5 Aplikasi Belajar Bahasa Terbaik, Mudah dan Praktis

Aplikasi Belajar Bahasa Terbaik
istockphoto.com

Aplikasi belajar bahasa terbaik mampu membantu kita untuk menguasai lebih dari satu bahasa. Kemudian, bahasa yang nantinya kita kuasai akan mengantarkan koneksi dengan banyak orang. Bahkan, dengan kemampuan berbahasa asing, tidak jarang yang mengalami peningkatan karir secara drastis.

Deretan Aplikasi Belajar Bahasa Terbaik

Menuntut ilmu suatu bahasa merupakan tujuan jangka panjang yang dapat diwujudkan melalui berbagai metode. Terdapat berbagai cara untuk mendalami bahasa yang menjadi fokus pembelajaran. Bahkan, mengalokasikan waktu beberapa menit saat menunggu makan siang dapat menjadi momen efektif untuk melatih kemampuan bahasa.

Dalam hal ini, aplikasi pembelajaran bahasa dapat menjadi mitra yang sangat membantu. Dengan hanya beberapa perintah, Anda dapat memulai proses pembelajaran, mulai dari memperkaya kosakata hingga memahami struktur kalimat melalui contoh yang disediakan.

Berikut ini adalah rekomendasi beberapa aplikasi belajar bahasa terbaik untuk Anda:

1. Duolingo

Duolingo menduduki posisi puncak dalam kategori “aplikasi pembelajaran bahasa terbaik”. Meskipun tidak menyajikan pembelajaran bahasa dari tingkat dasar hingga tingkat lanjutan, keunggulan aplikasi ini terletak pada desainnya yang baik. Selain itu juga suasana pembelajaran santai, dan keceriaan yang membuat proses belajar bahasa baru menjadi lebih mudah.

Penggunaan versi gratis Duolingo dinilai memadai bagi sebagian besar individu. Namun, bagi yang membutuhkan lebih banyak fitur, tersedia opsi versi berbayar dengan biaya sebesar US$ 15 per bulan.

2. Drops

Drops mengusung pendekatan unik dalam mendukung pembelajaran bahasa, dengan antarmuka yang menarik terutama bagi mereka yang menggunakan teknik belajar visual.

Aplikasi belajar bahasa terbaik ini difokuskan secara khusus untuk membantu pengguna membangun dan memperluas kosakata mereka. Caranya adalah dengan menggabungkan gambar dan permainan pencocokan dalam proses pengajaran.

Fitur audio pada aplikasi ini membantu melatih pengucapan dalam bahasa yang sedang dipelajari. Drops mengadopsi metode pembelajaran yang menarik dengan memberikan batasan agar tidak terasa monoton.

3. Anki

Anki merupakan aplikasi yang efisien untuk memperkaya kosa kata dan memahami tata bahasa. Bagi para pembelajar bahasa Jepang, Anki menjadi salah satu pilihan terpopuler untuk menguasai 2.000 karakter bahasa Mandarin.

Aplikasi ini menyediakan beragam deck dan metode pembelajaran. Seperti melihat bahasa sasaran dan mengingat terjemahannya dalam bahasa Inggris, atau sebaliknya. Selain itu juga melihat bahasa Inggris dan mengingatkan artinya dalam bahasa target.

Anki tidak hanya membantu meningkatkan kosakata, namun juga dapat digunakan untuk mempraktikkan konjugasi kata kerja atau mempelajari koleksi tata bahasa. Sehingga, aplikasi ini membantu memahami poin-poin penting dalam struktur bahasa.

Meskipun dapat diunduh secara gratis di platform Android, pengguna iOS perlu membayar biaya sebesar US$ 24,99 untuk mengakses aplikasi ini.

4. Kindle

Kindle adalah aplikasi belajar bahasa terbaik dan sangat bermanfaat dengan kehadirannya yang meluas di seluruh dunia. Aplikasi ini memudahkan untuk memperoleh buku dalam berbagai bahasa, di mana pun Anda berada. Sebagai contoh, Anda dapat menemukan buku Harry Potter dalam hampir semua bahasa yang Anda inginkan.

Keunggulan lain dari aplikasi Kindle adalah adanya fitur canggih yang mendukung pembacaan kamus dalam berbagai bahasa, termasuk Jerman, Prancis, Hindi, Jepang, Italia, Spanyol, Portugis, Tiongkok, Arab, dan Belanda.

5. Memrise

Aplikasi pembelajaran ini fokus pada pengembangan kosakata dan percakapan santai yang sering digunakan saat bepergian.

Memrise merupakan alat pembelajaran yang sangat berguna, dengan kemudahan akses melalui aplikasi Android. Kemudian, juga dalam penerapan metode kartu flash yang dikenal dengan sistem pengulangan spasi untuk mempermudah penghafalan kata dan frasa.

Dalam penggunaan aplikasi ini, Anda dapat menetapkan tujuan pembelajaran, mengakses teknik pembelajaran yang efisien, serta menikmati beberapa permainan dan dorongan untuk menjaga semangat belajar. Selain itu, versi gratis dari aplikasi ini juga memberikan banyak nilai tambah.

Selain meningkatkan peluang untuk mendapatkan pekerjaan yang lebih baik atau meraih kemajuan dalam karir, aplikasi belajar bahasa terbaik juga memberikan wawasan yang lebih mendalam terhadap budaya yang terkait dengan bahasa tersebut.