5 Aplikasi untuk Produktivitas, Pekerjaan Jadi semakin Mudah

Aplikasi untuk Produktivitas
Foto: unsplash.com

Dewasa ini, hampir sebagian besar orang mengalami kesulitan untuk memanajemen kesibukannya. Entah itu urusan pekerjaan, bisnis, hingga menyelesaikan tugas sekolah. Hadirnya aplikasi untuk produktivitas, membuat semua pekerjaan menjadi lebih terkendali.

Melalui aplikasi produktivitas seorang pencatat yang efisien tidak akan mengalami kesulitan saat bekerja dan tetap fokus pada tugasnya. Aplikasi ini juga memungkinkan penggunanya untuk membuat jadwal pertemuan dengan efektif.

Deretan Aplikasi untuk Produktivitas

Saat ini ada banyak aplikasi produktivitas yang beredar di tengah-tengah pengguna. Berikut ini beberapa aplikasi yang direkomendasikan.

1. Aplikasi Evernote

Di urutan pertama ada aplikasi Evernote. Evernote merupakan aplikasi yang membantu penggunanya untuk lebih produktif.

Melalui aplikasi ini, pengguna bisa membuat catatan-catatan penting tentang tugas, pekerjaan, maupun jadwal yang harus diselesaikan hari ini atau hari berikutnya. Tidak hanya menawarkan fitur catatan saja, dalam aplikasi ini pengguna juga dapat menemukan beberapa fitur lain, seperti foto, video, audio, dan lain sebagainya.

Fitur-fitur tersebut berfungsi untuk merekam ide-ide penting tanpa harus mencatatnya. Bagi yang ingin menggunakan aplikasi ini, silakan unduh dan install melalui Google Play.

2. Aplikasi Todoist

Todoist merupakan aplikasi untuk produktivitas yang memungkinkan penggunanya mengelola daftar tugas dengan baik. Meskipun memiliki tampilan yang sederhana, Todoist dibekali beragam fitur keren dan lengkap.

Hal ini membantu penggunanya untuk membuat catatan hingga mengelompokkan tugas sesuai dengan proyek yang akan dikerjakan. Tidak hanya berfungsi untuk merekam maupun mengatur tugas, pengguna dapat memanfaatkan aplikasi ini saat berkolaborasi atau menjalin relasi dengan orang lain.

Melalui Todoist pengguna bisa membagikan tugas kepada rekan kerja maupun teman. Memiliki daftar tugas bersama yang jelas dan runtut, merupakan salah satu cara untuk mendorong kerja sama sesama tim.

3. Aplikasi Trello

Trello merupakan aplikasi produktivitas yang dapat membantu penggunanya mengelola dan memanajemen semua kegiatan supaya berjalan lancar. Tidak hanya dibekali dengan fitur untuk mengelola kegiatan, aplikasi ini juga mendapatkan dukungan fitur pengingat. Fitur tersebut berfungsi untuk memudahkan pengguna mengingat agenda, tugas, maupun pekerjaan yang harus diselesaikan.

Aplikasi Trello dapat dihubungkan dengan rekan kerja atau teman sekolah, sehingga pekerjaan dan tugas dapat terpantau. Itu artinya, tidak akan ada lagi pekerjaan atau tugas yang terlewat.

Bagi siapa saja yang ingin menggunakan Trello, dapat mengunduh dan menginstalnya melalui Play Store untuk pengguna Android dan App Store untuk pengguna iOS. Aplikasi ini bisa diakses secara cuma-cuma alias gratis.

4. Aplikasi Calendly

Calendly merupakan salah satu aplikasi untuk produktivitas yang memungkinkan penggunanya untuk menjadwalkan rapat-rapat penting tanpa harus berkirim pesan melalui email maupun media sosial. Saat pengguna melakukan pendaftaran akun, akan mendapatkan perintah untuk menyinkronkan kalender dan slot waktu.

Ada banyak pilihan slot waktu yang bisa pengguna sesuaikan dengan jadwal kegiatan. Seperti 15 menit, 30 menit, 45 menit, dan lain sebagainya. Ketika menjadwalkan pertemuan atau rapat penting, pengguna hanya perlu memberikan tautan Calendly saja kepada tim.

5. Aplikasi Duolingo

Berbeda dengan aplikasi produktivitas sebelumnya, Duolingo adalah aplikasi yang dapat membantu penggunanya konsisten dalam belajar. Dalam aplikasi ini terdapat sejumlah fitur yang membantu pengguna untuk mempelajari sebuah materi secara detail.

Tak hanya itu, Duolingo juga memiliki fitur ujian untuk menguji kemampuan penggunanya, terutama dalam bidang bahasa. Aplikasi ini telah menyematkan elemen video game dengan fitur dan sistem hadiah, sehingga pengguna semakin termotivasi belajar bahasa.

Deretan aplikasi untuk produktivitas dinilai dapat membantu dan meringankan beragam pekerjaan. Berkat hadirnya aplikasi ini, mengatur jadwal hingga menyelesaikan pekerjaan tepat waktu tidak lagi menjadi kendala.