Aplikasi Dapodik Lite Sebagai Solusi Pengelolaan Data Pendidikan

Dapodik Lite
Pexels.com

Bila Anda adalah seorang guru atau staf pendidikan, pasti sudah tidak asing dengan aplikasi Dapodik Lite. Aplikasi ini berisi sistem informasi yang berguna untuk mengelola data pendidikan di Indonesia. Namun, untuk bisa mengakses aplikasi ini, pengguna membutuhkan spesifikasi hardware yang tinggi dan memakan banyak ruang penyimpanan. Karena itu, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) telah merilis aplikasi dengan nama Lite Dapodik.

Aplikasi Dapodik Lite Sebagai Solusi Pengelolaan Data Pendidikan

Lite Dapodik merupakan aplikasi versi ringan dari aplikasi Dapodik yang dirancang untuk membantu mengoptimalkan penggunaan ruang penyimpanan dan mengoptimalkan penggunaan. Selain itu, aplikasi ini punya ukuran yang tebrilang kecil dan fitur lebih sederhana ketimbang aplikasi Dapodik. Meskipun sederhana, aplikasi ini dapat membantu untuk memenuhi kebutuhan pengelolaan data pendidikan. Sehingga para guru dan staf pendidikan akan terbantu.

Cara Mengunduh Aplikasi Lite Dapodik

Anda bisa mengunduh aplikasi Dapodik Lite dengan mudah dan cepat. Anda cukup kunjungi laman resmi Kemendikbud atau bisa mengakses url unduhan yang sudah  tersedia di berbagai website penyedia unduhan aplikasi.

Di bawah ini langkah-langkah mengunduh aplikasi Lite Dapodik:

  1. Pertama-tama buka browser internet di perangkat Anda lalu kunjungi situs resmi Kemendikbud, yakni https://dapodik.dikdasmen.kemendikbud.go.id/
  2. Kemudian pilih menu “Download” yang ada di bagian atas halaman.
  3. Selanjutnya pilih opsi “Lite Dapodik” di area menu dropdown yang telah tersedia.
  4. Anda bisa memilih versi Lite Dapodik yang ingin Anda unduh, baik di Windows maupun Linux.
  5. Langkah terakhir klik opsi “Download” lalu tunggu hingga aplikasi terinstal di perangkat Anda.
  6. Setelah selesai terunduh, install aplikasi di komputer atau laptop Anda. Selanjutnya Anda bisa menggunakan aplikasi untuk mengelola data pendidikan.

Fitur yang Tersedia di Aplikasi Lite Dapodik

Lite Dapodik sendiri telah dilengkapi dengan fitur-fitur yang bisa memenuhi kebutuhan pengelolaan data pendidikan dengan sederhana dan efektif. Ada sejumlah fitur yang tersedia dan bisa Anda gunakan di aplikasi ini, seperti:

  • Input data sekolah, yakni informasi sekolah, fasilitas sekolah, dan ruang kelas.
  • Export data pendidikan ke dalam format CSV atau Excel.
  • Ada juga fitur input data pendidikan, seperti data guru, siswa, dan staf pendidikan.
  • Monitoring data pendidikan yang sebelumnya telah di input dalam aplikasi.
  • Input data pembelajaran, seperti kurikulum dan jadwal pelajaran.

Manfaat saat Menggunakan Aplikasi Lite Dapodik

Menggunakan aplikasi Dapodik Lite dapat memberikan banyak manfaat bagi guru dan staf pendidikan dalam pengelolaan data pendidikan. Beberapa manfaatnya seperti:

  • Dapat menghemat ruang penyimpanan pada perangkat laptop atau komputer.
  • Dapat membantu mengoptimalkan penggunaan hardware, sehingga pengguna tidak perlu spesifikasi yang tinggi.
  • Mudah digunakan dan dipahami meskipun oleh pengguna pemula.
  • Dapat mengoptimalkan dan menghemat ruang penyimpanan di laptop atau komputer.
  • Dapat memenuhi kebutuhan pengelolaan data pendidikan yang lebih sederhana tetapi tetap efektif.

Kesimpulan

Aplikasi Lite Dapodik bisa menjadi solusi praktis bagi guru dan staf pendidikan yang dapat membantu dalam pengelolaan data pendidikan. Dengan mengunduh dan menggunakan aplikasi ini, pengguna bisa menghemat ruang penyimpanan dan mengoptimalkan penggunaan hardware pada laptop dan komputer.

Tidak hanya itu saja, aplikasi Dapodik Lite juga dilengkapi dengan fitur-fitur sederhana yang efektif untuk membantu pengelolaan data pendidikan. Anda bisa mengunduh aplikasi di website resmi Kemendikbud atau website penyedia lainnya. Anda bisa menggunakan aplikasi ini yang dapat terintegrasi, mudah digunakan, aman dan terpercaya, gratis, serta mudah diakses. Kemudahan akan dirasakan bagi para guru dan staf pendidikan.