Laptop  

6 Cara Menagatasi Laptop Black Screen dengan Mudah

6 Cara Menagatasi Laptop Black Screen dengan Mudah (pexels.com)
Ilustrasi (pexels.com)

Cara mengatasi laptop black screen ketika Anda hidupkan bisa dilakukan dengan tutorial berikut. Kemungkinan Anda pernah mengalami layar laptop yang tiba-tiba saja menjadi gelap ataupun hitam ketika hendak Anda nyalakan.

Untuk Anda yang belum mengetahui, kondisi tersebut biasanya disebut dengan nama black screen. Apabila laptop Anda mengalami black screen, maka tidak perlu bingung sebab terdapat beberapa langkah untuk mengatasinya. Antara lainnya sebagai berikut.

6 Cara Mengatasi Laptop Black Screen

Terdapat beberapa cara yang dapat Anda lakukan guna mengatasi layar laptop yang mengalami black screen. Untuk penjelasan lengkapnya, Anda bisa simak cara berikut ini.

Masuk ke Dalam Safe Mode

Langkah pertama yang dapat Anda lakukan guna mengatasi layar laptop black screen yaitu memakai Safe Mode. Cara mengatasi laptop black screen tersebut memiliki dasar yang mudah untuk Anda lakukan. Anda hanya perlu menghidupkan laptop seperti biasanya. Lalu klik F8.

Setelah terdapat beberapa menu yang muncul, Anda bisa mencari Safe Mode lalu klik Enter. Maka laptop yang Anda gunakan akan memberi tampilan Restore System File and Setting dengan otomatis. Kemudian Anda ikuti langkahnya.

Menggunakan Task Manager

Adapun cara lain yang dapat Anda gunakan untuk mengatasi layar laptop yang black screen yaitu dengan memanfaatkan Task Manager. Anda hanya perlu tekan ctrl+ alt + delete dengan bersamaan. Maka nantinya akan muncul Task Manager.

Lalu klik add new task kemudian ketik explorer.exe lalu bukalah explore. Nantinya laptop Anda akan diperbaiki dengan otomatis.

Mengembalikan Pengaturan Default BIOS

BIOS merupakan salah satu kunci utama dalam cara mengatasi laptop black screen. Anda hanya perlu mengakses menu BIOS di laptop. Kemudian dapat Anda atur ulang pengaturan yang sudah tersedia. Supaya bisa ke setting default. Hal itu kemungkinan dapat Anda coba untuk menjadi solusi ketika layar laptop mengalami black screen.

Memakai Layar Eksternal

Cara itu bisa Anda lakukan guna memeriksa apakah yang menjadi penyebab layar laptop black screen merupakan sektor layar laptop itu sendiri. Jika akan memakai layar tambahan, Anda harus menyediakan monitor serta kabel yang akan menghubungkan keduanya berapa kabel HDMI maupun VGA.

Apabila layar laptop Anda tidak mengalami black screen saat terhubung ke monitor. Maka Anda bisa memastikan apa yang terjadi pada layar laptop Anda.

Cek RAM

Random Acces Memory atau RAM adalah komponen yang penting yang ada di sebuah perangkat. Komponen tersebut bisa membuat perangkat menjadi bekerja dengan baik. Apabila terjadi kerusakan pada RAM, akan besar kemungkinan jika laptop mengalami black screen.

Anda dapat melepas RAM yang terdapat di laptop Anda untuk diperiksa atau hanya akan Anda bersihkan. Lalu Anda bisa memasangkan kembali. Jika cara itu dapat mengatasi masalah black screen, maka Anda tidak harus mencoba cara lainnya.

Instal Ulang Windows

Untuk mengatasi laptop layar hitam selanjutnya sedikit lebih berat sebab tidak semua orang bisa melakukannya. Akan tetapi, jika Anda mampu melakukan penginstalan ulang Windows dapat Anda jadikan solusi guna mengatasi masalah black screen. Bukan hanya itu, penginstalan ulang Windows juga dapat mengembalikan performa laptop yang sudah Anda gunakan.

Itulah beberapa cara mengatasi laptop black screen. Agar tidak terjadi black screen, maka Anda perlu melakukan perawatan terhadap laptop dengan baik. Misalnya saja melakukan servis secara berkala, hindari pemakaian dalam suhu yang tinggi, serta menggunakan laptop sewajarnya saja sesuai kebutuhan. Dijamin laptop Anda akan jauh dari masalah.