itulah berbagai cara refund Apple Service. Mengajukan refund sebenarnya hanya membutuhkan beberapa langkah, tetapi harus sabar menunggu prosesnya. Itulah kenapa, perhatikan dengan baik fitur Apple Service, pastikan tidak berlangganan di aplikasi yang tidak diinginkan dan nonaktifkan perpanjang otomatis.