Gadget  

Cara agar HP Tidak Panas yang Bisa Pengguna Lakukan

Cara agar HP Tidak Panas yang Bisa Pengguna Lakukan (pixabay.com)
Ilustrasi Gambar (pixabay.com)

Cara agar HP tidak panas penting untuk pengguna ketahui. Terdapat berbagai cara supaya HP tidak cepat panas yang bisa dilakukan. Seiring berjalannya waktu penggunaan HP tentu semakin meningkat. Hal itu juga bisa menjadi salah satu penyebab HP menjadi panas.

Inilah Cara agar HP Tidak Panas yang Bisa Kamu Terapkan

Penggunaan yang tidak terkontrol dengan baik bisa menyebabkan HP menjadi cepat panas. Hal itu karena saat ini banyak orang yang menggunakan HP untuk bermain game, media sosial, mencari informasi di internet, atau aktivitas yang lain. HP yang sangat panas tentu mengganggu kenyamanan para pengguna dan bisa saja menjadi lemot. 

Apabila HP lemot tentu membuat para pengguna menjadi kecewa apalagi ketika sangat membutuhkannya. Namun, tidak perlu khawatir terdapat berbagai cara supaya HP tidak cepat panas seperti berikut ini:

1. Memberi Waktu HP untuk Istirahat

Ketika menggunakan HP untuk bermain game atau internetan, para pengguna seringkali lupa dengan waktu. Biasanya mereka akan keasyikan saat melakukan aktivitas secara terus-menerus. Padahal bermain HP sampai lupa waktu bisa membuat ponsel bekerja lebih keras. 

Sehingga HP tentu saja menjadi cepat panas bahkan menjadi lemot. Maka dari itu, sebaiknya berikan waktu pada HP untuk beristirahat. HP memang memerlukan waktu istirahat dari berbagai pemakaian aktivitas yang.

2. Letakkan HP di Tempat yang Sejuk

Cara agar HP tidak panas selanjutnya yaitu meletakkan HP di tempat yang sejuk. Saat meletakkan HP sebaiknya hindari dari sinar matahari secara langsung. Selain itu, kamu juga bisa menyimpan HP di ruangan yang tidak menimbulkan panas. 

Tempat penyimpanan terbaik yaitu seperti pada meja kamar. Saat mengisi daya baterai sebaiknya jangan meletakkan handphone pada tempat yang berpotensi menimbulkan panas. Dengan begitu HP kamu tidak akan panas dan lemot.

3. Jangan Menggunakan HP Saat Sedang Isi Daya

Bagian orang pasti pernah memainkan HP saat sedang mengisi daya. Apalagi ketika sedang benar-benar membutuhkan HP untuk menunjang kegiatan. Walaupun begitu, sebaiknya jangan melakukan hal tersebut secara terus-menerus. Menggunakan HP saat sedang isi daya bisa membuatnya menjadi cepat panas. 

Selain itu, juga bisa membuat baterai ponsel cepat mengembung. Maka dari itu mulai sekarang sebaiknya hentikan kebiasaan buruk tersebut. Tunggulah sebentar sampai HP sudah terisi daya penuh.

4. Jangan Menyalakan Wifi Terus Menerus

Cara supaya HP tidak panas selanjutnya yaitu jangan menyalakan Wifi terus-menerus. Apabila pengguna menyalakan Wifi secara terus-menerus maka bisa membuat Wifi tersebut mencari jaringan dengan otomatis. Wifi akan mencari jaringan dengan otomatis walaupun kamu tidak sedang ada pada posisi sinyal Wifi berada. 

Dengan begitu HP bisa menjadi lebih panas dari biasanya. Apabila tidak menginginkan HP menjadi panas maka sebaiknya nonaktifkan wifi jika sudah selesai menggunakan.

5. Hapus File Sampah

Pada smartphone umumnya akan banyak file sampah yang tidak berguna. Gambar tersebut bisa berupa data cache dan cookies. Berbagai data file tersebut bisa mempengaruhi RAM pada smartphone. Apabila file tersebut sudah terlalu banyak menumpuk bisa menyebabkan HP menjadi panas. 

Maka dari itu, file sampah tersebut ada dalam HP kamu. Sebaiknya rutin melakukan pembersihan file supaya tidak menumpuk. Kamu bisa menggunakan beberapa aplikasi seperti Files Go dari Google untuk membersihkan file sampah tersebut.

Nah, itu dia ulasan tentang berbagai cara agar HP tidak panas yang bisa pengguna lakukan. Apabila menginginkan HP tidak panas dan lemot bisa mengikuti berbagai cara tersebut.