Gambar Topologi Jaringan & Jenisnya, Ini Penjelasan Lengkapnya

Gambar Topologi Jaringan
itbox.id

Gambar topologi jaringan sudah pasti akan membantu kita untuk lebih mudah memahami jenis-jenisnya. Ketika kita membangun sebuah jaringan komputer, tentunya salah satu aspek penting yang harus Anda perhatikan adalah topologi jaringannya.

Ketahuilah bahwa hubungan geometris antara berbagai unsur dasar dalam penyusunan jaringan itu harus sesuai dengan kebutuhan. Tujuannya supaya setiap komputer dapat dalam satu jaringan bisa terkoneksi dengan baik.

Gambar Topologi Jaringan dan Pengertiannya

Topologi jaringan komputer merupakan sebuah metode yang digunakan supaya bisa menghubungkan satu komputer dengan lainnya. Struktur tersebut berfungsi menghubungkan satu komputer dengan lainnya menggunakan kabel maupun tanpa kabel.

Menurut Jafar Noor Yudianto topologi jaringan adalah suatu sistem yang di dalamnya terdiri dari beberapa komputer yang sengaja didesain untuk bisa saling berbagi sumber daya.

Pendapat dari Umi Probo yakti mengatakan topologi jaringan merupakan sekumpulan komputer yang terpisah tetapi saling terhubung untuk melakukan tugas masing-masing.

Sementara, Christianto mengatakan bahwa topologi jaringan adalah kumpulan komputer otonom yang terkoneksi satu sama lain menggunakan satu protokol komunikasi.

Macam-Macam Topologi Jaringan

Sebelum membahas mengenai bagaimana gambar topologi jaringan tersebut tentunya kita harus mengetahui jenis-jenisnya terlebih dahulu. Jenis pertama adalah ring atau biasa disebut dengan cincin. Ini adalah suatu metode jaringan yang dipakai guna menghubungkan sebuah komputer dengan komputer lain.

Topologi Ring

Di dalamnya terdapat sebuah rangkaian yang berbentuk melingkar. Topologi ring menggunakan LAN card yang masing-masing sudah terkoneksi komputer. Penggunaannya juga bisa di lingkungan perkantoran ataupun perusahaan. Kelebihan dari topologi cincin ini adalah untuk biaya instalasinya cenderung lebih murah dengan performa koneksi yang baik serta proses instalasi juga konfigurasi mudah.

Topologi Bus

Kedua adalah topologi jaringan bus. Bisa dikatakan bahwa gambar topologi jaringan yang satu ini sama seperti tempat duduk di dalam bus. Jenis konektor yang digunakan adalah BNC kemudian terminator serta tbnc. Keunggulan dari jenis topologi ini adalah untuk menambahkan klien serta sangat mudah digunakan karena sederhana. Biaya instalasinya murah Karena kabel yang digunakan itu juga sedikit.

Topologi Star

Gambar topologi jaringan yang satu ini sudah pasti berbentuk bintang. Umumnya menggunakan hub atau switch guna mengkoneksi antar client. Topologi komputer ini sering digunakan karena mempunyai banyak kelebihan.

Salah satunya bisa berjalan dengan baik meskipun salah satu komputer client terjadi masalah. Tingkat keamanan data juga cukup baik sehingga user akan lebih mudah mendeteksi masalah yang terjadi pada jaringan dan lebih fleksibel.

Topologi Mesh

Selanjutnya masih ada jaringan mesh. Di mana setiap perangkat komputer itu satu sama lain saling terhubung secara langsung. Kelebihan yang dimiliki oleh jenis jaringan ini adalah bandwidth limitnya besar, security datanya sangat baik, serta tidak terjadi tabrakan arus data.

Topologi Tree

Mungkin untuk gambar topologi jaringan yang satu ini juga menyerupai pohon yang rimbun. Topologi jaringan ini merupakan gabungan dari topologi bus dan topologi bintang. Biasanya digunakan untuk interkoneksi hierarki dengan pusat yang berbeda-beda.

Topologi Peer to Peer

Ada peer to peer yang bentuknya sangat sederhana lantaran hanya menghubungkan dua komputer menggunakan satu kabel.

Linear dan Hybrid

Tak cukup itu saja yang termasuk dalam jenis-jenis topologi jaringan. Karena jaringan linear atau topologi bus berurut juga termasuk dalam pembagiannya. Karakteristik yang dimiliki oleh topologi jenis yang satu ini menggunakan konektor BNC dan kabel RJ 58.

Untuk gambar topologi jaringan yang satu ini mirip seperti halnya dengan topologi bus. Terakhir adalah hybrid. Merupakan gabungan dari berbagai topologi berbeda serta membentuk jaringan baru. Sifatnya lebih fleksibel dan untuk urusan penambahan koneksi juga menjadi lebih mudah.