Aplikasi Scan PDF Terbaik dan Paling Populer

Aplikasi Scan PDF
apkpure.net

Aplikasi scan PDF menjadi salah satu jenis aplikasi yang penting untuk menunjang kebutuhan pekerjaan maupun pribadi di era modern. Aplikasi-aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk memindai atau melakukan scan pada dokumen, termasuk PDF, dengan mudah hanya melalui smartphone.

Baik perangkat Android maupun iOS bisa menggunakan aplikasi ini dan mendapatkannya pada layanan toko aplikasi masing-masing perangkat. Cukup unduh dan instal satu dari sekian banyak aplikasi scanner tersebut dan pengguna bisa mendapatkan dokumen dalam bentuk soft file.

Rekomendasi Aplikasi Scan PDF Terbaik

Dulu, kita memerlukan mesin scanner untuk memindai sebuah dokumen. Namun, penggunaan mesin scanner ini kurang efektif dan harganya cenderung mahal sehingga tidak terlalu membantu pekerjaan. Bahkan, mesin scanner ini seringkali mengalami masalah atau gangguan sehingga tidak bisa memindai dokumen dalam jumlah yang besar.

Kemajuan zaman dan teknologi era modern seperti sekarang ini membawa sejumlah inovasi terbaru untuk mengatasi masalah tersebut. Kini, ada banyak aplikasi scanner dokumen yang bisa digunakan oleh siapa saja hanya melalui smartphone atau ponsel pintarnya. Aplikasi-aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk memindai sebuah dokumen dalam format apapun dan mendapatkannya dalam bentuk dokumen digital atau soft file.

Dokumen digital tentu lebih aman dan mudah diakses oleh pihak yang berkaitan, kapan saja dan dari mana saja. Berbeda dengan dokumen cetak yang menggunakan bahan kertas, sehingga lebih mudah rusak, lecek atau terurai seiring berjalannya waktu.

Berikut ini adalah beberapa rekomendasi aplikasi scanner PDF terbaik yang bisa digunakan pada perangkat Android maupun iOS:

CamScanner

Aplikasi scan PDF buatan CamSoft Information ini cukup populer hingga sekarang. CamScanner menyediakan fitur pemindaian dokumen dengan mudah hanya menggunakan kamera.

Bukan hanya file cetak saja, pengguna bisa menggunakan fitur tersebut untuk memindai foto yang sudah tercetak. Bahkan, dengan aplikasi ini pengguna bisa memindai tulisan dalam dokumen untuk diubah menjadi teks ketik. Dalam kata lain, pengguna tidak perlu menulis teks dalam file lagi dengan adanya fitur penerjemah dari aplikasi ini.

Adobe Scan

Setelah sukses dengan aplikasi-aplikasi edit foto dan videonya, Adobe kembali menghadirkan aplikasi scan dokumen bernama Adobe Scan. Dengan aplikasi ini pengguna bisa memindai dokumen dalam berbagai format, termasuk PDF, dengan mudah hanya melalui kamera smartphone.

Bukan hanya dokumen, pengguna bisa memindai tulisan, kartu nama, gambar, kuitansi hingga tulisan pada papan tulis, hanya dengan aplikasi ini. Aplikasi ini juga akan mempertajam kualitas dan resolusi dari dokumen atau konten secara otomatis. Bahkan, pengguna bisa mengedit hasil scan tersebut dengan fitur penyesuaian warna, rotasi dan crop sesuai dengan kebutuhan.

Microsoft Office Lens

Aplikasi scan PDF yang berikutnya merupakan aplikasi besutan Microsoft. Hampir sama seperti kebanyakan aplikasi scanner dokumen yang ada, pengguna bisa menggunakan Microsoft Office Lens untuk memindai dokumen maupun tulisan papan tulis dan menyimpannya dalam format Documents, PDF maupun PowerPoint.

Hasil dari pemindaian tersebut akan tersimpan dalam berbagai aplikasi besutan Microsoft itu sendiri, seperti OneNote atau OneDrive. Menariknya, Microsoft Office Lens dapat digunakan secara gratis dan tanpa iklan.

Itulah beberapa aplikasi scan PDF terbaik yang bisa digunakan pada perangkat Android maupun iOS. Keberadaan aplikasi-aplikasi tersebut membantu pekerjaan menjadi lebih mudah dan praktis. Sebab, fitur dalam aplikasi tersebut memungkinkan pengguna untuk memindai dokumen dalam bentuk cetak menjadi dokumen digital atau soft file. Jadi, pengguna tidak perlu repot-repot menulis ulang seluruh isi dari dokumen cetak tersebut.