EMonev HSP, Pengertian, Fitur dan Manfaat Keberadaannya

EMonev HSP
www.istockphoto.com

Kehadiran eMonev HSP menjadi solusi bagi pemerintah untuk dapat melakukan monitoring dan evaluasi masyarakat dalam bidang kesehatan. Penggunaannya membuat langkah evaluasi ini menjadi semakin efektif dan maksimal.

HSP (Hibah Strategis Perguruan Tinggi) sendiri merupakan program dari pemerintah untuk memberikan bantuan dana bagi perguruan tinggi Indonesia untuk dapat meningkatkan kualitas pendidikan mereka. Untuk dapat menjalankan program ini dengan baik dan lancar, maka perlu adanya monitoring secara terus menerus. Inilah yang menjadi alasan keberadaan aplikasi e-Monev.

Pengertian Aplikasi EMonev HSP

Ini merupakan aplikasi hasil inovasi dari Kementerian Riset, Teknologi, serta pendidikan tinggi untuk dapat melakukan pemantauan program HSP dengan mudah.

Keberadaan aplikasi ini membuat setiap perguruan tinggi untuk dapat melakukan berbagai aktivitas yang telah dilakukan yang berkaitan dengan program HSP. Selain itu, aplikasi ini memungkinkan pemerintah untuk dapat melakukan pemantauan dan mengevaluasi program HSP berbasis teknologi digital atau online.

Fitur Dalam Aplikasi

Kehadirannya sebagai aplikasi untuk memudahkan proses pemantauan serta evaluasi untuk pemerintah, tentu membuatnya harus memiliki berbagai fitur yang menunjang penggunaannya. Fitur-fitur ini sangat berguna untuk perguruan tinggi dan juga pemerintah dalam memonitoring program HSP.

Adapun fitur-fitur tersebut adalah sebagai berikut:

Evaluasi Program

Aplikasi eMonev HSP ini memiliki fitur yang memudahkan pengguna untuk melakukan evaluasi program dengan lebih praktis dan cepat.

Dengan begitu, pemerintah, dapat dengan mudah untuk mengetahui sejauh mana program HSP berjalan dan sesuai dengan yang diharapkan atau tidak.

Monitoring Real Time

Fitur yang kedua ini membantu pemerintah untuk dapat melakukan pemantauan secara real time terhadap perjalanan program HSP. Sehingga, jika terjadi suatu kendala atau masalah dalam pelaksanaan program, maka pemerintah dapat mengambil tindakan dengan segera.

Pengelolaan Data

Melalui aplikasi ini pemerintah juga dapat mengelola data-data yang berkaitan dengan program HSP dengan lebih praktis. Data-data ini kemudian akan menjadi bahan untuk evaluasi dan perbaikan dari program HSP di masa yang akan mendatang.

Laporan Aktivitas

Setiap pihak perguruan tinggi, dapat dengan mudah melaporkan berbagai aktivitas yang berjalan melalui aplikasi ini. Hal ini tentunya membantu pemerintah untuk melakukan pemantauan dan pengevaluasian program HSP.

Manfaat Aplikasi EMonev HSP

Selain mengusung sejumlah fitur yang memudahkan pengelolaan data masyarakat oleh pemerintah, aplikasi ini juga memberikan sejumlah manfaat lainnya. Manfaat-manfaat tersebut adalah sebagai berikut:

Memberikan Efisiensi untuk Pelaksanaan Program

Kehadiran aplikasi ini memungkinkan pemerintah untuk dapat melakukan monitoring program HSP secara real time dan juga pengevaluasian program secara online. Ini tentu dapat memberikan tingkat efisiensi yang lebih untuk program HSP yang telah berjalan dan juga meminimalisir terjadinya risiko kegagalan dalam program.

Pelaporan Menjadi Lebih Mudah

Setiap perguruan tinggi yang menjalankan program HSP, menjadi lebih mudah untuk melaporkan berbagai aktivitas atau kegiatan melalui aplikasi ini. Selain itu, perguruan tinggi dapat memberikan laporan tersebut dengan akurat dan lebih tepat waktu.

Menghemat Pengeluaran Biaya

Keberadaan aplikasi ini, membuat pemerintah dapat memantau dan mengevaluasi program HSP dengan mudah secara online. Hal ini tentu dapat menghemat pengeluaran biaya yang sebelumnya terpakai dalam memonitor dan mengevaluasi secara manual atau offline.

Itulah pengertian dan manfaat keberadaan aplikas EMonev HSP. Ini menjadi solusi cerdas untuk dapat melakukan pemantauan dan evaluasi dari program HSP di Indonesia. Kehadiran aplikasi ini juga mengusung berbagai fitur yang menunjang kinerjanya.