Website Proxy Mengenal Lebih Dekat Cara Kerja dan Manfaatnya

Website Proxy
unsplash.com

Website proxy adalah istilah yang sering kita dengar saat menyelami dunia internet. Bagi pengguna, proxy merupakan sarana keamanan perangkat.

Adapun tugas umum website proxy adalah sebagai kontrol dan monitoring berbagai aktivitas yang terjadi pada jaringan komputer. Penasaran dan ingin mengenal tentang website proxy lebih jauh?

Tentang Website Proxy

Proxy server atau peladen proxy adalah suatu server komputer dengan ketersediaan layanan, yang bertugas meneruskan permintaan pengguna ke server lain di internet. Fungsi proxy yakni memungkinkan koneksi antara dua komputer melalui internet.

Secara umum, proxy server sering dihadirkan guna mengamankan jaringan komputer pribadi yang terkoneksi ke jaringan publik. Oleh karena itu, kita bisa menjumpai peladen proksi ini berada  di antara aplikasi server dan aplikasi client.

Aplikasi client yang umum berupa web browser, client FTP, dan sejenisnya. Sementara aplikasi server melibatkan server FTP dan web server. Dengan adanya website proxy, komputer lebih aman saat terhubung satu sama lain melalui internet.

Menurut definisi dar Wagito, proxy adalah sebuah server yang berada di antara aplikasi client dan aplikasi server yang tengah diakses. Peladen proksi tersebut berfungsi sebagai pengendali atau perekam lalu-lintas paket data yang melaluinya. Perannya cukup strategis dalam mengelola dan memantau aliran data yang melewati sistem.

Begitu pula menurut Wikipedia, proxy server diartikan sebagai sebuah komputer server atau program komputer yang mampu berperan sebagai komputer lain untuk melakukan suatu permintaan, terhadap konten yang berasal dari internet.

Kesimpulan menurut kedua ahli, proxy server memiliki peran penting dalam mengoptimalkan kinerja aplikasi client dengan menyediakan lapisan-lapisan perlindungan dan kontrol terhadap lalu-lintas data melalui jaringan.

Sistem Kerja

Berdasarkan definisi dari kedua ahli tadi, kita bisa menyimpulkan bahwa sistem kerja program yaitu melibatkan pengguna layanan pada peladen proksi untuk melakukan permintaan data atau file yang terdapat di internet (server publik).

Nantinya, proxy akan melanjutkan request tersebut menuju internet, seakan-akan inilah server yang mengajukannya. Setelah pengguna memperoleh permintaannya, proxy akan memberikan respons kepada pengguna, dan bertindak seolah-olah sebagai server publiknya.

Fungsi dan Manfaat

Sesuai definisi dan sistem kerjanya, website proxy memiliki fungsi utama sebagai connection sharing, masking, caching, dan filtering. Pada dasarnya, peladen proksi memiliki kemampuan menyamarkan identitas alamat IP individu atau perusahaan, sehingga menjadi tidak terlihat.

Bergeser ke manfaat, saat memutuskan menggunakan peladen proksi, maka kita akan mendapatkan manfaat sebagai berikut:

  • Pemanfaatan website proxy berpotensi mengurangi penggunaan bandwidth dari koneksi internet pengguna melalui proses caching, yang menyimpan cookies dari situs-situs yang telah dikunjungi sebelumnya.
  • Peladen proksi memiliki peran dalam meningkatkan kinerja jaringan internet pengguna dengan mengoptimalkan penggunaan bandwidth.
  • Dengan fitur filtering, website proxy dapat secara otomatis memblokir akses ke situs-situs yang mengandung konten yang melanggar atau tidak diinginkan. Ini tidak memungkinkan karyawan mengakses laman situs terlarang melalui jaringan internet perusahaan.

Seperti penjelasan awal, website proxy memiliki peran penting dalam mempertingkat keamanan perangkat komputer dari adanya serangan virus dan malware.

Risiko Penggunaan

Manfaat yang diberikan sebanding dengan risiko penggunaan website proxy. Risiko tersebut meliputi:

  • Penyalahgunaan data pengguna, sebab proxy menyimpan data cache dan password di server.
  • Sejumlah peladen proksi menunjukkan ketidakkompatibelan dengan jaringan di Indonesia. Belum lagi, setiap penyedia biasanya memiliki pengaturan sendiri, memaksa pengguna lokal untuk melakukan konfigurasi yang sesuai dengan kebutuhan.
  • Beberapa peladen proksi, khususnya yang gratisan, dapat menjadi sarang bagi malware yang berpotensi membahayakan komputer pengguna.
  • Penggunaan website proxy seringkali berdampak negatif terhadap kecepatan internet pengguna. Server mengalami beban berlebihan karena jumlah pengguna peladen proksi yang tinggi.
  • Tidak semua peladen proxy menawarkan fitur enkripsi yang memadai, sehingga meninggalkan data pengguna yang rentan terhadap risiko eksposur.

Apakah pengetahuan Anda seputar website proxy menjadi bertambah setelah membaca ulasan tadi? Penting untuk mencari penyedia layanan proxy terpercaya.