Aplikasi Jadwal Sholat, Pengingat Waktu Sholat

Aplikasi Jadwal Sholat
pixabay.com

Anda sedang mencari aplikasi jadwal sholat yang bagus untuk memaksimalkan ibadah di Bulan Ramadhan tahun ini? Berikut adalah daftar 5+ aplikasi pengingat waktu sholat yang dapat Anda gunakan di smartphone Anda. Mari kita baca sampai habis artikel ini!

Rekomendasi Aplikasi Jadwal Sholat

Sebagai umat Muslim, merupakan tanggung jawab kita untuk melaksanakan sholat lima waktu. Namun, kesibukan sehari-hari seringkali membuat kita sulit mengingat jadwal sholat yang tepat, terutama karena jadwal tersebut dapat berubah setiap harinya.

Oleh karena itu, sangatlah penting untuk memiliki aplikasi jadwal sholat terbaik yang dapat membantu kita untuk menjalankan ibadah sholat tepat waktu, terutama di bulan suci Ramadhan ini. Mengetahui waktu sholat serta adzan untuk imsak dan berbuka puasa merupakan hal yang sangat penting agar kita tidak melewatkan waktu ibadah tersebut.

Tidak perlu khawatir, karena di era teknologi saat ini, jadwal sholat dan adzan telah tersedia dalam berbagai aplikasi berbasis Android yang dapat diunduh di ponsel pintar kita. Meskipun demikian, ada pertimbangan terkait penggunaan aplikasi waktu sholat dan adzan dalam konteks agama Islam.

Menurut Islam.nu.or.id, membawa atau memegang ponsel pintar yang berisi aplikasi Al Quran diperbolehkan dalam Islam, namun harus dihormati dengan tidak membukanya di tempat-tempat yang tidak pantas, seperti di toilet.

Dalam melihat banyaknya aplikasi waktu sholat dan adzan yang tersedia, seringkali kita merasa bingung dalam memilih aplikasi yang terbaik. Oleh karena itu, kami akan memberikan rekomendasi aplikasi waktu sholat dan adzan terbaik untuk Android. 

Sebelum mengunduh, penting untuk membaca kebijakan privasi aplikasi tersebut agar data pribadi kita tetap aman dan terlindungi dari penyalahgunaan yang tidak bertanggung jawab.

NU Online Super App

NU Online Super App adalah sebuah aplikasi yang dikembangkan oleh Pengurus Besar Nahdlatul Uama (PBNU) yang menyediakan beragam fitur terkait ibadah, mulai dari Jadwal Sholat, Al Quran, kumpulan doa sehari-hari, niat puasa, dan lain sebagainya. Aplikasi ini memiliki rating 4.9 di Play Store dan telah diunduh sebanyak 500 ribu kali.

Muslim Pro

Muslim Pro juga merupakan aplikasi yang menawarkan berbagai fitur selain jadwal sholat, termasuk notifikasi azan otomatis dengan pilihan variasi, arah kiblat, Al-Quran, dan berbagai doa harian. 

Meskipun tersedia secara gratis, aplikasi jadwal sholat ini disertai dengan berbagai iklan. Versi premium dapat diakses dengan membayar Rp 25.000 per bulan. Muslim Pro memiliki rating 4.5 dan telah diunduh lebih dari 100 juta kali.

Muslim Muna: Ramadhan Islamic

Muslim Muna: Ramadhan Islamic menawarkan fitur seperti jadwal sholat, arah kiblat yang akurat, kalender hijriah, azan otomatis, doa, dan kartu ucapan Islami. Aplikasi ini memiliki rating 4.7 dan telah diunduh lebih dari 50 juta kali.

Umma: Pro Muslim Community ind

Umma: Pro Muslim Community ind menyediakan fitur jadwal sholat serta berbagai fitur lainnya seperti Quran dalam bahasa Inggris, kelas Qur’an, penentu arah kiblat, dan khotbah. Aplikasi ini telah diunduh 10 juta kali dan memiliki rating 4.7.

Muslim Pro – Prayer Times, Adzan, Quran & Qibla

Muslim Pro merupakan aplikasi adzan yang dikembangkan oleh Muslim Pro Limited. Aplikasi ini menyediakan beragam fitur yang sangat membantu. Salah satu fitur unggulannya adalah adzan otomatis yang memastikan Anda tidak melewatkan waktu sholat. Anda bahkan dapat memilih suara muadzin sesuai preferensi Anda.

Keunggulan lain dari aplikasi jadwal sholat ini adalah antarmuka yang mudah digunakan. Anda hanya perlu memilih ikon dari fitur yang tersedia sesuai kebutuhan Anda. Aplikasi ini juga menyediakan Al-Quran digital dengan resitasi audio (.mp3), fonetik, dan terjemahan dalam berbagai bahasa, termasuk bahasa Inggris dan Indonesia.

Tersedia pula fitur tajwid berwarna untuk membantu dalam pelafalan yang lebih baik, serta terjemahan setiap ayat Al-Quran. Selain Al-Quran digital, aplikasi ini dilengkapi dengan fitur tasbih digital yang memudahkan Anda menghitung dzikir.

Fitur yang menarik adalah kemampuannya untuk mencari lokasi rumah makan halal dan masjid terdekat saat Anda menggunakan aplikasi ini, sangat berguna bagi yang sering bepergian.

Prayer Times, Qiblah, Adzan

Salat Times (Muslim Prayer Times) adalah aplikasi yang memberikan informasi tentang waktu sholat sesuai lokasi Anda. Aplikasi ini memberikan peringatan 4 menit sebelum adzan.

Notifikasi dalam aplikasi ini dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda, dengan pilihan mode notifikasi standar, takbir, atau tanpa notifikasi.

Fitur-fitur menarik lainnya termasuk notifikasi adzan otomatis, penghitung tasbih, jadwal offline, kalender hijriyah, dan informasi tentang masjid terdekat.

Salaam: Quran dan Waktu Sholat

Salaam: Quran dan Waktu Sholat adalah aplikasi jadwal sholat yang dikembangkan oleh PT Samsung Electronics Indonesia. Fitur-fitur yang tersedia meliputi Al-Quran Digital, Azan, Jadwal Waktu Sholat, Penunjuk Arah Kiblat, serta panduan Haji dan Umroh. Aplikasi ini memiliki rating 4.6 dan telah diunduh hingga 5 juta kali.

Sajda 

Sajda adalah aplikasi pengingat sholat yang juga menyediakan fitur seperti adzan, Al-Quran, Asma al-Husna, dzikir, dan lainnya. Aplikasi ini memiliki rating 4.9 dan telah diunduh lebih dari 5 juta kali.

Usholli Jadwal Sholat Kemenag

Usholli Jadwal Sholat Kemenag menawarkan jadwal sholat tanpa iklan dan menggunakan data resmi dari situs Kementerian Agama Republik Indonesia. Fitur lain dari aplikasi jadwal sholat ini meliputi kompas kiblat, jadwal imsak, dan peta masjid terdekat.