Tekno  

Wide Artinya Jendela Ajaib Internet Penghubung Dunia

Wide Artinya
freepik.com

Wide artinya luas. Dalam dunia internet, wide merujuk pada suatu wadah informasi yang bisa diakses melalui internet. Kata “wide”, umumnya bersanding dengan istilah World Wide Web. Apakah Anda ingin mengenalnya lebih dalam?

Wide Artinya
freepik.com

Menyelami Istilah Wide Artinya Berikut Serba Serbinya

World Wide Web (WWW) atau kita lebih sering menyebutnya sebagai jaringan internet adalah sebuah ruang informasi yang memanfaatkan Pengidentifikasi Sumber Ragam/URI, yakni sebuah kode global untuk mengenali sumber daya yang berharga.

Bagi beberapa peladen web yang tersebar di seluruh penjuru dunia, WWW menjadi tempat menyimpan sekaligus menyediakan berbagai informasi. Adapun informasi tersebut berupa suara, video, gambar, hingga data, di mana memungkinkan user mengakses dan menggunakannya secara bersamaan.

Bila selama ini menurut Anda wide merupakan bagian menyeluruh dari suatu internet, berarti pemahaman Anda kurang tepat. Faktanya, istilah tersebut hanyalah merujuk sebagian saja.

Pengertian WWW Menurut Para Ahli

Beberapa ahli mengemukakan pengertian yang berbeda terkait istilah WWW. Anda bisa menyimaknya dalam paparan singkat berikut ini.

Menurut MCLeod, WWW adalah ruang yang berada di internet, di mana alamat unik tersebut berasal dari penyimpanan dokumen hypermedia.

Menurut ahli V. Djong, bahwa World Wide Web artinya adalah fasilitas untuk layanan website dengan protokol HTTP. Umumnya, berciri khas menyematkan simbol www di depan nama domain.

Sementara pengertian WWW menurut Akbar Kaelola adalah media bagi manusia untuk berbagi dokumen, gambar, film, musik, informasi, dan bertransaksi melalui internet.

Beberapa ahli lainnya, seperti Lisa Kuswayatno, Yuhefizar, dan F. Budi Hardiman, juga memberikan definisi yang unik dan mendalam mengenai apa itu WWW.

Fungsi dan Manfaat WWW

WWW berfungsi sebagai tempat penyediaan data dan informasi yang berasal dari berbagai sumber. Sebagai jendela internet, World Wide Web memungkinkan pengguna internet di seluruh dunia mengaksesnya dengan mudah hanya melalui alamat URL atau link.

Keempat layanan utamanya mencakup layanan surat elektronik (web mail service), mesin pencari (search engine), tempat penyimpanan data base sebuah website (web hosting), dan portal, yakni tempat yang menyediakan berbagai layanan seperti email, berita, chatting, dan tanya jawab.

Contoh WWW

Contoh WWW yang sudah melekat di hati pengguna internet antara lain adalah www.google.com, www.facebook.com, www.yahoo.com, www.maxmanroe.com, www.twitter.com, dan banyak lainnya. Dari contoh tadi, Anda bisa melihat bahwa mayoritas website menggunakan www pada awal nama domainnya.

Sejarah dan Perkembangan WWW

Istilah WWW pertama kali diperkenalkan pada tahun 1991 oleh Tim Berners-Lee. Sejarah awal perkembangan WWW bermula dari ide protokol distribusi informasi pada tahun 1989 hingga penemuan tiga teknologi dasar pada tahun 1990. Sebut saja HTML, URL, dan HTTP.

Hingga pada 1993, muncul web browser pertama, yakni Mosaic. Pencipta web browser ini adalah Marc Andersen dan tim asuhannya, NCSA.

Setelahnya, baru kita mengenal penggantinya, yaitu Netscape pada tahun 1994. Netscape merupakan hasil pemikiran Andersen yang berkolaborasi dengan Jim Clark.

Perkembangan ini memuncak pada tahun 1995, yang pada awalnya hanya ada 50 website menjadi 300.000. Pada tahun 2009, Tim Berners-Lee memproklamirkan berdirinya World Wide Web Foundation untuk membagikan open web kepada masyarakat dunia.

Dengan sejarah yang panjang dan perkembangan yang pesat, WWW tetap menjadi jendela ajaib internet yang menghubungkan dunia, menyediakan akses cepat dan mudah terhadap informasi serta memfasilitasi berbagai kegiatan online bagi penggunanya.

Apakah penjelasan mengenai wide artinya hingga sejarah perkembangannya dalam ulasan tadi menambah wawasan Anda? Ada baiknya terus mengikuti perkembangan dunia internet sehingga bisa memanfaatkan lebih optimal.