Tekno  

Cara Membersihkan Layar HP Agar Tampilan Tidak Kusam

Cara Membersihkan Layar HP
pixabay.com

Cara membersihkan layar HP memang pernah menggunakan langkah yang tepat supaya perangkat tetap aman. Dalam membersihkan layar HP bisa dengan memanfaatkan beberapa barang atau bahan supaya tampilan kembali seperti baru.

Layar HP yang bersih dan terbebas dari kotoran tentu bisa membuat penggunaannya kian nyaman. Penggunaan ponsel dalam melakukan berbagai kegiatan akan tetap aman.

Cara Membersihkan Layar HP Supaya Tampil Seperti Baru

Penggunaan HP yang sering setiap harinya wajar apabila tampilan layar menjadi kotor. Kontak fisik dari tangan ke HP bisa membuatnya menjadi salah satu benda paling kotor. Bahkan para ilmuwan University of Arizona menyatakan bahwa HP umumnya 10 kali lebih kotor dari dudukan toilet.

Umumnya, setiap orang memegang dan menggunakan HP dalam waktu berjam-jam setiap harinya. Kondisi seperti ini bisa membuat layar masih di kantor akibat sentuhan-sentuhan tangan. Apalagi jika setelah memegang berbagai benda langsung membuka HP, tentu layar bisa lebih kotor.

Penting untuk membuat layar HP bersih supaya terbebas dari bakteri sampai jamur. Berikut ini merupakan beberapa langkah-langkah membersihkan HP supaya tampilan seperti baru:

Matikan HP Terlebih Dahulu

Sebelum membersihkan layar ponsel penting untuk mematikannya terlebih dahulu. Mematikan layar ponsel penting untuk mencegah terjadi risiko buruk seperti korslet atau salah memencet tombol. Mematikan hp terlebih dahulu juga bisa membuat langkah membersihkan hp lebih mudah dan nyaman.

Membersihkan HP tidak akan terganggu dengan layar yang hidup apabila terdapat telepon masuk. Bagi yang menggunakan softcase, maka bisa dilepas dahulu supaya membersihkannya lebih leluasa.

Lap Layar Menggunakan Kain Lembut

Cara membersihkan layar HP selanjutnya yaitu dengan lap layar menggunakan kain yang lembut. Anda bisa mengelap layar ponsel menggunakan kain lembut seperti microfiber. Selain itu juga bisa menggunakan jenis kain lainnya yang tidak berbulu atau berserat. Sebaiknya jangan menggunakan bahan seperti tisu atau handuk karena bisa menggores lapisan pelindung layar.

Selain itu juga tidak disarankan membersihkan layar menggunakan tisu basah. Hal itu karena tisu basah memiliki cairan lengket yang bisa meninggalkan residu pada permukaan LCD. Usap layar dengan satu arah secara perlahan dan menyeluruh.

Menggunakan Alkohol

Alkohol memang terkenal bisa membersihkan berbagai noda kotoran yang menempel pada layar ponsel. Bahkan membersihkan layar menggunakan alkohol merupakan hal paling umum yang banyak orang lakukan. Membersihkan layar menggunakan alkohol bisa membuat tampilan menjadi bersih dan terbebas dari kuman, virus, sampai bakteri. Gunakan kain microfiber yang telah ditetesi alkohol untuk membersihkan layar smartphone.

Gunakan Bantuan Selotip

Cara membersihkan layar HP selanjutnya yaitu bisa dengan menggunakan bantuan selotip. Langkahnya mudah hanya perlu menempelkan selotip ke layar ponsel. Setelah itu, tarik selotip secara perlahan sampai kotoran terangkat.

Bersihkan Layar Secara Perlahan dari Ujung ke Ujung

Dalam membersihkan layar ponsel tidak boleh sembarangan apalagi dengan langkah asal-asalan. Hal itu karena kondisi tersebut bisa membuat risiko kerusakan layar semakin besar. Maka dari itu, bersihkan layar secara hati-hati dan jangan menekannya terlalu berlebihan.

Bersihkan layar secara perlahan searah dari ujung ke ujung. Pastikan bahwa debu dan kotoran hilang dari layar sehingga membuat tampilannya menjadi bersih seperti baru.

Itulah beberapa cara membersihkan layar HP yang aman supaya tampilan seperti baru. Penting untuk para pemilik segera membersihkan layar ponsel secara rutin untuk menghindari adanya penumpukan bakteri sampai virus. Apabila layar bersih tentu menggunakan HP bisa lebih nyaman dan aman.