5 Aplikasi CCTV HP Terbaik untuk Kebutuhan Kamera Pengawas

Aplikasi CCTV HP
Istock

CCTV atau Closed-Circuit Television adalah sistem pengawasan yang menggunakan kamera video untuk merekam aktivitas di suatu lokasi. Jika dulu pengawasannya terbatas pada pengawasan di tempat saja, kini mereka semakin canggih. Ini tak lepas dari kemampuannya untuk terhubung dengan perangkat seluler melalui aplikasi CCTV HP.

Fasilitas CCTV HP merupakan terobosan baru yang sangat membantu. Bagaimana tidak, melalui aplikasi ini pengguna dapat memantau kondisi rumah, kantor, maupun tempat lain secara real-time dari jarak jauh.

Hal yang sekaligus meningkatkan keamanan serta memberikan ketenangan pikiran bagi mereka ketika tidak berada di lokasi tersebut. Selain itu, beberapa kamera pengawas yang terhubung ke smartphone juga memiliki fitur-fitur mumpuni. Sebut saja deteksi gerakan hingga suara.

Fitur tersebut memungkinkan sistem kamera pengawas untuk mengirim notifikasi kepada pengguna jika terdeteksi aktivitas mencurigakan. Hasil rekaman kejadiannya juga bisa pengguna simpan di memori guna menyediakan bukti jika terjadi kejahatan atau insiden lainnya.

Aplikasi CCTV HP Paling Recommended

Kemampuan untuk mengakses feed kamera pengawas dari ponsel pintar tidak hanya mendukung fleksibilitas. Tetapi juga meningkatkan efisiensi pengawasan terlebih bagi mereka yang sering bepergian atau memiliki jadwal sibuk.

Berikut ini kami berikan beberapa rekomendasi aplikasi CCTV HP terbaik yang patut untuk Anda pertimbangkan.

1. AlfredCamera Home Security

Pilihan pertama ada AlfredCamera yang menawarkan berbagai fitur kekinian. Mulai dari remote access, live video streaming, motion detection, hingga night vision. Di dalamnya juga menyediakan fasilitas walkie-talkie, ini membantu pengguna berbincang-bincang dengan seseorang yang terpantau di CCTV.

Aplikasi besutan Alfred System ini tersedia untuk semua perangkat smartphone termasuk Android dan iOS. Anda bisa mengunduh secara bebas alias gratis. Namun untuk beberapa fiturnya memang tersedia dalam versi berbayar.

2. IP Webcam

Berikutnya ada IP Webcam besutan developer Pavel Khlebovich. Biasanya aplikasi kamera pemantau yang terhubung ke smartphone ini menjadi opsi populer bagi pengguna dengan budget terbatas. Pasalnya, semua fitur di dalamnya tersedia gratis tanpa berlangganan.

Meski gratisan, namun fitur yang tersedia sudah sangat lengkap, tentunya tak kalah dengan aplikasi premium. Seperti halnya motion detection, deteksi suara, hingga night vision. Di Play Store sendiri jumlah unduhan untuk IP Webcam mencapai 10 juta lebih.

3. TinyCam Monitor

Bagi Anda yang memiliki kamera pengawas super banyak dan ingin memperoleh akses aplikasi CCTV HP mumpuni, maka TinyCam Monitor jawabannya. TinyCam Monitor mampu mengakses hingga 17 kamera pengawas dalam satu waktu.

Salah satu fitur unggulan dalam aplikasi ini yaitu kemampuan zoom in dan zoom out. Sehingga lebih efektif dalam mengenali setiap objek di kamera pengawas. Seperti wajah manusia, kehadiran hewan-hewan kecil, dan masih banyak lagi. Selain itu, TinyCam juga tersedia secara gratis, tak perlu menambah budget untuk memaksimalkan pengawasan.

4. V380 Pro

Aplikasi V380 Pro juga layak masuk dalam deretan CCTV HP terbaik. Bagaimana tidak, selain menawarkan fitur kekinian, mereka juga menyediakan opsi perekaman cloud. Hal yang semakin memudahkan pengguna untuk mencadangkan hasil rekaman ke penyimpanan awan. Tak hanya lebih menghemat memori, fitur ini melindungi Anda mengamankan bukti meski HP rusak.

5. Foscam Viewer

Terakhir ada Foscam Viewer yang memiliki tampilan sederhana, namun fitur-fiturnya terbilang lengkap. Aplikasinya sangat cocok bagi pengguna yang tidak ingin pusing mengoperasikan perangkat. Fitur utama yang Foscam Viewer suguhkan meliputi zoom in dan zoom out hingga tangkapan layar. Namun sayang, untuk sementara ini, aplikasinya hanya kompatibel di Android.

Demikian ulasan tentang beberapa aplikasi CCTV HP yang patut diperhitungkan. Dengan menggunakannya, Anda semakin mudah memastikan keamanan di setiap sudut hunian maupun tempat kerja. Semoga bermanfaat!