Laptop  

Lenovo Yoga Slim 7 Pro X, Laptop Premium yang Mengesankan

Lenovo Yoga Slim 7 Pro X
lenovo.com

Ini merupakan ultrabook yang ideal bagi para content creator! Lenovo Yoga Slim 7 Pro X memiliki desain premium dan ukurannya yang kompak, namun dilengkapi dengan prosesor canggih. Sehingga mampu memberikan performa yang sangat stabil! Untuk proses rendering, sudah siap digunakan. Ingin tahu lebih lanjut? Mari kita bahas lebih detail dan langsung cek fiturnya!

Spesifikasi Lenovo Yoga Slim 7 Pro X

Lenovo terus menghasilkan laptop yang sesuai dengan kebutuhan konsumen, salah satunya melalui seri Yoga yang bervariasi. Seri ini mencakup beberapa model, termasuk yang menekankan dimensi bodi yang tipis, seperti yang terlihat pada model Slim.

Salah satu laptop Lenovo terbaru adalah Yoga Slim 7 Pro X. Varian khusus ini menonjolkan dukungan dari prosesor AMD Ryzen.

Penggunaan nama “Pro” dan huruf “X” memberikan kesan akan kinerja yang menarik, terutama dengan adopsi GPU Nvidia GeForce RTX. Mari kita simak ulasan selengkapnya untuk mengetahui pengalaman menggunakan laptop ini.

Performa dan Baterai

Lenovo Yoga Slim 7 Pro X yang kami uji dilengkapi dengan prosesor AMD Ryzen 7 6800HS-CE 3,2GHz, RAM DDR5-6400 berkapasitas 32GB yang tersolder. Varian prosesor ini diberi embel-embel CE, yang merupakan singkatan dari Creator Edition. Kapasitas penyimpanan SSD NVMe mencapai 1TB. Laptop ini dilengkapi dengan GPU Nvidia GeForce RTX 3050, memungkinkan penggunaannya dalam berbagai skenario.

Kami melakukan pengujian menggunakan aplikasi 3DMark dan PCMark dari UL Benchmarks dengan pengujian Time Spy dan Modern Office. Penting untuk dicatat, dalam pengujian 3DMark kategori Time Spy digunakan karena menguji kemampuan GPU secara khusus. Hasil pengujian menunjukkan bahwa Lenovo Yoga Slim 7 Pro X mampu memberikan performa yang sangat baik, dengan skor sebagai berikut:

  • Pengujian PCMark 10 Modern Office: 5.015
  • Pengujian 3DMark Time Spy: 3.480
  • Pengujian Cinebench R23 Multi/Single: 10.267/1.080

Menggunakan perangkat ini untuk kegiatan komputasi sehari-hari sangat menyenangkan, karena kami tidak mengalami lag atau gangguan selama penggunaannya.

Anda dapat menggunakannya untuk berbagai keperluan produktivitas seperti pekerjaan kantor, pengeditan foto, sedikit pengeditan video, streaming film beresolusi tinggi, dan bahkan bermain beberapa game populer selama spesifikasi GPU mendukung.

Dalam hal daya tahan baterai, kami melakukan pengujian menggunakan PCMark 10 Modern Office Battery pada Lenovo Yoga Slim 7 Pro X, dan laptop ini mampu bertahan selama 8 jam 34 menit. Dalam penggunaan sehari-hari, seperti menjelajahi internet dan mengetik, perangkat ini dapat bertahan hingga sekitar 10 jam.

Desain

Lenovo Yoga Slim 7 Pro X hadir dengan desain ramping dan sederhana, memiliki dimensi sekitar 328,2 x 221,4 x 15,9 mm berdasarkan spesifikasi. Meskipun begitu, mereka berhasil mempertahankan bobot yang serupa dengan generasi sebelumnya, sekitar 1,4 kg.

Layar laptop ini berukuran 14,5 inci, yang terbilang kurang umum untuk ukuran laptop saat ini. Namun, setiap laptop memiliki kualitas dan kemampuan yang berbeda. Meskipun begitu, Yoga Slim 7 Pro X menampilkan desain yang kompak dan terkesan premium dengan menggunakan bahan alumunium khas dari lini Yoga yang tetap dipertahankan

Bagian luar layar laptop ini hadir dengan bahan bertekstur yang tidak mengkilap, membantu mengurangi penempelan noda sidik jari pada bodi Yoga Slim 7 Pro X yang dapat mengganggu tampilannya. Material ini juga menambah kesan profesional saat membawa perangkat ini dalam perjalanan bisnis.

Meskipun memiliki bodi tipis, Lenovo tidak menyediakan banyak port konektivitas pada Yoga Slim 7 Pro X. Di sisi kiri bodi, terdapat dua port USB-C yang tidak mendukung Thunderbolt, dan satu port USB 3.2. Di sisi kanan, terdapat satu port USB 3.2 yang juga mendukung fitur Always On USB Charging

Di sisi kanan, tersedia port audio jack 3.5mm dan tombol daya pada Yoga Slim 7 Pro X. Terdapat satu tombol tambahan yang unik, yaitu pengatur penutup kamera untuk menjaga privasi. Lenovo tidak menyediakan slot pembaca kartu memori pada laptop ini, sehingga memerlukan perangkat eksternal untuk mengakses file dari kartu memori.

Untuk layarnya, Yoga Slim 7 Pro X mengusung panel IPS berukuran 14,5 inci dengan resolusi 3K (3072 x 1920 piksel), dikelilingi bingkai tipis di sisi kiri dan kanan. Layar sentuh ini menggunakan panel IPS 400 nits yang telah mendapat sertifikasi TUV Rheinland. Meskipun menggunakan panel IPS, layarnya tetap terlihat cerah.

Engsel pada laptop Lenovo Yoga Slim ini sangat kuat, menjaga layar tetap tegak pada posisi tertentu, serta dapat dimiringkan hingga 180 derajat sehingga layar menjadi datar.

Dengan desain yang elegan dan performa yang memukau, Lenovo Yoga Slim 7 Pro X memberikan pengalaman yang menarik

Pada bagian bezel atas, terdapat kamera web yang ditempatkan sedikit lebih tinggi dibandingkan dengan bagian sekitarnya. Lokasi penyematan kamera ini, berdampingan dengan logo Yoga 7 Series, juga berfungsi sebagai fasilitator pembukaan layar saat laptop dilipat atau tertutup.

Selain memiliki desain bodi yang menawan, Lenovo melengkapi Yoga Slim 7 Pro X dengan keyboard bergaya chicklet yang memiliki tuts berukuran besar. Hal ini memberikan pengalaman mengetik yang familiar dan responsif saat menggunakan perangkat ini. Keyboard laptop ini juga nyaman digunakan dalam jangka waktu yang lama karena keempukannya.

Fitur

Selain kamera web standar, Lenovo menyematkan kamera inframerah untuk fitur keamanan pendeteksi wajah. Kedua kamera ini dilindungi oleh bahan kaca untuk mengurangi risiko goresan.

Lenovo juga melengkapi keyboard laptop ini dengan pencahayaan belakang berwarna putih, memungkinkan penggunaannya dalam kondisi pencahayaan yang redup.

Seperti kebanyakan laptop, Lenovo dilengkapi Yoga Slim 7 Pro X dengan touchpad berukuran besar yang dilapisi dengan bahan bertekstur, tidak mengilap seperti desain bodi secara keseluruhan.

Lenovo Yoga Slim 7 Pro X hadir dengan speaker stereo 2 x 2W dari Harman, menawarkan kualitas audio yang cukup baik untuk laptop. Berkat layar yang cerah dan tajam, menikmati konten multimedia dengan laptop ini menjadi lebih menyenangkan berkat audio berkualitas yang didukung oleh fitur Dolby Atmos.

Seperti perangkat Lenovo lainnya, Yoga Slim 7 Pro juga dilengkapi dengan Lenovo Vantage yang memungkinkan Anda untuk memanfaatkan berbagai fitur seperti Conservation Mode, Rapid Charge untuk pengisian daya cepat, dan always-on USB charging.

Melalui Lenovo Vantage, Anda dapat memantau kinerja, memeriksa pembaruan sistem, serta mengatur sejumlah fitur hardware pada perangkat, termasuk keyboard, audio, dan kamera web.

Salah satu fitur menarik lainnya pada perangkat ini adalah dukungan dari Lenovo Q-Control yang dapat diakses melalui tombol pintas FN+Q. Lenovo Q-Control menawarkan tiga opsi preset—Battery Saving, Intelligent Cooling, dan Extreme Performance—untuk pengaturan performa secara otomatis.

Lenovo Yoga Slim ini menjadi pendukung ideal untuk aktivitas profesional, terutama bagi mereka yang mengadopsi mobilitas tinggi, terutama setelah periode awal pandemi, berkat desain ringan dan bodi tipisnya.

Dengan performa yang cukup kuat, laptop ini cocok bagi para pembuat konten, meski kekurangan slot pembaca kartu memori dapat diatasi dengan perangkat tambahan.

Namun, harga perangkat ini cukup tinggi karena masuk dalam lini premium Yoga Slim Series. Laptop Lenovo Yoga Slim 7 Pro X ini dijual seharga Rp 23.999.000.