Tekno  

Pengertian Teknologi Informasi Menurut Para Ahli serta Fungsinya

Pengertian Teknologi Informasi
freepik.com

Pengertian teknologi informasi secara umumnya merupakan sebuah studi perancangan, implementasi, pengembangan, dukungan, ataupun manajemen sistem informasi yang menggunakan basis komputer. Terutama perangkat keras atau hardware serta lunak atau software.

Adapun kata lainnya, teknologi informasi merupakan sejumlah fasilitas yang terdiri perangkat keras dan lunak guna mendukung serta meningkatkan kualitas informasi untuk masyarakat secara cepat serta berkualitas.

Tidak hanya sebagai alat komunikasi elektronik saja, akan tetapi dengan perkembangannya bermanfaat dalam bidang bisnis. Salah Satunya yaitu menjadi sarana dalam melakukan koordinasi sampai proses arsip dokumen yang penting dalam bidang bisnis.

Pengertian Teknologi Informasi Pendapat Para Ahli

Terdapat beberapa pendapat menurut para ahli yang berkaitan dengan definisi teknologi informasi. Untuk penjelasannya sebagai berikut.

Mc Kewon

Teknologi informasi menurut Mc Kewon adalah bentuk teknologi secara keseluruhan yang dipakai untuk mengubah, menciptakan, menyimpan, serta memakai informasi dalam segala wujudnya.

Haag dan Keen

Kemudian menurut Haag dan Keen teknologi informasi yaitu seperangkat alat yang bisa membantu dalam pekerjaan dengan informasi dan melakukan tugas-tugasnya yang berkaitan dengan pemrosesan informasi.

Martin

Teknologi informasi menurut Martin tidak hanya sebatas perangkat keras dan lunak yang bisa dipakai dalam melakukan proses serta menyimpan informasi. Melainkan juga mencakup teknologi komunikasi yang akan mengirimkan sebuah informasi.

Lucas

Pengertian teknologi informasi menurut Lucas yaitu segala bentuk teknologi yang penerapannya dalam memproses serta mengirimkan informasi berupa bentuk elektronis.

Williams dan Sawyer

Selanjutnya teknologi informasi menurut Williams dan Sawyer yaitu teknologi yang menjadikan satu komputer dengan jalur komunikasi yang kecepatannya tinggi. Dengan begitu, bisa membawa data, suara, serta video.

ITAA ( Information Technology Association of America)

Definisi teknologi informasi menurut ITAA yaitu proses pengolahan, penyimpanan serta penyebaran informasi vocal, bergambar, teks, serta numerik melalui mikro elektronika yang basisnya perpaduan telekomunikasi dan komputasi.

Fungsi Teknologi Informasi

Sekarang ini, kemungkinan Anda telah memakai sejumlah perkembangan dari teknologi informasi. Akan tetapi apakah Anda mengetahui fungsi dari teknologi informasi tersebut? Apabila belum, maka Anda dapat menyimak fungsinya sebagai berikut.

Capture

Terdapat salah fungsi dari teknologi informasi yaitu melakukan penerimaan memasukan sebuah data.

Processing

Setelah menerima data masukan sukses, maka teknologi akan melanjutkan proses selanjutnya. Antara lainnya mengolah data masukan yang sudah diterima, nantinya akan diubah menjadi informasi baru. Pengolahan data tersebut bisa berupa konversi, menganalisis, menghitung, sampai menggabungkan berbagai bentuk informasi serta data.

Generating

Data masukan yang sudah diolah akan berusaha menjadi hasil. Contohnya tabel, grafik, perhitungan, dan lain sebagainya.

Storage

Teknologi informasi juga mempunyai fungsi lain yaitu melakukan penyimpanan informasi serta data ke sebuah media tertentu. Contohnya data disimpan ke dalam CD, flashdisk, serta hardisk.

Retrieval

Adapun fungsi berikutnya yaitu melakukan proses pencairan serta menelusuri kembali informasi serta data yang telah disimpan. Misalnya yakni mencari data klien yang belum membayar.

Transmission

Untuk fungsi berikutnya yaitu melakukan proses pengiriman data serta informasi dari lokasi satu ke lokasi lainnya dengan memakai jaringan komputer. Contohnya mengirim data penjualan ke bagian tim lain pada lokasi yang berbeda.

Dampak Positif Adanya Teknologi Informasi

Teknologi informasi yang perkembangannya semakin pesat pastinya memberikan dampak positif. Untuk itu berikut ini dampak positif yang terjadi dalam perkembangan teknologi informasi.

  1. Media berada dalam pengembangan kreativitas.
  2. Penyebaran informasi jadi lebih mudah.
  3. Komunikasi menjadi lebih cepat dan mudah.
  4. Saran untuk berbagai file penting juga menjadi lebih mudah.
  5. Proses promosi bisnis juga menjadi lebih mudah serta bisa mencakup dalam jangkauan yang luas.

Dari penjelasan mengenai pengertian teknologi informasi, fungsi, serta dampak positifnya. Maka Anda bisa mengetahui betapa pentingnya perkembangan teknologi informasi sekarang ini. Yang mana perkembangan teknologi informasi bisa dimanfaatkan secara positif bagi setiap individu.