Gadget  

Cara Menghemat Memori HP, Lebih Simpel dan Praktis dengan 3 Trik Ini

Cara Menghemat Memori HP, Lebih Simpel dan Praktis dengan 3 Trik Ini (jalantikus.com)
Cara Menghemat Memori HP, Lebih Simpel dan Praktis dengan 3 Trik Ini (jalantikus.com)

Cara menghemat memori HP ada baiknya pengguna ketahui dengan tepat. Selain menghemat memori, ini menjadi cara ampuh menjaga serta merawat kinerja HP. Tentu Anda tidak mau bukan jika performa ponsel menjadi lemot dan beberapa sistem tidak bekerja sebagaimana mestinya?

Cara Menghemat Memori HP Tanpa Aplikasi

Menyimpan file di Android jauh lebih praktis dan mudah. Namun, apa jadinya jika memori penyimpanan penuh sehingga menyebabkan Anda kesulitan menyimpan beberapa data?

Apa harus mengganti ponsel dengan yang baru? Daripada membeli baru, coba beberapa cara jitu berikut ini. Siapa tahu salah satu cara ini akan membantu Anda menambah ruang penyimpanan.

Atur Ulang Foto dan Video

Coba lakukan pengecekan apakah foto dan video yang tersimpan di galeri ponsel menjadi penyebab memori penyimpanan penuh. Apabila benar hal tersebut penyebabnya, silahkan memindahkan foto dan video ke laptop, menggunakan memori tambahan, atau titip simpan di Google Drive.

Anda juga bisa menggunakan layanan cloud gratis. Jadi, tak ada alasan lagi malas menghapus atau memindahkan file, foto, atau bahkan media WA.

Sering Hapus Cache

Salinan data yang Anda buka sebelumnya akan tersimpan di memori perangkat. Cache memang membuat Anda lebih cepat menemukan aplikasi yang telah dibuka sebelumnya.

Akan tetapi, dampaknya akan menjadikan memori cepat habis dan lebih cepat penuh. Sebaiknya, jangan malas menghapus cache sesering mungkin.

Anda bisa melakukannya dengan atau tanpa aplikasi tambahan. Tinggal pilih saja mana yang menurut Anda lebih efektif. 

Hapus Chat dan Media Secara Berkala

Cara menghemat memori penyimpanan Android berikutnya adalah membersihkan chat dan media WhatsApp. Terlebih apabila Anda memiliki banyak grup obrolan dengan WhatsApp. Faktanya, chat atau media WA yang menumpuk tentu jumlahnya lebih banyak dan besar kemungkinan akan mempengaruhi memori penyimpanan HP.

Bila hendak membuktikan apakah cara menghemat memori HP dalam ulasan tadi benar atau tidak, segera praktekkan sekarang juga! Tips satu ini cocok bagi Anda yang kerap merasa jengkel karena memori HP full.